Q:Apa itu Pendidikan Kimia?
A:Program studi pendidikan kimia adalah sebuah prodi yang mempelajari tentang pengajaran dan pembelajaran dari kimia di semua sekolah, perguruan tinggi dan universitas. Apa yang dipelajari di program studi ini termasuk memahami bagaimana siswa belajar kimia, cara terbaik untuk mengajar kimia, dan bagaimana untuk meningkatkan hasil belajar dengan mengubah metode pengajaran dan pelatihan yang sesuai dalam mengajar kimia, dengan berbagai cara, termasuk kegiatan belajar mengajar, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium.
Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Pendidikan Kimia?
A:Program studi pendidikan kimia sangat cocok bagi kamu yang memiliki minat di bidang Kimia dan ingin menyalurkan ilmu tersebut kepada orang lain. Di program studi ini kamu nggak hanya akan dituntut untuk menguasai berbagai macam materi kimia beserta turunannya, tapi juga bagaimana caranya menyampaikan ilmu tersebut dengan menggunakan metode-metode pengajaran yang efektif dan mudah dipahami.
Q:Mata kuliah apa saja yang akan dipelajari didalam jurusan Pendidikan Kimia?
A:
1. Kimia Dasar
2. Strategi Pembelajaran Kimia
3. Psikologi Perkembangan
4. Sejarah dan Kepustakaan Kimia
5. Kalkulus
6. Fisika Umum
7. Biologi Umum
8. Kimia Anorganik
9. Kimia Analisis
10. Manajemen Laboratorium Kimia
11. Pengajaran Mikro
12. Teori Belajar dan Pembelajaran
13. Simulasi Pembelajaran Kimia
14. Perencanaan Pembelajaran Kimia
15. Kimia sekolah
16. Kimia Organik
17. Kimia Analitik
18. Biokimia
19. Thermokimia
20. Kimia FisikaQ:Prospek kerja didalam jurusan Pendidikan Kimia tuh apa saja sih?
A:Seperti namanya, prospek kerja program studi Pendidikan Kimia pastinya adalah menjadi seorang tenaga pendidik yang andal dalam bidang kimia. Namun, nggak hanya itu, seorang lulusan Pendidikan Kimia juga bekerja di bidang lain seperti peneliti, staff quality control, development, dan productdi industri terkait, bahkan wirausaha.
Q:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Pendidikan Kimia?
A:Berikut adalah kampus-kampus yang menyediakan jurusan Pendidikan Kimia:
1. Universitas Negeri Semarang (Negeri)
2. Universitas Sebelas Maret (Negeri)
3. Universitas Pendidikan Indonesia (Negeri)
4. Universitas Negeri Malang (Negeri)
5. Universitas Negeri Jakarta (Negeri)
6. Universitas Islam Indonesia (Swasta)
7. Akademi Kimia Analisis Caraka Nusantara (Swasta)
8. IKIP Mataram (Swasta)
9. Universitas Abdurachman Saleh (Swasta)
10. Universitas Ahmad Dahlan (Swasta)Q:Apa saja sih yang akan dipelajari didalam jurusan Pendidikan Kimia?
A:Kita akan Belajar bagaimana membelajarkan siswa mengenai materi-materi kimia menggunakan strategi-strategi pembelajaran.
Q:Pelajaran SMA apa yang membantu untuk memahami didalam jurusan Pendidikan Kimia?
A:
1. Kimia
2. Fisika
3. MatematikaQ:Tugas dan ujian yang umum didalam jurusan Pendidikan Kimia?
A:Untuk jurusan kimia tanpa terkecuali Pendidikan Kimia pasti akan bertemu tugas yang dinamakan Jurnal dan laporan praktikum. Tugas tersebut akan menjadi bahan yang harus kamu pahami baik sesudah maupun sebelum praktikum. Hal tersebut menjadi bukti bahwa kamu sudah siap melakukan praktikum dan memahami hasil yang kamu peroleh selama praktikum. Yang lainnya lagi tugas yang akan kamu hadapi adalah mengenai RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).
Sebagai calon pendidik tentu kamu harus memahami apa yang harus dilakukan selama pembelajaran di kelas. Sehingga semua perencanaannya secara teknis hingga konseptual terdapat pada RPP tersebut.Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Pendidikan Kimia?
A:
1. Biokimia
2. Kimia
3. Teknik Kimia
KAMU SEDANG MEMBACA
Jurusan kuliah
RandomWattpad ini cocok untuk dibaca oleh kalangan remaja yang masih bingung memutuskan ambil jurusan kuliah dan wattpad ini membantu untuk membagikan informasi tentang jurusan-jurusan yang ada didunia perkuliahan. dari mata kuliahnya,prospek kerjanya dan...