Q: Apa itu Planologi?
A:Teknik Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota atau biasa dikenal dengan Planologi adalah sebuah program studi yang mempelajari dasar-dasar perencanaan, morfologi kota, perpetaan, struktur tanah, transportasi, serta desain. Selain ilmu-ilmu mengenai keteknikan, juga dipelajari ilmu sosial ekonomi perkotaan. Berbeda dengan jurusan Arsitektur Lanskap yang lebih mengutamakan sisi keindahan dan estetika lokasi, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota lebih mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi, dan politik dalam pembangunan. Lulusan sarjana Teknik Planologi yang biasa disebut sebagai planner, nantinya akan memiliki kompetensi untuk melakukan perencanaan sebuah kota, menentukan tata guna lahan, sistem transportasi, serta mengatur aktivitas-aktivitas yang ada di dalamnya. Sebagai contoh, di sebuah kota terdapat berbagai macam komponen fisik seperti wilayah perkantoran, pemukiman, industri, sistem transportasi, dll. Serta disisi lain juga terdapat komponen non-fisik seperti kemacetan, kepadatan penduduk, dll. Seorang planner harus menguasai semua aspek tersebut untuk dapat melakukan perencanaan yang baik sesuai dengan karakteristik wilayah yang ada.
Q: Kenapa kamu harus memilih jurusan Planologi?
A:Saat ini pembangunan wilayah atau daerah kurang begitu memperhatikan tata kota yang baik. Namun, semakin baik perekonomian sebuah negara, penataan kota mau tidak mau harus mendapatkan perhatian karena berhubungan erat dengan infrastruktur. Program studi Perencanaan Wilayah dan Kota bisa menjadi pilihan tepat buat kamu yang punya idealisme untuk membangun kota dengan penataan yang baik. Jika kamu ingin menekuni bidang ini, kamu harus memiliki bakat dan minat dalam Bidang Matematika, Geologi, serta Sejarah Konstruksi, karena ini akan menjadi konten utama dari program studi Planologi.
Q:Mata kuliah apa saja yang akan dipelajari didalam jurusan Planologi?
A:
1. Pengantar Ekonomika Perencanaan
2. Ekonomika Wilayah dan Kota
3. Pembiayaan Pembangunan
4. Pengembangan Komunitas
5. Pengantar Perencanaan Wilayah dan Kota
6. Prasarana Wilayah dan Kota
7. Proses Perencanaan
8. Komputasi Perencanaan
9. Teknik Analisa Perncanaan
10. Morfologi Kota
11. Pola Lokasi dan Struktur Ruang
12. Pengantar Data Spasial
13. Aspek Kependudukan dalam Perencanaan
14. Tata Guna Lahan
15. Sistem Perumahan
16. Hukum Perencanaan
17. Perencanaan Wilayah
18. Perencanaan Perdesaan
19. Manajemen dan Administrasi Pembangunan
20. Perancangan KotaQ:Prospek kerja didalam jurusan Planologi tuh apa saja sih?
A:Ada berbagai kesempatan kerja yang tersedia bagi mereka dengan gelar Sarjana Planologi. Beberapa bidang pekerjaan yang bisa dimasuki oleh lulusan Planologi antara lain: konstruksi dan bangunan, perencanaan kota dan wilayah, pemetaan, hingga arsitektur. Selain itu lulusan Planologi juga dapat bekerja di sektor lain seperti Bisnis, Keuangan, Sumber Daya Manusia dan bahkan di sektor Hukum Kontrak dan Hukum Komersial.
Q:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Planologi?
A:Berikut adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Planologi:
1. Universitas Brawijaya (Negeri)
2. Universitas Gadjah Mada (Negeri)
3. Institut Teknologi Bandung (Negeri)
4. Universitas Hasanuddin (Negeri)
5. Universitas Diponegoro (Negeri)
6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Negeri)
7. Universitas Sebelas Maret (Negeri)
8. Universitas Sam Ratulangi (Negeri)
9. Universitas Islam Negeri Alauddin (Negeri)
10. Universitas Trisakti (Swasta)Q:Apa saja sih yang dipelajari didalam jurusan Planologi?
A:Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana kita dapat mengelola dan merencanakan sebuah kota atau wilayah, mulai dari infrastuktur, penggunaan lahan, zonasi, masyarakat, lingkungan untuk dapat menjadikan sebuah kota atau wilayah yang berkesinambungan dan berkelanjutan.
Q:Pelajaran SMA apa saja yang penting untuk membantu memahami didalam jurusan Planologi?
A:
1. Matematika
2. Ekonomi
3. GeografiQ:Tugas dan ujian yang umum didalam jurusan Planologi?
A:Inti dari segala tugas selama perkuliahan adalah Studio. Studio merupakan mata kuliah wajib dan selalu ada di setiap semesternya. Studio merupakan bentuk kegiatan praktik dan perencanaan secara langsung turun di lapangan dari tingkatan area Kelurahan hingga area Provinsi. Artinya mahasiswa akan dilatih untuk menata suatu daerah secara langsung agar sesuai dengan tujuan yang dicapai selama perkuliahan.
Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Planologi?
A:
1. Teknik sipil
2. Arsitektur Lanskap
3. Teknik perencanaan jalan dan jembatan
KAMU SEDANG MEMBACA
Jurusan kuliah
DiversosWattpad ini cocok untuk dibaca oleh kalangan remaja yang masih bingung memutuskan ambil jurusan kuliah dan wattpad ini membantu untuk membagikan informasi tentang jurusan-jurusan yang ada didunia perkuliahan. dari mata kuliahnya,prospek kerjanya dan...