O37

450 95 4
                                    

Suatu pagi dihari Sabtu, Mama Irene dan Papa Suho pamit sama keenam anak-anaknya buat pergi ke Samarinda. Ada pelatihan yang mau gak mau maksa mereka buat nginap semalam disana. Minggu siang baru pulang.

Umji sih yang dipamitin sama kedua orangtuanya. Soalnya satu-satunya yang sudah bangun tidur cuman dia. Sisanya masih ngebo dikamar masing-masing. Apalagi Somi yang sudah nguasain kasur Umji dan maksa cewek itu buat bangun lebih awal.

"Nanti kalo makan beli aja ya. Mama ngga megang duit cash, pake uangmu dulu," kata Irene yang pagi ini super duper sibuk nyiapin bawaan dia berdua suaminya. Salah Suho yang baru ngabarin mau berangkat pas pulang kerja kemaren malam. Jadilah Irene yang keteteran nyiapin bawaan mereka. "Nanti mama transfer kalo kurang. Oke?"

Umji yang berdiri nyandar disebelah lemari baju Mama dan Papanya ngangguk walau matanya masih setengah pejam. Masih ngantuk berat, tapi sudah dipaksa bangun sama Mamanya. Soalnya yang paling terpercaya diantara anak-anak itu cuma Umji.

"Ajak jalan Donghan Somi nanti sore, ke taman kek atau ke mall gitu. Malamnya ada pasar malam dideket Inpres itu nah dek. Yang waktu itu tempat beli rok lipit hitam punya mama," jelas Irene lagi dan diangguki anak gadisnya. Tangannya sibuk ngeresleting koper kecil sementara diatas kasur ada kotak p3k yang masih kosong. "Mama percaya sama kamu. Oke?"

"Siap laksanakan, Ma!" Cewek berponi itu ngejawab Mamanya dengan semangat tinggal separuh. Dia masih pingin rebahan padahal.

"Oke, kalau begitu keluar dulu sana sekalian temenin Papa sarapn. Mama mau ganti baju."

Umji akhirnya melangkahkan kaki keluar kamar Mamanya. Menemui sang Papa yang sudah asik sama roti bakar dan kopi panasnya.

"Selamat pagi, Umji!"

Papanya nyapa pake irama Upin Ipin dkk nyapa Cekgu Jasmin. Cekgunya diganti sama Umji.

"Met pagi, Pa," balas Umji sambil nguap lebar dan reflek dia tutup pake telapak tangan kirinya. "Mau ngapain sih, Pa? Pagi-pagi kok baru ngabarin. Ngerusak mimpi indah Umji aja."

Umji memang manja sama Papanya. Makanya berani ngeluh sana-sini sama dia, dan gak akan diomelin. Beda kalau ngeluhnya sama Irene. Pasti Mamanya itu bakal balik ngomelin dia sampe puyeng. Makanya Umji lebih santai kalo ngobrol sama Papanya.

Papanya yang sudah siap sama baju kerjanya tersenyum ngeliat anak gadisnya itu manyun. Setelah nyiapin pesenan temennya yang berupa tanaman dari halaman belakang rumahnya, dia asik makan sarapan simpel didapur.

"Bagus dong merusak mimpi kamu. Soalnya mimpi doang, gaada usaha. Basi," balas laki-laki berumur empat puluh tahun itu sambil terkekeh. "Gimana ngobrolnya kemaren? Asik?"

Umji ngangguk terus nggeleng ketika sadar kalo semalam pas dia dan para sepupunya yang lain makan bareng sepulang dari bandara malah mengukir kenangan asem.

"Kok gitu? Kenapa?" Tanya Papanya lagi yang buat Umji manyun.

"Pokoknya gak asik. Papa gak akan ngerti," jawabnya ambigu. "Makin lama punya banyak sodara itu gak ngenakin ya, Pa? Sudah ribut, usil pula. Bikin jengkel aja."

Papa Suho natap anak semata wayangnya itu heran, terus ngangguk paham. Pasti ini ada hubungannya sama Seonghwa dan Donghan yang semalam nyebut-nyebut si anak bule, gebetan anaknya.

"Yaa.. nggak juga sih. Memang ribut iya, usil juga iya. Tapi rame lebih enak dibanding sendirian, kan?" Pria itu naruh ponselnya diatas meja, beralih ngelus kepala anaknya yang manyun didepannya. "Kamu dulu ngeluh karena gak punya saudara, jadi gaada temen main. Sekarang banyak temen malah ngeluh lagi. Pusing Papa, Dek."

Umji diem.

"Memang sih awalnya gak nyaman, atau malah gak suka sama saudara sendiri. Tapi nanti lama-lama kebiasaan kok, jadi bisa nerima baik buruknya mereka. Apalagi sepupu-sepupumu ini rumah aslinya jauh-jauh lho," ujar Suho lagi, menasihati anaknya. "Nanti nyesel udah jengkel sama mereka. Giliran sudah pulang kerumah masing-masing, nangis dikamar. Nyesel memang diakhir, dek. Kalo diawal namanya pembukaan."

Sepupu « San-Umji ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang