82.Kimia

764 31 3
                                    

Q:Apa itu Kimia?

A:Di program studi Kimia kamu akan mempelajari struktur, komposisi, dan sifat materi dari skala atom hingga molekul, dan bagaimana mereka saling berinteraksi membentuk materi yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Para mahasiswa akan memperdalam kimia organik, kimia anorganik, biokimia, dan manajemen laboratorium.

Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Kimia?

A:Program studi ini memang cukup spesifik, hanya orang-orang tertentu yang meminatinya. Ditambah lagi, kimia merupakan satu subjek yang dianggap paling rumit. Namun, apabila kamu mempunyai minat untuk mempelajari tentang molekul dan materi-materi kimiawi lainnya, jurusan ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Q:Mata kuliah apa saja yang akan di pelajari di dalam jurusan Kimia?

A:
1. Kimia Konstektual
2. Matematika Kimia
3. Fisika Dasar
4. Kimia Dasar
5. Keselamatan Kerja Laboratorium
6. Kimia Sumber Daya Alam Tropis
7. Ilmu Lingkungan
8. Kimia Fisika
9. Dasar-Dasar Kimia Analitik
10. Kimia Organik
11. Kimia Anorganik
12. Statistika Kimia
13. Pengantar Amdal
14. Analis Spektrometri
15. Biokimia
16. Kimia Industri
17. Metoda Kromatografi
18. Struktur dan Kereaktifan Anorganik
19. Kinetika dan Katlisis
20. Kimia Organik Fisik
21. Kimia Organik Bahan Alam
22. Kimia Kuantum
23. Elektroanalisis
24. Kimia Material
25. Penentuan Struktur Molekul Organik
26. Biotekologi
27. Kimia Komputasi
28. Kolokium Kimia
29. Praktikum
30. Kimia Analisis Bahan Makanan
31. Toksikologi Bahan Makanan
32. Kimia Polimer
33. Fotokimia
34. Mineralogi
35. Mikrobiologi Industri
36. Kimia Inti dan Radiasi

Q:Apa saja sih prospek kerja di dalam jurusan Kimia?

A:Ilmu kimia mempelajari subjek yang bersifat sangat mendasar. Maka pilihan profesi dan kariernya pun sangat beragam. Industri yang bisa dimasuki antara lain industri makanan, kosmetika, manufaktur, konstruksi hingga kesehatan. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai spesialis kontrol kualitas, peneliti, maupun research and development division.

Q:Kampus-kampus mana saja yang menyediakan jurusan Kimia?

A:Berikut adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Kimia:
1. Universitas Brawijaya (Negeri)
2. Universitas Indonesia (Negeri)
3. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (Negeri)
4. Institut Pertanian Bogor (Negeri)
5. Universitas Gadjah Mada (Negeri)
6. Institut Teknologi Bandung (Negeri)
7. Universitas Airlangga (Negeri)
8. Universitas Hasanuddin (Negeri)
9. Universitas Diponegoro (Negeri)
10. Universitas Padjadjaran (Negeri)

Q:Apa saja yang akan di pelajari di dalam jurusan Kimia?

A:Di jurusan kimia ini mempelajari semua yang berkaitan dengan kimia mulai dari dasar dan bagaimana itu terbentuk. Berbeda dengan teknik kimia yang merupakan pengaplikasian ke skala industri, jurusan kimia lebih fleksibel dan yang dipelajari lebih komplit. Bidang di jurusan kimia ada 5 yaitu kimia analitik, kimia organik, kimia fisik, kimia anorganik, dan biokimia. Pembelajaran juga akan mudah dipahami karena selain pelajaran di kelas juga ditunjang dengan praktikum untuk bisa melihat realita yang telah dipelajari.
Nah jadi intinya Jurusan kimia mempelajari banyak hal mengenai sifat-sifat dan struktur bahan-bahan kimia sintetis atau pun alami, perhitungan kimia, instrumentasi yang diperlukan untuk mengidentifikasi senyawa kimia, reaksi senyawa kimia, ikatan kimia serta pengenalan alat-alat kimia.

Q:Pelajaran SMA yang membantu untuk memahami di dalam jurusan Kimia?

A:
1. Kimia
2. Matematika
3. Fisika
4. Biologi

Q:Tugas dan ujian yang umum di dalam jurusan Kimia?

A:Tugas kuliah mayoritas berupa makalah. tetapi ada juga yang beberapa disuruh mengerjakan soal yang ada di buku panduan, soal-soal yang dibuat mandiri oleh dosen, dan review jurnal. tetapi mahasiswa jurusan kimia banyak disibukkan dengan pembuatan laporan praktikum, yang selama satu minggu bisa 2 -3 kali praktikum. mayoritas pembuatan laporan praktikum di tulis tangan. untuk membantu pembuatan praktikum, mahasiswa harus sudah terbiasa membaca jurnal dan buku panduan masing-masing mata kuliah. pembuatan laporan praktikum akan melatih kita terbiasa mebuat suatu laporan hasil kerja di laboratorium, yang nantinya akan membantu di tugas akhir skripsi.

Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Kimia?

A:
1. Teknik Kimia
2. Pendidikan Kimia
3. Biokimia

Jurusan kuliahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang