38.Matematika

1.6K 79 26
                                    

Q:Apa itu Matematika?

A:Matematika adalah mata pelajaran hitung menghitung dan Para mahasiswa di program studi Matematika mempelajari matematika murni seperti aljabar, geometri, dan analisis matematika. Selain itu para mahasiswa juga berpeluang untuk mempelajari statistika, komputasi, aktuaria, dan riset operasi. Meskipun pelajaran matematika sudah sangat dikenal oleh setiap orang, Program Studi Matematika malah kurang mendapatkan minat. Selain prospek kariernya yang masih sangat terbatas, mata kuliah ini pun kerap dianggap rumit. Namun sebenarnya, Jurusan Matematika mempelajari banyak hal yang tidak hanya sekadar perhitungan rumus-rumus.

Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Matematika?

A:Apabila kamu tertarik dengan dunia hitung menghitung dan punya kemampuan analisis yang kuat, maka program studi Matematika bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu. Di program studi ini kamu akan diajak untuk mengutak-atik dan membongkar serta membuktikan teorema-teorema matematika yang kita kenal selama ini.

Q:Mata kuliah apa saja yang akan dipelajari didalam jurusan Matematika?

A:
1. Dasar-Dasar Matematika
2. Kalkulus
3. Metode Numerik
4. Algoritma dan Pemrograman
5. Aljabar Linear Elementer
6. Matematika Diskrit
7. Struktur Aljabar
8. Aljabar Linear
9. Praktikum Aljabar
10. Kalkulus Peubah Banyak
11. Geometri Analitik
12. Analisis Real
13. Fungsi Kompleks
14. Persamaan Diferensial Biasa
15. Persamaan Diferensial Parsial
16. Pemodelan Matematika
17. Program Linear
18. Riset Operasi
19. Aljabar Matriks
20. Teori Bilangan
21. Metode Statistika
22. Program Linier
23. Statistika Matematika
24. Teori Himpunan
25. Statistika Non Parametrik
26. Kolokium
27. Analisis Data Uji Hidup
28. Analisis Regresi
29. Matematika Keuangan
30. Teori Ruang Metrik
31. Teori Ruang Hilbert
32. Teori Kontrol Diskrit
33. Teori Kontrol Linear
34. Teori Graph

Q:Prospek kerja dijurusan Matematika tuh apa saja sih?

A:Meski peminatnya sedikit, sebenarnya Ilmu Matematika bisa dimanfaatkan oleh berbagai macam bidang. Peluang kerja bagi lulusan matematika pun sangat luas, mulai dari di dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar, di korporat sebagai analis, ahli statistika, ahli keuangan, hingga astronom dan aktuaris.

Q:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Matematika?

A:Berikut adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Matematika:
1. Universitas Brawijaya (Negeri)
2. Universitas Indonesia (Negeri)
3. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (Negeri)
4. Institut Pertanian Bogor (Negeri)
5. Institut Teknologi Bandung (Negeri)
6. Binus University (Swasta)
7. Universitas Pamulang (Swasta)
8. Universitas Pakuan (Swasta)
9. Universitas Islam Bandung (Swasta)
10. Universitas Ahmad Dahlan (Swasta)

Q:Apa saja sih yang dipelajari didalam jurusan Matematika?

A:Matematika yang jauh berbeda dengan yang kita kenal di SMA. jangan pernah berpikir kalian akan menghitung dan berurusan dengan banyak angka, hanya mata kuliah statistik yang mengharuskan kami berurusan dengan angka, selebihnya kita lebih banyak berkutat dengan definisi, teorema dan pembuktian teorema. 
Di jurusan Matematika banyak yang dipelajari, ada bagian-bagiannya lagi, ada matematika komputasi (belajar tentang pengembangan komputer dengan algoritma yang diaplikasikan dengan matematika), ada matematika ekonomi dan bisnis (belajar tentang managemen bisnis dan keuangan dengan memakai prinsip matematika), ada matematika murni (matematika paling dasar dan paling mendalam), matematika keuangan dan aktuaria (ini program baru dimana sudah bisa belajar untuk materi-materi aktuaris)

Q:Pelajaran SMA apa saja sih yang membantu untuk memahami didalam jurusan Matematika?

A:Matematika

Q:Tugas dan ujian yang umum didalam jurusam Matematika?

A:mengerjakan soal per materi, kemudian pada ujian akhir biasanya membuat project sesuai materi yang diujikan

Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Matematika?

A:
1. Pendidikan Matematika
2. Matematika Bisnis

Jurusan kuliahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang