Q:Apa itu Akuntansi?
A:Akuntasi adalah sebuah program studi yang menyiapkan mahasiswanya untuk bisa mempraktekkan profesi akuntansi dan melakukan fungsi bisnis terkait, termasuk menerapkan instruksi dalam prinsip akuntansi dan teori, akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, akuntansi biaya, pengendalian anggaran, akuntansi pajak, aspek hukum akuntansi, audit, prosedur pelaporan, analisis laporan, perencanaan dan konsultasi, sistem informasi bisnis, metode penelitian akuntansi, standar profesional dan etika. Ilmu Akuntansi lalu diaplikasikan di berbagai instansi bisnis, baik yang bersifat profit, non-profit, publik, maupun instansi pemerintahan.
Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Akuntansi?
A:Pastinya belajar Akuntansi akan erat hubungannya dengan hitung-hitungan. Karenanya, kamu harus memiliki kemampuan berhitung yang kuat dan teliti. Akuntansi memang merupakan program studi yang paling ramai peminatnya, namun jangan sampai kamu memilih program studi karena ikut-ikutan. Kalau kamu memang punya passion untuk mempelajari keuangan, tidak ada salahnya memilih Akuntansi.
Q:Mata kuliah apa saja yang akan di pelajari didalam jurusan Akuntansi?
A:
1. Ekonomi mikro
2. Ekonomi makro
3. Matematika ekonomi
4. Matematika bisnis
5. Ekonomi koperasi
6. Akuntansi keuangan
7. Akuntansi biaya
8. Akuntansi manajemen
9. Akuntansi sektor publik
10. Auditing
11. Sistem pengendalian manajemen
12. Sistem informasi akuntansi
13. Teori akuntansi
14. Komunikasi bisnis
15. Perpajakan
16. Manajemen pemasaran
17. Manajemen keuangan
18. Manajemen operasional
19. Manajemen sumberdaya manusia
20. Akuntansi organisasi nirlaba
21. Perpajakan internasional
22. Manajemen strategik
23. Statistika ekonomi dan bisnis
24. Permodelan keuangan dan simulasi bisnis
25. Analitik bisnis
26. Investasi dan pasar modal
27. Strategi dan manajemen kinerja organisasi
28. Tata kelola perusahaan dan manajemen resikoQ:Prospek kerja di dalam jurusan Akuntansi tuh apa saja sih?
A:Salah satu alasan mengapa Akuntansi menjadi program studi yang paling banyak peminatnya adalah karena prospek karier yang dijanjikan. Tiap-tiap perusahaan pasti membutuhkan tenaga profesional dalam mengatur keuangan perusahaan. Disinilah peran lulusan Akuntansi dibutuhkan. Selain itu, lulusan Akuntansi dapat melanjutkan Pendidikan Profesi Akuntansi untuk dapat membuka praktik akuntan sendiri.
Q:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Akuntansi?
A:Berikut adalah salah satu contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Akuntansi:
1. Universitas Indonesia (Negeri)
2. Universitas Brawijaya (Negeri)
3. Universitas Negeri Malang (Negeri)
4. Universitas Gadjah Mada (Negeri)
5. Universitas Sebelas Maret (Negeri)
6. Telkom University (Swasta)
7. Binus University (Swasta)
8. Universitas Prasetya Mulya (Swasta)
9. Universitas Pancasila (Swasta)
10. Universitas Trisakti (Swasta)Q:Apa yang dipelajari didalam jurusan Akuntansi?
A:Jurusan akuntansi mempelajari semua sektor, dari akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, pajak, pengauditan sampai akuntansi syariah. Semua dipelajari agar memiliki pengetahuan dibidang-bidang tersebut
Q:Pelajaran SMA Apa saja sih yang membantu untuk memahami didalam jurusan Akuntansi?
A:
1. Matematika
2. Ekonomi
3. Akuntansi dasar (SMK Akuntansi)Q:Tugas dan ujian di dalam jurusan Akuntansi?
A:Tugasnya berupa Latihan soal, diskusi kelompok, presentasi kelompok dan lain-lain.
Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Akuntansi?
A: Accounting Information System
KAMU SEDANG MEMBACA
Jurusan kuliah
RandomWattpad ini cocok untuk dibaca oleh kalangan remaja yang masih bingung memutuskan ambil jurusan kuliah dan wattpad ini membantu untuk membagikan informasi tentang jurusan-jurusan yang ada didunia perkuliahan. dari mata kuliahnya,prospek kerjanya dan...