O4

707 119 4
                                    

Siang hari, Mama Irene sudah pulang dari butik tempat dia kerja. Sekarang lagi masak makan siang dibantuin sama anak gadis satu-satunya, Umji.

"Telurnya didadar aja ya, ada yang gak suka kuning telur goreng kalo di ceplok." Mama Irene motong tahu buat sup bola tahu kornet.

"Yah Ma," Umji yang tadinya manasin teflon buat ceplok telur noleh ke Mamanya. "Umji gak suka telur dadar polosan."

"Ih gak apa-apa atuh. Makan aja, enak kok. Besok-besok baru Mama buatin telur gulungnya, okay?" Irene berusaha nenangin anaknya.

Umji akhirnya ngangguk pelan. Sambil mecahin empat butir telur disatu mangkok, dia mikir lagi. Siapa yang nggak suka telor ceplok?

Masa Mama sih? Mama tipe orang yang nggak milih-milih makanan. Sama kayak Seonghwa yang menganut prinsip "yang penting makan dan halal"

Yunho jangan ditanya. Anak itu sukanya makan terus, nggak peduli telor ceplok atau dadar yang penting mateng. Dia nggak terlalu suka telur setengah mateng soalnya.

"Emang siapa yang gak suka telur ceplok, Ma?" Tanya Umji sambil naburin lada dan garam di telur tersebut sebelum dikocok.

"Ikhsan."

Duar

Umji mendadak sewot. "Mama kok inget sama dia," tangannya ngeraih garpu buat ngocok telur dengan setengah hati. "Aku aja lupa."

"Jangan begitu, sayang. Gak baik marahan sama sepupu sendiri," Irene ngambil kornet yang masih tertutup dan berusaha buka pake pisau. "Dia baru aja datang, masa udah dimarahin terus. Kasian kan."

Umji mendengus kesal. Dia baru ingat kalo orang dirumah sekarang nambah satu orang jadi dia mecahin telur satu lagi.

"Sayang bisa bantu buka ini nggak?" Irene nyodorin Umji kornet kalengan yang belum kebuka. Biasanya Umji lebih kuat dari dirinya sendiri makanya dia minta tolong anaknya.

"Gabisa ma," setelah nyoba beberapa kali, Umji juga nyerah. "Mau aku telpon si Sinbi biar kesini, Ma?"

Irene dengan cepat menggeleng. Dia hapal temen dekat anaknya, Sinbi. Cewek yang tomboy, urakan, tapi baik banget sama anaknya. Meski Sinbi pasti bisa bukain, tapi ya masa diundang kerumah cuman buat bukain tutup kornet.

"Yunho aja-"

"Yunho lemah, Ma."

"Yaudah San."

Umji menoleh dengan cepat. Mendadak menyesal sudah ngatain Yunho lemah. Padahal dia cuman asal bicara. Dan ujungnya malah kutu kupret satu itu. Sangking nggak mau ketemu San, Umji maksa buka tutup kornet pake pisau.

Trak

"Ah," Umji buru-buru nutup mulutnya. Setelah itu meringis nahan sakit. Ibu jarinya kegores pisau karena tutupnya kuat banget. Tapi dia nggak mau ngasih tau Mamanya.

"Loh dek? Kenapa?" Irene yang sibuk motongin daun bawang, dan sekarang ngambil alih telur yang tadinya Umji kerjain mulai curiga sama anaknya. "Cepetan minta tolong San aja. Mama mau ngadon nih."

Umji menggangguk cepat dan buru-buru naikin tangga buat sampai ke kamar San.

Tok tok tok

Cklek

"Ap-"

Umji ngeloyor masuk kamar San. Terus nyodorin kaleng kornet ke sepupunya itu.

"Ngapain?"

"Sshh, bukain tutupnya dong. Disuruh Mama." Umji pergi ke kamar mandi San.

San natap Umji bingung. "Lo mau ngapain? Gak diterima kalo boker."

"Kagak," balas Umji. Dia bersihin lukanya pake air mengalir.

San yang kebingungan tetap bukain tutup kaleng kornet itu pake tangan kosong. Dan hasilnya kebuka sempurna.

"Nih kornetnya. Keluar sana." San naruh kaleng kornet itu diatas meja.

Karena nggak terdengar balasan dari Umji, San nyusulin ke kamar mandi yang nggak ditutup.

"Lo ngapa-"

Umji diem tapi meringis ngeliat darahnya gak berhenti ngalir. Efek karma sanking bencinya sama San sampai maksa buka tutup kornet.

"Eh-"

San narik tangan Umji yang lain. Disuruhnya Umji duduk diujung kasurnya. Umji nurut. Jarinya kelewat perih buat nanyain San macem-macem.

San ngambil kotak obat dilaci meja belajarnya. Pelan-pelan dia ngeringin luka Umji pake kain bersih.

"Gak mau yang itu," sela Umji waktu San mau ngerobek bungkus plester luka.

"Yang mana, jadi?" Tanya San.

"Frozen."

"Dih kayak bocah lu,"

Umji diem aja. Padahal dalam hati dia mau ngelepak kepala San pake tangannya yang satunya. Tapi nanti San ngambek gak mau ngobatin lukanya. Jadi marahnya Umji pending dulu.

"Dah selesai. Keluar sana." San beresin sampah bungkus plester dan buang ke tempat sampah.

Umji bangkit dari duduknya terus keluar kamar San. "Thanks ya."

San diem aja malah sibuk beresin kotak obatnya dan ngembaliin di tempatnya. Umji pun keluar kamar San.

"Lah bego, kornetnya."

Cklek

"Kornetnya ketinggalan." Untung aja Umji masih didepan kamar San. Dia masih ngeliatin plester lukanya dengan hati senang. Soalnya dia suka warna biru.

Umji ngeliat kornetnya terus ngambil dari tangan San. "Oh iya, makasih ya."

Umji pun turun tangga pelan-pelan.

"Heh lu,"

Umji noleh pas San manggil dia.

San diem sebenrar terus berdeham kecil.

"Lain kali hati-hati."

Brak!

San pun nutup pintu kamarnya.

Sepupu « San-Umji ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang