14.Arsitektur

3.1K 185 8
                                    

Q:Apa itu Arsitektur?

A:Arsitektur merupakan salah satu jurusan yang cukup populer di Indonesia. Para mahasiswa di program studi Arsitektur mempelajari desain dan rancangan konstruksi bangunan. Arsitektur lebih cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas, sedangkan realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil. Dalam mendalami arsitektur, para mahasiswa harus mempelajari kekuatan bangunan (firmitas), estetika atau keindahan bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas).

Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Arsitektur?

A:Pada umumnya, Arsitektur menjadi bagian dari Fakultas Teknik. Uniknya, jurusan ini tidak melulu mengajarkan hal-hal teknik, tapi juga seni dan estetika. Jika kamu melihat bangunan-bangunan indah, itu tidak lepas dari tangan dingin para arsitek hebat yang bisa menggabungkan fungsi, keindahan, dan kekuatan bangunan. Jurusan Arsitektur bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang punya ketertarikan pada desain dan rancang bangunan. Untuk menjadi mahasiswa Arsitektur, kamu paling tidak punya ketertarikan pada matematika, menggambar, seni, humaiora, sains, dan teknologi.

Q:Mata kuliah apa saja yang akan dipelajari di dalam jurusan Arsitektur?

A:
1. Matematika arsitektur
2. Estetika bentuk
3. Teknik komunikasi arsitektur
4. Gambar teknik
5. Arsitektur dan lingkungan
6. Ilmu bahan bangunan
7. Tata ruang
8. Mekanika teknik
9. Arsitektur etnik
10. Pencahayaan
11. Seni rupa
12. Kalkulus
13. Hukum lingkungan
14. Psikologi arsitektur
15. Azas dan metoda perancangan
16. Perkembangan arsitektur
17. Struktur dan konstruksi
18. Fisika bangunan
19. Teknologi bahan
20. Perancangan arsitektur
21. Fotografi arsitektur
22. Utilitas

Q:Prospek kerja di jurusan Arsitektur tuh apa saja sih?

A:Profesi arsitek mempunyai prospek yang bagus. Hampir semua perusahaan properti dan konstruksi pasti menggunakan jasa arsitek. Tren properti yang masih melaju kencang menunjukkan bahwa kebutuhan terhadap tenaga arsitek masih tinggi.

Q:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Arsitektur.

A:Berikut adalah contoh kampus-kampus yang meneyediakan jurusan Arsitektur:
1. Universitas Brawijaya (Negeri)
2. Universitas Indonesia (Negeri)
3. Institut Teknologi Bandung (Negeri)
4. Universitas Hasanuddin (Negeri)
5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Negeri)
6. Binus University (Swasta)
7. Institut Sains dan Teknologi Nasional (Swasta)
8. Institut Sains dan Teknologi Pradita (Swasta)
9. Institut Sains dan Teknologi Td Pardede (Swasta)
10. Institut Sains dan Teknologi Adhi Tama Surabaya (Swasta)

Q:Apa yang dipelajari di dalam jurusan Arsitek?

A:Arsitektur secara umum ilmu yang mempelajari tentang bangunan dan cara membangunnya. Bukan sekedar designnya tapi bagaimana dari sisi kekuatan, keindahannya tetap di perhitungkan. Menurut aku, dengan masuk arsitek kita gak cuman bisa design aja, tapi kita juga memperhatikan sisi ekonomi, sosial, lingkungan yang ada pro kontra didalamnya. Dengan kita menjadi arsitek, kita bisa membantu kota kita menjadi lebih baik lagi. Jadi arsitek gak harus pinter gambar, semua itu bisa dipelajari.

Q:Pelajaran SMA apa yang membantu untuk memahami didalam jurusan Aritektur?

A:
1. Matematika
2. Fisika
3. Seni budaya

Q:Tugas kuliah dan ujian yang umum didalam jurusan Arsitektur?

A:Jika membahas tentang tugas-tugas yang harus dikerjakan selama kuliah di jurusan arsitektur, tentu sangat beragam. Tetapi yang menjadikan jurusan arsitektur ini khas dan berbeda dengan jurusan yang lain adalah format tugasnya yang selalu membutuhkan kertas yang lebar, minimal kertas A3. Bahkan tugas yang membutuhkan kertas ukuran A0 pun ada.Oleh karena itu, mahasiswa jurusan arsitektur identik dengan benda berbentuk tabung panjang yang berisi berlembar-lembar gulungan kertas berukuran lebar, hasil kerja keras begadang hingga pagi untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Selain itu, ada tugas lain yang sangat khas dan unik, yaitu maket.Maket adalah miniatur suatu desain bangunan yang disajikan dalam skala tertentu. Ya, maket ini berguna untuk memvisualisasikan hasil desain arsitektur dalam bentuk nyata (bukan gambar) dengan ukuran yang lebih lecil. Dengan adanya maket maka mempermudah para dosen untuk menikmati desain arsitektur tersebut dari berbagai arah.Tapi sekali lagi, kalau tidak begadang bukan mahasiswa arsitektur namanya. Sering kali untuk menyelesaikan tugas membuat maket diperlukan ketahanan untuk tidak tidur demi terciptanya maket yang sempurna. Walaupun tugas datang tak henti-henti, deadline tugas yang selalu menghantui, sering begadang sampai pagi, tapi itulah mahasiswa arsitektur, yang membedakan mahasiswa arsitektur dengan mahasiswa jurusan-jurusan lain.Proses tempaan yang mungkin hasilnya tidak akan dirasakan ketika kuliah tetapi pasti akan berguna untuk masa-masa setelah lulus kuliah, terutama ketika sudah bekerja dan menjalani hidup yang sesungguhnya. Masa-masa tempaan itu juga akan menjadi masa-masa yang sangat patut dikenang bersama teman-teman seperjuangan kalian di arsitektur.  Lalu bagaimana dengan format ujiannya? Sering kali ujian di Jurusan arsitektur bukan seperti ujian soal tanya jawab yang harus diselesaikan dalam waktu 2 jam, tetapi berupa tugas besar yang terdiri dari berlembar-lembar kertas berukuran besar berisi gambar hasil desain arsitektur yang diselesaikan dalam waktu satu minggu, satu bulan, hingga satu semester.

Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Arsitektur?

A:
1. Desain interior
2. Teknik sipil

Jurusan kuliahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang