Umji natap fokus layar laptop San yang memainkan film dengan asiknya. Dia nonton dengan posisi rebahan disebelah San yang nonton sambil duduk.
"Eh sumpah dah bisanya gak ketauan, deket banget anjir sama kakaknya," dumel Umji pas scene bagian si Bapak, si anak cewek, dan si anak cowok itu tidur dibawah meja, sementara si tokoh cewek anak orang kaya itu lagi main hp disofa dekat meja itu. "Kok bisa gak ketauan sih itu bajigur. Gemes."
"Kalo ketauan filmnya abis."
"Yeu, gak asik responnya." Umji kembali nontonin si film setelah mukul lengan San pelan. "Ini malah si pasangan orang kaya itu haduh."
Scene yang lagi mereka tonton adalah si pasangan orang kaya yang giliran tidur disofa itu. Sambil mantau si anak bungsu mereka yang main tenda-tendaan dihalaman depan. Si bapak, anak cewek, anak cowok yang penipu itu masih stay di bawah meja.
"Aaah, kok gini sih!"
Umji reflek nutup matanya waktu scene bagian si pasutri itu lagi ehem-ehem. Mana pake acara desah lagi anjay, Umji makin nutup matanya.
"Dibilangin gausah nonton malah ngeyel," kata San sambil terus nonton film itu.
Umji mendadak natap sepupunya itu horor. Kok bisa sih ada yang nonton bagian itu tanpa ngerasa takut atau risih kayak dia? Apa mungkin San adalah penggemar nonton begituan?
"Biasa nonton beginian ya? Makanya santai," cibir Umji sambil terus nutupin matanya pake tangannya. "Suaranya masih kedengeran. Kecilin."
"Diem dulu makanya," balas San. Tangannya narik earphone yang dipake sebelah sama sepupunya itu. "Makanya lepas earphonenya, dodol."
Umji nyengir pas San bilang begitu. "Hehe. Btw, udah ga?"
"Udah. Liat aja."
Pas Umji ngeliat lagi kearah laptop, scene berganti ke ketiga penipu itu lari-lari kerumahnya yang ternyata kebanjiran. Umji jadi mellow sendiri liat kondisi rumah mereka yang jadi berantakan karena banjir. Mana banjirnya tinggi lagi. Kalo Umji ada disana, bisa dipastikan dia bakal tenggelam.
"Kasian itu rumahnya," komentar Umji kesekian kalinya. "Banjir memang nyusahin ya. Ngeselin banget."
San ketawa waktu denger Umji ngomong begitu. "Untung disini gak sering banjir, ya?"
Umji ngangguk. "Untung daerah gunung. Kalo kita tinggal di daerah agak bawah, mungkin kena banjir kalo hujan deres."
San menengok ke jendela yang kordennya kebuka sedikit. "Diluar hujan tuh."
"Eh beneran?" Umji beranjak dari kasur dan ngeliat hujan yang mulai turun dari pintu balkon kamar San yang dia buka kordennya. "Deres pula. Semoga mama sama papa lancar jaya ke kerjaannya."
"Aamiin," sahut San. "Tapi Samarinda bukannya sering banjir, ya?"
Mata Umji membulat pas dengar San bilang begitu. "Ah iya!" Dia noleh kembali ke pintu balkon. "Jangan turun deres-deres di Samarinda ya, hujan. Kalo banjir disana, Mama sama Papa bakal kerepotan."
San ketawa lagi dan Umji kembali ke posisinya semula. Rebahan dikasur sepupunya sambil narik selimut tebel cowok itu. Dia gak peduli sama si film yang dimainkan lagi sama San setelah sebelumnya dipause sementara.
"Nonton sendiri aja sana. Ngantuk gue," jawab cewek berponi itu ketika San nanyain dia mau ikut nonton lagi atau enggak. "Jangan ganggu atau gue lempar pake sendal." Mumpung suasana mendukung, jadi dia milih lanjutin tidurnya dibanding nonton film.
Hujan deres, AC nyala, selimut tebel udah paket komplit buat tidur.
Bukannya takut, San malah ngacak rambut Umji sampe cewek itu nepis tangannya, buat berhenti. Setelah San diem, dia langsung tidur.
"Dasar kebo."
¤¤¤
San turun kebawah pas dia rasa sebentar lagi adzan Subuh. Dia minum dulu sebelum naik lagi keatas buat mandi dan wudhu terus pergi ke mushola dekat rumah.
Umji masih asik merajut mimpi sewaktu San keluar dari kamar mandi dengan kondisi badan seger dan tinggal ambil baju dilemari.
Iseng, San nyipratin air dari bak mandi ke muka sepupunya itu.
"Bangun, nyet," katanya dan dibalas lenguhan panjang sama cewek itu. "Kafir nih gak sholat."
"Apaan sih, belum adzan juga-Astagfirullah." Umji reflek istighfar saat dia liat San ngebangunin dia dengan kondisi gak pake baju. Cuma pae celana doang. Jadi si roti sobeknya keliatan. "Pake baju dulu sana. Gak sopan, bego."
San ketawa sewaktu ngeliat Umji nutup matanya lagi sambil dorong-dorong lengannya. Akhirnya dia menjauh dan milih buat ngambil baju dari lemarinya.
"Kalo diliat sama anak-anak kelas auto ambyar mereka," kata Umji yang sudah bangun sepenuhnya. Sekarang dia duduk dikasur sambil ngeliatin San make baju. Dia ngucek mata terus nguap kecil. "Untung gue bukan sobat ambyar."
"Halah lambe," balas San sambil ngancingin bajunya satu-satu.
"Beneran," kata Umji lagi sambil ngikat rambutnya pakai karet rambut dari kantong piyamanya. "Apalagi Remi tuh, auto mimisan dia kalo jadi gue."
San geleng-geleng kepala. "Dia kan punya cowok."
"Siapa tau cowoknya gak kayak lo? Dia bisa aja jelalatan kemana-mana," ujar Umji menggebu-gebu. Semangatnya berkobar-kobar kalo udah ngebahas Remi dan kawan-kawannya. "Cantik mah bebas."
"Iyain," sahut San seadanya. Dia buka pintu kamar dan noleh lagi ke Umji yang baru bangkit dari kasurnya. "Rapiin kasur gue. Lu yang make terakhir."
"Dih. Enak aj-"
Cklek. Pintu pun ditutup.
"Yeu, si dodol asal pergi aja," dumel Umji. Meski sambil misuh, dia tetap beresin kasur sepupunya dengan baik dan benar. Dia gak mau kamar sepupunya yang berantakan ini makin berantakan karena dia nyimpunin si kasur asal-asalan.
"Hah capeknya," monolog dia sambil rebahin diri lagi keatas kasur yang sudah rapi. Kebiasaannya memang begitu, nanti dia harus rapiin lagi. "Dingin pula. Enaknya tidur ini hhng."
Teringat omelan Mamanya waktu dia sengaja nggak sholat, cewek itu milih buat maksa bangkit dari rebahannya dan pergi ke kamar mandi San. Selesai wudhu dia keluar buat ambil mukena dan balik lagi sholat di kamar San. Siapa tau Somi masih tidur jadi dia gamau ganggu sepupunya itu dengan sholat dikamarnya. Soalnya adek cerewetnya itu lagi gak sholat.
Baru kaki Umji keluar dari kamar San, sebuah suara mengintrupsi dia sampe kakinya berhenti ngelangkah.
"Loh Kak Umji? Kakak kok keluar dari sana?"
KAMU SEDANG MEMBACA
Sepupu « San-Umji ✔
Fanfiction[AU, COMPLETE] "bisa gila gue punya sepupu gak waras kayak lo!"- Yumna Jihan (18) "gila sih gila aja gausah ngajak-ngajak."- Ikhsan Malik (17) tentang umji yang harus berhadapan dengan sepupunya, san. ft. 98&99 liner ¤28042020- publish: 11052020