Q:Apa itu Desain Interior?
A:Subjek pembelajaran program studi Desain Interior adalah tentang perancangan tata letak dalam ruangan baik rumah, perkantoran, mall, hotel, layout display gerai, bahkan tata panggung pertunjukan. Perancangan dan penataan tata letak dalam ruangan ini bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan dan fungsi ruangan dan memberikan rasa nyaman dengan memaksimalkan space ruangan yang ada dan memperindah estetika ruangan. Tentu saja dengan mempertimbangkan aspek-aspek sosial psikologis manusia, serta budget yang dimiliki.
Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Desain Interior?
A:Keindahan bangunan tidak hanya dilihat dari arsitektur penampakan luarnya saja. Interior ruangan juga memberikan pengaruh yang sangat signifikan. Dengan mempelajari Desain Interior, kamu bisa menciptakan suasana ruangan yang nyaman. Jadi mahasiswa Desain Interior artinya kamu harus memiliki pengetahuan di bidang seni, psikologi, hingga ekonomi, sosial, dan politik. Pada beberapa perguruan tinggi, Desain Interior termasuk kedalam rumpun soshum, dan di perguruan tinggi lainnya Desain Interior termasuk kedalam rumpun saintek.
Q:Mata kuliah apa saja yang akan dipelajari didalam jurusan Desain Interior?
A:
1. Dasar Seni Rupa dan Desain
2. Rupa Dasar 2D
3. Rupa Dasar 3D
4. Pengantar Rekayasa & Desain
5. Desain Interior
6. Ergonomi Desain Interior
7. Teknik Presentasi Desain Interior
8. Sejarah Desain
9. Tinjauan Arsitektur
10. Desain Mebel
11. Tata Suara dan Cahaya Interior
12. Konstruksi dan Detail Interior
13. Pengantar Psikologi Desain Interior
14. Metodologi Desain
15. Tipologi Desain Interior
16. Utilitas Interior Bangunan
17. Etika Profesi Desain InteriorQ:Prospek kerja didalam jurusan Desain Interior tuh apa saja sih?
A:Lulusan Desain Interior akan memeroleh gelar S.Ars dan dapat berkarir sebagai konsultan desain interior, desainer interior kendaraan bermotor, desainer interior untuk set panggung dan event, baik freelance ataupun dibawah naungan perusahaan kontraktor, ataupun instansi pemerintah dan BUMN.
Q:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Desain Interior?
A:Berikut adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Desain Interior:
1. Universitas Brawijaya (Negeri)
2. Universitas Indonesia (Negeri)
3. Institut Teknologi Bandung (Negeri)
4. Universitas Sebelas Maret (Negeri)
5. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (Negeri)
6. Institut Seni Indonesia Denpasar (Negeri)
7. Universitas Trisakti (Swasta)
8. Universitas Sahid Jakarta (Swasta)
9. Institut Teknologi Nasional (Swasta)
10. Binus University (Swasta)Q:Apa saja sih yang akan dipelajari didalam Jurusan Desain Interior?
A:banyak sekali hal yang di pelajari di jurusan desain interior. kamu dituntut mampu membuat sebuah rancangan yang tidak hanya merespon pengguna atau manusia, akan tetapi harus bisa menyesuaikan juga dengan kondisi lingkungan. kamu juga belajar bagaimana desain suatu ruang mampu memengaruhi psikologi penggunanya atau bahkan sebaliknya dan juga harus menciptakan sebuah desain yang bisa mendukung berbagai aktivitas di dalam ruang.
Q:Pelajaran SMA apa sih yang membantu untuk memahami didalam jurusan Desain Interior?
A:
1. Seni Budaya
2. Matematika
3. Bahasa InggrisQ:Tugas dan ujian yang umum didalam jurusan Desain Interior?
A:Tugas mahasiswa Desain Interior lebih banyak ke project men desain, dan menciptakan sebuah desain yang logis dari masalah-masalah yang diberikan.
Dan juga membuat Maket (Bentuk tiruan dalam 3 Dimensi) Maket biasanya terbuat dari kayu, kertas, tanah liat, dan sebagainya. Maket berguna untuk menampilkan gambaran visual mengenai bangunan atau area yang dimaksud dengan skala yang tepat, tanpa perlu mengamati langsung objek aslinya.
Q:Jurusan Yang mirip dengan jurusan Desain Interior?A:
1. Arsitektur
2. Desain Furnitur
3. Desain Produk
KAMU SEDANG MEMBACA
Jurusan kuliah
De TodoWattpad ini cocok untuk dibaca oleh kalangan remaja yang masih bingung memutuskan ambil jurusan kuliah dan wattpad ini membantu untuk membagikan informasi tentang jurusan-jurusan yang ada didunia perkuliahan. dari mata kuliahnya,prospek kerjanya dan...