O27

498 104 9
                                    

Sinbi ngarahin Umji biar duduk dibangku sampingnya. Umji yang lagi mode diem cuma ngangguk dan ngikutin arahan temannya yang kelewat semangat itu.

"Lo kenapa sih?"

"Nggak."

"Laper?"

"Nggak."

"Pms ya?"

"Nggak."

"Ooh, lo puasa ngomong?"

"Nggak, astagfirullah Sinbi. Gue gapapa."

Sinbi nyengir. "Lo murung banget. Semangat dong. Kayak gue." Cewek itu ngangkat bungkus kripiknya tinggi-tinggi. "Ayo semangat!!"

Umji geleng-geleng kepala pas liat tim basket sekolahnya notis teriakan Sinbi dan kompak ngasih finger heart ke cewek itu. Sinbi sontak aja kegirangan dan heboh sendiri.

Mereka berdua lagi di SMA Navillera buat nonton pertandingan basket sekolah mereka-SMA Glass Bead- ngelawan sekolah itu. Mereka ada dua dari sekian banyak perwakilan kelas dan eskul buat jadi suporter tim mereka.

Soal kejadian malam itu, Umji tetap pulang naik ojol. Tapi San ngikutin ojol yang ngebawa sepupunya itu sampe depan rumah. Abang-abang ojolnya sampe nanyain ke Umji. Dikira San orang jahat yang nguntin dia.

Umji cuman jawab. "Itu sodara saya, bang. Lagi musuhan jadi biarin aja."

Balik lagi ke kondisi sekarang yang suporternya belum banyak yang ada di bangku penonton. Sinbi ngajak Umji buat duduk lagi-lagi dekat tempat istirahat tim mereka. Tujuannya biar enak neriakinnya.

"Ntar pulang sama siapa?" Tanya Sinbi sambil ngunyah kripik pisang. "Gue bawa motor loh. Hayuk ke gramed, mumpung bisa langsung pulang."

Umji ngangguk cepat. "Boleh deh. Mau nyari novel sekalian."

"Oke sip." Sinbi jadi semangat lagi. Dia nggak tau sahabatnya itu diem karena apa. Soalnya kejadian ditempat parkir itu cuman Umji, San, dan Allah yang tau. Umji juga kelewag gedek cuman buat nyeritain itu semua.

"Seonghwa sama Yunho udah sekolah lagi?" Tanya Sinbi lagi.

"Udah," jawab Umji singkat bikin cewek disampingnya jengah.

"Jadi tadi lo berangkat sama mereka?"

"Nggak. Sama bokap."

"Kenapa?"

"Kebetulan ada meeting dikantor deket sini jadi sekalian aja."

"Oooh." Sinbi ngangguk-ngangguk. "Woah udah mulai rame, Ji."

Umji ngangguk tanpa semangat. Kalo bukan karena gak tega liat semangat Sinbi ngajakin dia nonton, dia ogah kesini buat nontong tanding basket sepupunya yang ngeselin itu.

Entah San memang nggak ngerasa buat salah atau cuma pura-pura nggak buat salah, cowok itu masih bersikap seolah baik-baik aja. Itu bikin Umji yang seolah marah-marah sendiri.

Contohnya pas sarapan tadi pagi. Mama Irene nanyain dia kenapa mukanya jelek begitu pagi-pagi, terus kenapa dia gak pulang bareng San. Umji gedek dan akhirnya cuma diam dan asik makan. Dia malas buat bicara panjang lebar kalo ujung-ujungnya dia yang disalahin.

"Umji berangkat sama Papa aja. Lewatin SMA Navillera kan, Pa?" Umji ngambil hpnya dari atas meja makan.

Papa Suho yang lagi make jam tangannya noleh ke anak gadisnya itu heran. "Iya, kok tumben? Biasanya bareng yang lai-"

"Nggak usah. Mau duluan aja," kilah cewek itu sambil make sepatu diteras. "Ayo Pa, nanti keduluan Sinbi."

Akhirnya Papa Suho tetap nganterin anak semata wayangnya itu kesekolah tetangga yang gak jauh dari sekolah aslinya. Ini lebih dekat, jadi gak sampe sejam Umji sudah sampai dan nemuin Sinbi asik ngobrol sama Seungkwan.

"Eh, Bi, punya peniti gak?" Tanya Seungkwan habis ngobrol sama anak basket waktu Sinbi masih asik sama kripiknya dan Umji yang tetap diam.

Sinbi nggeleng. Dia kan laki, mana nyimpan begituan. "Nggak ada. Eh, lu ada gak Ji?"

Umji ngangkat mukanya yang masam, nengok ke Sinbi. "Kenapa?"

"Peniti, lo ada gak?"

"Ada kayaknya," Umji ngerogoh tas selempangnya dan ngeluarin seplastik kecil peniti. "Buat siapa?"

"Tau tuh. Weh siapa yang minta peniti?" Sinbi nanya ke anak-anaknya.

"Gue."

Oh shit. Umji pengen ngehujat aja rasanya.

"Ooh, elu San. Buat apa minta peniti?" Tanya Sinbi tanpa sadar kalo orang disampingnya sudah memancarkan aura kelam.

"Buat kaos gue, biar gak keangkat kalo lompat," jawab San sambil ketawa kecil ke Sinbi. "Thanks ya, Ji."

Umji diam aja dan enggan natap cowok didepannya, dia lebih milih main hp buat ngisi waktu kosong.

"Eh Ji, bentar dah gue kesana dulu. Ada temen gue kayaknya," kata Sinbi terus bangkit dari duduknya dan lari kesisi lapangan yang lain.

Umji ngangguk kecil dan ngelanjutin drama yang dia tonton. Tanpa peduli kalo didekatnya cuman ada San yang sibuk sama peniti yang nyangkut dikaosnya.

"Kayaknya nyangkut, tolong benerin," pinta San ke Umji.

Umji tetap diam. Dia gak nyadar kalo San ngomongnya ke dia.

"Ji."

Reflek Umji nepis tangan cowok yang nyentuh tangan dia. Maksudnya biar sadar si Umji tuh kalo dia lagi bicara sama cewek yang sekarang natap dia galak.

"Jangan pegang." Jiwa maungnya Umji keluar dan bikin San menyerah.

"Okay," katanya pelan. "Tapi tolongin, gue gak bisa ngelepas kaitannya. Nyangkut." San bersungguh-sungguh.

Umji melengos. Tangannya cepet-cepet berusaha ngelepas kaitan peniti yang ternyata nyangkut sama benang kain kaosnya.

"Weh kumpul dulu sini!" Teriak Moonbin dari ujung lapangan yang lain. Dia sama tim basket angkatannya lagi ngumpul buat entah diskusiin apa.

"Bentaar!" Balas San teriak juga. Dia gak sadar jadi tontonan penonton yang mulai memenuhi bangku penonton. Baik dari sekolahnya maupun sekolah lain yang jadi tuan rumah.

"Sebentar, masih nyangkut nanti kalo dipaksa robek," ucap Umji nahan San sambil terus berkutat sama si peniti yang jail masih nyangkut sama si kaos.

Kedua sudut bibir San ketarik keatas. Dia gemes sendiri liat sepupunya sibuk sama kaos yang dia pake.

"Jangan pacaran mulu dah!" Celetuk Juyeon nyaring nggak tau tempat. Mendadak dia dihujani pukulan sama teman-temannya.

Vernon cuman senyum kecut.

Oke, Vernon memang nggak ikut gebuk kepala batu milik Juyeon. Tapi dalam hati seluruh binatang dikebun binatang sudah dia limpahkan ke pemuda jangkung itu.

"Udah," ucap Umji sambil ngaitkan kembali si peniti sesuai permintaan San. Tepat sebelum Moonbin kembali neriakin San biar cowok itu secepatnya ngumpul sama yang lain.

"Oke, thanks ya." Tangan cowok blonde itu terangkat dan ngacak pucuk kepala Umji pelan.

Padahal San sudah siap-siap tangannya ditepis lagi kayak tadi, terus diliatin sama penonton yang didominasi para ciwi-ciwi. Tapi nyatanya Umji malah diam aja dan  cuman ngangguk kecil.

"Ikhsaann cepett!!" Kali ini suara Moonbin kembali mengintrupsi San.

Cowok itu senyum ke sepupunya sebelum akhirnya beranjak pergi. "Gue duluan."

Umji ngangguk dan kemudian lanjut nonton drama di hpnya. Tiba-tiba Seungkwan dan Sinbi duduk disampingnya pake acara nabrak dia lagi.

"Bertingkah aja lu berdua," omel Umji kesel.

Sinbi sama Seungkwan cuman nyengir kuda.

"Kita ketinggalan apa nih?" Tanya Sinbi yang siap sama satu bungkus biskuat vanila ditangannya.

Umji mengendikkan bahu. Sinbi melengos dan milih buat jitak kepala temannya sebelum akhirnya noleh kearah lapangan.

PRIIIITTT...

Pluit wasit dibunyikan dan pertandingan pun dimulai.

Sepupu « San-Umji ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang