Q:Apa itu Pendidikan IPS?
A:Program Studi Pendidikan IPS adalah sebagai program studi yang unggul dan menjadi pusat rujukan dalam pengembangan tri dharma perguruan tinggi; yaitu pengembangan keilmuan pendidikan IPS, pusat rujukan penyelenggaraan pendidikan tenaga pendidik pendidikan IPS, pusat layanan kegiatan pendidikan dan penelitian pendidikan IPS dan pembelajarannya, serta pengabdian kepada masyarakat.
Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Pendidikan IPS?
A:Karena di jurusan pendidikan IPS, Kamu akan banyak mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan masyarakat dan sosial. Hal ini akan melatih kemampuan berkomunikasi Kamu semakin baik dari hari ke hari.
Q:Mata kuliah apa saja sih yang dipelajari di dalam jurusan Pendidikan IPS?
A:
1. Pengantar ilmu politik
2. Pengantar ilmu sejarah
3. Pengantar sosiologi
4. Pengantar geografi
5. Pengantar antropologi
6. Pengantar ilmu ekonomi
7. Sistem hukum indonesia
8. Demokrasi dan HAM
9. Pengantar ilmu komunikasi
10. Filsafat ilmu
11. Teori sosial budaya
12. Antropologi pembangunan
13. Sistem sosial indonesia
14. Statistika sosial
15. Geografi regional indonesia
16. Pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup
17. Ekonomi pembangunan
18. Kajian pembangunan berkelanjutan
19. Kewirausahaan
20. Sejarah indonesia
21. Sejarah dunia
22. Kajian lingkungan hidup strategis
23. Kearifan lokal dan etika lingkungan
24. Kajian IPS dalam perspektif global
25. Gender dalam pembangunan
26. Manajemen konflik
27. Patologi sosial
28. Ekologi sosial
29. Metode penelitian pendidikan
30. Ilmu perpetaan
31. Manajemen pendidikan
32. Ilmu alamiah dasarQ:Prospek kerja didalam jurusan Pendidikan IPS tuh apa sih?
A:Lulusan Program Studi Pendidikan IPS mempunyai kualifikasi sarjana pendidikan, diharapkan dapat bekerja sebagai tenaga pengajar mata pelajaran IPS di berbagai institusi pendidikan.
Q:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Pendidikan IPS?
A:Berikut adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Pendidikan IPS:
1. Universitas Pendidikan Ganesha (Negeri)
2. Institut Agama Islam Negeri (Negeri)
3. Universitas Pendidikan Indonesia (Negeri)
4. Universitas Negeri Yogyakarta (Negeri)
5. Universitas Negeri Semarang (Negeri)
6. Universitas Pancasakti (Swasta)
7. Universitas Islam Negeri Malang (Negeri)
8. Universitas Lambung Mangkurat (Negeri)
9. Universitas Tanjungpura (Negeri)
10. Universitas Negeri Manado (Negeri)Q:Apa saja sih yang akan dipelajari didalam jurusan Pendidikan IPS?
A:Disini kita akan mempelajari cara Menguasai, menerapkan dan mengembangkan pendidikan ilmu pengetahuan sosial untuk mencapai keunggulan di bidang kependidikan sesuai dengan tuntutan pada tingkat nasional, regional serta internasional.
Dan juga pada jurusan Pendidikan IPS kita akan mempelajari keberagaman dari suku bangsa, ras, agama dan keberagaman kelompok serta golongan, baik itu struktur sosialnya, strata sosial, budaya dan adat istiadat, sistem organisasinya dan juga analisa terhadap teori-teori yang dapat mengkaji dan memperkuat analisis dalam menganlisa suatu kasus yang terjadi, dan juga dalam melakukan penelitian lapangan.Q:Pelajaran SMA apa saja yang membantu untuk memahami didalam jurusan Pendidikan IPS?
A:
1. Sejarah
2. Sosiologi
3. Ekonomi
4. GeografiQ:Tugas dan ujian yang umum didalam jurusan Pendidikan IPS?
A:Bentuk tugasnya berupa paper atau presentasi dari penelitian yang sudah kita teliti lansung ke lapangan, dan untuk UTS dan UAS nya yaitu secara tertulis berupa essay dengan suatu kasus yang telah ditentukan oleh dosen, lalu kita menganalisis kasus tersebut.
Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Pendidikan IPS?
A:Semua jurusan Pendidikan
KAMU SEDANG MEMBACA
Jurusan kuliah
AcakWattpad ini cocok untuk dibaca oleh kalangan remaja yang masih bingung memutuskan ambil jurusan kuliah dan wattpad ini membantu untuk membagikan informasi tentang jurusan-jurusan yang ada didunia perkuliahan. dari mata kuliahnya,prospek kerjanya dan...