Q:Apa itu Ilmu sejarah?
A:Ilmu Sejarah pada dasarnya mempelajari tentang segala peristiwa yang terjadi di masa lalu, mulai dari sejarah zaman kuno seperti Mesir, Yunani, India, yang dimulai sebelum masehi, sampai zaman modern di atas abad dua puluh.
Bahkan Ilmu Sejarah juga mempelajari konteks yang sangat luas, mencakup aspek politik, budaya, ekonomi, agama, dan sosial.
Belajar Ilmu Sejarah berarti memahami bagaimana sesuatu berubah dari waktu ke waktu, mempelajari pola dan nilai yang terkandung di dalamnya.
Kamu akan memahami bahwa sejarah mempunyai peran besar dalam membentuk kondisi saat ini.
Banyak yang menganggap belajar sejarah itu membosankan, padahal di prodi Ilmu Sejarah kamu akan belajar hal-hal seru lebih dari sekedar menghafal nama-nama tokoh terkenal dan tanggal-tanggal penting.
Disini kamu juga akan belajar bagaimana membuat tulisan kreatif dan visualisasi sejarah melalui film dokumenter.Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Ilmu Sejarah?
A:Kalau kamu menyukai cerita-cerita di balik sejarah dan memiliki daya analisis yang kuat, prodi Ilmu Sejarah merupakan pilihan yang tepat. Dengan hobi membaca dan menganalisis sesuatu, kamu akan mudah mengevaluasi sumber-sumber informasi primer ataupun sekunder, sehingga kamu akan lebih terbuka terhadap keberagaman versi sejarah.
Q:Mata kuliah apa saja yang akan dipelajari di jurusan Ilmu sejarah?
A:
1. Pengantar ilmu sejarah
2. Geografi sejarah
3. Sejarah indonesia
4. Sejarah dunia
5. Sejarah militer di indonesia
6. Pengantar sejarah pemikiran politik indonesia
7. Sejarah perjuangan kemerdekaan indonesia
8. Bahasa sumber sejarah
9. Pengantar filsafat dan pemikiran modern
10. Metode sejarah
11. Sejarah kesenian indonesia
12. Sejarah media massa
13. Sejarah maritim indonesia
14. Sejarah ekonomi indonesia
15. Sejarah diplomasi indonesia
16. Sejarah kesultanan di nusantara
17. Historiografi
18. Retorika sejarah
19. Sejarah media masa
20. Sejarah birokrasi di indonesia
21. Dinamika bangsa indonesia sejak masa RIS hingga akhir orde baru
22. Sejarah asia tenggara modern
23. Sejarah hubungan antar bangsa di asia tenggara
24. Sejarah masyarakat dan budaya AS
25. Sejarah masyarakat dan budaya Australia
26. Sejarah wanita di AustraliaQ:Prospek kerja di jurusan Ilmu sejarah tuh apa saja sih?
A:Lulusan prodi Ilmu Sejarah akan menjadi ahli sejarah atau sejarahwan? Benar, tapi bukan cuma itu. Lulusan Ilmu Sejarah juga dapat berkarir sebagai pemandu wisata pada objek-objek bersejarah, juga sebagai peneliti dan pengajar.
Q:Kampus-kampus mana saja yang menyediakan jurusan Ilmu sejarah?
A:Berikut salah satu contoh kampus-kampus yang menyediakan Jurusan Ilmu sejarah:
1. Universitas Indonesia (Negeri)
2. Universitas Brawijaya (Negeri)
3. Universitas Gadjah Mada (Negeri)
4. Universitas Airlangga (Negeri)
5. Universitas Hasanudin (Negeri)
6. Universitas Batanghari Jambi (Swasta)
7. Universitas Bung Hatta (Swasta)
8. Universitas Dian Nuswantoro (Swasta)
9. Universitas Flores (Swasta)
10. Universitas Galuh Ciamis (Swasta)Q:Apa yang dipelajari dalam jurusan Ilmu Sejarah?
A:Jurusan ini mempelajari sejarah. Sejarah yang dipelajari mencakup Sejarah Indonesia dan Sejarah Dunia. Utamanya dan lebih detail mempelajari mengenai sejarah Indonesia tapi mempelajari sejarah dunia per kawasan seperti Sejarah Eropa, Asia Timur, Asia Tenggara, Amerika dan lain-lain. Dalam jurusan ini juga mahasiswa akan diajarkan bahasa Belanda untuk mendukung skill mahasiswa dalam meneliti arsip Belanda, karena sebagian besar arsip menggunakan bahasa Belanda.
Q:Pelajarn SMA Yang membantu memahami jurusan ilmu sejarah?
A:
1. Pendidikan kewarganegaraan
2. Sejarah
3. Seni budaya
4. Bahasa indonesia
5. GeografiQ:Tugas kuliah dan ujian yang umum dalam jurusan Ilmu sejarah?
A:Tugasnya biasanya Essay atau membuat tulisan. Bisa dalam bentuk makalah atau artikel. Sumber data yang dikutip tidak boleh dari data yang sembarangan. Harus dari data yang kredibel dan telah teruji kebenarannya. Karena dalam sejarah yg lebih di utamakan adalah fakta.
Q:Jurusan yang mirip dengan Ilmu sejarah?
A:
1. Arkeologi
2. Antropologi
KAMU SEDANG MEMBACA
Jurusan kuliah
RandomWattpad ini cocok untuk dibaca oleh kalangan remaja yang masih bingung memutuskan ambil jurusan kuliah dan wattpad ini membantu untuk membagikan informasi tentang jurusan-jurusan yang ada didunia perkuliahan. dari mata kuliahnya,prospek kerjanya dan...