Q:Apa itu Teknik Nuklir?
A:Program studi Teknik Nuklir adalah sebuah program studi yang mempelajari ilmu inti atom dengan menggunakan prinsip-prinsip Fisika Nuklir dan interaksi antara radiasi dan material sebagai dasarnya. Subyek pembelajaran bidang teknik ini meliputi perancangan, pengembangan, percobaan, pengoperasian dan perawatan sistem dan komponen fisi nuklir, seperti reaktor nuklir, PLTN, dan senjata nuklir. Teknik Nuklir juga dipergunakan dalam aplikasi nuklir pada kedokteran seperti radioterapi dan radiodiagnosis. Program studi ini memiliki dua peminatan yaitu Teknologi Reaktor Nuklir dan Teknologi Proses Reaktor.
Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Teknik Nuklir?
A:Nuklir? Mungkin yang kamu bayangkan adalah ledakan rudal nuklir yang maha dahsyat itu. Sebenarnya, nuklir tidak selalu berhubungan dengan senjata. Di Indonesia, ilmu nuklir sendiri digunakan untuk sumber energi. Untuk lebih mengerti secara mendalam, kamu bisa memilih program studi ini. Kalau kamu suka banget tentang sains, kamu cocok masuk program studi ini.
Q:Mata kuliah apa saja yang akan dipelajari didalam jurusan Teknik Nuklir?
A:
1. Falsafah IPTEK
2. Ekonomi Teknik
3. Manajemen Teknik dan Kewirausahaan
4. Fisika Dasar
5. Fisika Atom & Inti
6. Statistika Teknik
7. Matematika
8. Kimia Dasar
9. Termodinamika
10. Mekanika Fluida
11. Perpindahan Panas dan Massa
12. Ilmu Bahan Teknik
13. Elektronika
14. Elektronika Nuklir
15. Sinyal dan Sistem
16. Sistem Digital
17. Pengantar Teknologi Nuklir
18. Instrumentasi Nuklir
19. Radiokimia
20. Deteksi dan Pengukuran Radiasi
21. Analisis Reaktor Nuklir
22. Dinamika Sistem
23. Pengelolaan dan Pengolahan Limbah Radioaktif
24. Fisika Reaktor Nuklir
25. Komputasi Nuklir
26. Sistem Pengukuran
27. Gambar Teknik
28. Kalkulus Vektor
29. Aljabar LinierQ:Prospek kerja di dalam jurusan Teknik Nuklir tuh apa saja sih?
A:Kabarnya lulusan program studi Teknik Nuklir ini bakal punya penghasilan fantastis. Perusahaan pertambangan, perminyakan, dan yang perusahaan yang bergerak di bidang energi sangat membutuhkan tenaga ahli nuklir, seperti Pertamina, PLN, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kementerian ESDM, dan sebagainya. Pada bidang kedokteran, sebagai peneliti, dan pengajar juga bisa. Namun belum banyak lulusan Teknik Nuklir yang di cetak untuk memenuhi kebutuhan akan expert di bidang nuklir.
Q:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Teknik Nuklir?
A:Berikut adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Teknik Nuklir:
1. Universitas Gadjah Mada (Negeri)
Nt: UGM Satu-satunya kampus yang menyediakan jurusan Teknik Nuklir Jenjang S1Q:Apa saja sih yang dipelajari didalam jurusan Teknik Nuklir?
A:Teknik nuklir itu teknik yang mempelajari tentang radioaktif dan memberikan manfaat dalam bidang kedokteran, pertanian, industri, arkeologi. misalnya dalam bidang arkeologi radioaktif ini bisa digunakan untuk memperkirakan umur fosil tersebut.
Q:Pelajaran SMA yang membantu untuk memahami didalam jurusan Teknik Nuklir?
A:
1. Fisika
2. Kimia
3. MatematikaQ:Tugas dan ujian yang umum didalam jurusan Teknik Nuklir?
A:Pada semester awal perkuliahan, tugas Kamu adalah belajar berbagai dasar keteknikan seperti gambar teknik, fisika dasar, matematika dasar hingga kimia dasar. Beberapa praktikum laboratorium juga akan menjadi tugas kamu di sepanjang perkuliahan. Kamu juga akan mengikuti satu minggu pelatihan praktikum radiokimia di
Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Teknik Nuklir?
A:Teknik Radiologi
KAMU SEDANG MEMBACA
Jurusan kuliah
RandomWattpad ini cocok untuk dibaca oleh kalangan remaja yang masih bingung memutuskan ambil jurusan kuliah dan wattpad ini membantu untuk membagikan informasi tentang jurusan-jurusan yang ada didunia perkuliahan. dari mata kuliahnya,prospek kerjanya dan...