Sesuai perintah Nyonya Besar alias Mama Umji alias Rene Irene, Umji ngambil sarung bantal-guling, seprai, selimut, dan pengharum ruangan dari lemari besar punya Mamanya. Dia milih warna hitam-merah biar pas sama tirai yang udah disiapin Mamanya.
Tok tok tok
Cklek
"Ap-"
"Minggir."
"Ngapain?"
"Masang korden sama seprai," kata Umji santai. Dalam hati nahan-nahan dia biar gak ngegasin San.
"Gak mau."
"Pokoknya minggir." Umji dorong pintu kamar San sekuat tenaga. Tapi apalah daya, San suka olahraga jadi tenaga Umji bukan tandingannya.
Umji berpeluh, dalam hati dia udah misuh duluan.
"Buka! Nanti gue dimarahin Mama kalo gak ngurusin kamar lu." Umji natap jengkel San.
San menyeringai. "Gue gak pake baju."
"Dih, makanya pake baju buruan. Ahilah lu dibantuin malah lama," ketus Umji. "Kalo gak mau dibantuin yaudah. Nih seprai sama yang lainnya. Pasang sendiri!" Umji pun pergi sambil menghentakkan kakinya kesal.
San menggaruk tengkuknya yang tidak gatal. Wah masalah ini, pikirnya.
San soalnya gak bisa pasang seprai kasur.
¤¤
Umji menghela nafas lega waktu dengar kalo Seonghwa bakal pulang sebentar lagi. Memang, tadi Seonghwa kerja di market buat gantiin temannya yang ada urusan. Seonghwa masih SMA tapi gayanya udah kayak anak kuliahan makanya Umji sering dianggap adeknya atau parahnya pacarnya.
Soalnya Seonghwa itu abang-able. Umji bahkan kecewa waktu Seonghwa ternyata satu line sama dia. Rencananya kalo Seonghwa lebih tua dari dia, Umji bakal sering ngajak Sinbi buat main kerumah. Pamer gitu.
Seonghwa memang satu line sama dia, tapi Seonghwa lebih bijak dan dewasa. Makanya Yunho sama dia sering iseng manggil Seonghwa abang atau nggak Om. Untungnya Seonghwa sabar orangnya.
"Kakk," Umji mengernyit bingung. Itu suara Yunho. Adik sepupunya yang ini kadang slengean kadang waras. Tergantung kondisi. Makanya Umji suka bingung sendiri. "Kak Umjii!"
Cewek yang ngikat rambutnya tinggi-tinggi itu keluar kamar. Sambil ngantongin hp, dia celingukan nyari Yunho. Tapi kok orangnya gak ada. Jadi merinding. Akhirnya dia turun kebawah, siapa tau ada Yunho disana.
"Kakak nyari siapa?" Tanya Yunho yang stay didapur sambil ngaduk bubur ayam.
Giliran Umji yang bingung. "Loh? Bukannya lu yang manggil gue?"
Yunho menggeleng. Dari tadi dia nyampur cakwe, ayam, sama kacang kedelai dengan khidmatnya didapur sendirian. Mumpung Mama Irene masak bubur.
"Lah yang manggil gue siapa dong?" Umji bingung terus ngeliat bubur ayamnya Yunho. Mendadak dia laper. "Wah enak nih. Minta ya?"
Yunho mengendikkan bahu terus narik mangkok buburnya menjauh dari Umji. "Ogah. Kakak buat sendiri sana." Terus pergi ke ruang keluarga buat makan sambil nonton gosip. Yunho suka gosip biar ada bahan ghibahan kalo ngumpul sama Wooyoung sama Yeonjun, temen Yunho.
"Pelit lu," Umji akhirnya naik keatas lagi.
Cklek
"Nah. Mumpung lu lagi gaada kerjaan, pasangin seprai gue sini." San narik tangan Umji yang kebetulan lewat didepan kamarnya.
"Eh-"
San nunjuk keadaan kamarnya yang sedikit berantakan. Tas sama belanjaannya yang bikin berantakan. Iya, cuman di geletakin diatas meja belajar. Itupun belanjaanya ada yang mencuat jatoh. Bungkus roti keju-pesenan dia- tergeletak dibawah meja beserta kotak susu cokelat high calsium low fat dengan isi yang sudah tiada.
"Astaghfirullah, kok bisa gini? Tadi pagi sebelum lu dateng masih rapi." Umji mulai ngomel. Ngelirik ke arah San yang malah mengendikkan bahu dengan muka tanpa dosa.
"Terus ini lagi," Umji pengen resign jadi sepupunya San aja. Kasurnya itu loh. Seprainya miring, ujung kanan kepanjangan, ujung kiri malah pendek terus dimasukin ke bawah kasur. Sarung bantal sama guling.. oke lah, bagus. Terus selimutnya-
"Ya ampun San," Umji narik 'selimut' yang ditaruh San diatas kasur. "Ini tirai, yang lo gantung di pintu balkon itu baru selimutt." Sangking keselnya, Umji gak bisa naikin volume suaranya. Perutnya laper, terus San tingkahnya seolah pengen ngajak ribut Umji terus.
San cuman nyengir.
Umji akhirnya nyuruh San buat masukin baju-bajunya didalam lemari sama bersihin sampah-sampah yang berserakan. San akhirnya setuju.
Selagi San sibuk sama urusannya, Umji benerin seprai kasur San, ngerapiin sarung bantal sama guling San yang ternyata kebalik. Yang sarung guling dipake buat bantal dan sebaliknya. Narik selimut yang dengan bodohnya San taruh di kaitan buat tirai. Naik kursi buat masangin tirai sesungguhnya. Dan masang pengharum ruangan otomatis disamping AC didinding.
"Nah, gini kan enak ngeliatnya."
Bagaikan di kartun-kartun, keadaan kamar San sekarang kinclong sampai ada bintang-bintangnya. Meja belajar San sudah ditaruh buku-buku pelajaran. Ada lampu belajar sama papan buat tempelin stiky notes gitu.
"Wih makasih ya udah bantuin," San berujar dengan tulus. "Gak nyangka gue, lu berbakat jadi babu."
"HEH SIALAN LU YA. UDAH DIBANTUIN MALAH GATADIR." semprot Umji.
San melotot, Umji baperan ternyata. "GALAK AMAT LU, BUSET. MAKIN TUA LU."
"DIH GA URUS."
"Weh ngegas lu."
"Iyalah nyet, lu nyebelin soalnya."
San menghela nafas lelah. "Oke oke. Gue salah. Capek nih ribut mulu. Damai kita." San mengalah dan mulai ngalihin perhatian Umji.
Umji narik napas panjang terus natap San lagi. Berusaha redam emosinya.
"Oke. Jangan lupa handuk kalo habis dipake, jemur di jemuran duduk dibalkon. Balkon dibersihin sehari sekali, kali-kali aja ada daun jatuh. Bersihin lantai pake sapu dulu, vacum cleanernya baru dibeli nanti malam." Jelas Umji panjang lebar.
San mengangguk semangat. Umji lega. Rencananya kalo San nggak nunjukin minat atau semangat gitu, dia bakal masang papan gede didekat meja pintu masuk kamar San yang isinya hal-hal yang harus sepupunya itu lakuin.
"Oke. Kalo gitu gue balik kamar. Dah!" Umji keluar dari kamar San yang cuman di anggukin San.
Pas sampai di kamar, Umji langsung rebahan. Padahal masih jam 12 siang. Badannya pegel, batinnya juga capek ngehadepin sepupu macam San yang segitu ngeselinnya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Sepupu « San-Umji ✔
Fanfiction[AU, COMPLETE] "bisa gila gue punya sepupu gak waras kayak lo!"- Yumna Jihan (18) "gila sih gila aja gausah ngajak-ngajak."- Ikhsan Malik (17) tentang umji yang harus berhadapan dengan sepupunya, san. ft. 98&99 liner ¤28042020- publish: 11052020