Prabu

48 6 0
                                    

Gak sabar banget untuk memulai kehidupan baru gue sebagai mahasiswa di kampus impian! Abis daftar ulang, gue, mami, sama papi ke Jatinangor lagi buat ada penyuluhan dan open house. Di situ kita di kasih tau banyak hal tentang kampus, jurusan, mata kuliah, prospek kerja, kehidupan mahasiswa, jatinangor, dan lain-lain termasuk apa aja yang harus dilakukan oleh mahasiswa baru ketika masuk ke Unpad. Tahap pertama kita ada ospek tingkat universitas yang namanya Prabu Unpad (Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Padjadjaran) berlangsung selama 3 hari. Kelompok Prabu nanti akan disesuaikan dengan nomor daftar ulang gitu deh, nanti dihubungi lagi sama kakak-kakak panitianya. Abis Prabu, kita bakal ada ospek tingkat fakultas. Kalo di Fakultas Ilmu Komunikasi gue ini namanya Eksplorasi. Ospek ini berlangsung selama sebulan, yaitu 2 hari setelah Prabu dan sisanya setiap Sabtu dan hari belajar, dua kali seminggu, jadwal fixnya nanti dikasih tau lagi sama panitianya. Nah, setelah ospek fakultas, nanti ada ospek jurusan. Kalo ospek jurusan itu sampe akhir semester. Ini agak gila sih kalo gue liat-liat. Ospek mulu gak kelar-kelar anjir. Terus kalo mau masuk organisasi juga ada ospeknya lagi. Haduh, astaga. Rasanya pengen jadi kupu-kupu aja, kuliah pulang kuliah pulang, tapi gak seru karena sekarang kan gue ngekos. Gak mau menghabiskan waktu di kosan meskipun kosan gue nyaman-nyaman aja. Gak tau lah, liat nanti aja~

Mami nemenin gue seminggu di sini WKWK. Jadi papi di Jakarta sendirian. Paling di rumah Om Anto atau di rumah sodaranya yang lain. Dia mana mau sendirian di rumah hoho. Mami seminggu di sini supaya gue bisa belajar beradaptasi pelan-pelan. Dia bawa kasur lipat dari rumah buat dia tidur karena kasurnya kecil jadi gak muat berdua.

Hari pertama, kita disuruh di Kampus jam 6 pagi. Jadi sekarang jam 4 kita udah grabak-grubuk di kamar. Beruntung, ternyata setengah dari penghuni kosan ini adalah maba. Jadi gue punya banyak temen di sini. Kita berangkat bareng ke Unpad naik Grab Car. Bener-bener deh! Masih muka bantal, deg-degan, takut, semua campur aduk! Gue kelompok warna biru, kelompok 2. Setiap kelompok itu kira-kira ada 500 orang. Kalo gak salah ada 7 kelompok karena maba tahun ini lebih dari 3000 orang. Selain name tag nama dan warna kelompok, kita juga disuruh pake pita warna. Warna hijau untuk kondisi kesehatan stabil, warna kuning untuk kondisi kesehatan kurang baik, dan warna merah untuk kondisi kesehatan buruk atau memiliki riwayat penyakit. Karena gue darah rendah komplit dengan beberapa alergi, jadi gue pake pita merah. Bagi yang pake pita merah, barisannya ada di paling belakang dari mahasiswa-mahasiswa lain di kelompoknya. Gue gak tau apa-apaan, jadi ikut aja yang disuruh sama panitianya.

Pagi-pagi buta, ternyata kita disuruh jalan ke lapangan Gor Jati. Semua kegiatan Prabu nanti ada di sana. Untung gak begitu jauh dari gerbang BNI. Untung juga masih pagi, masih seger, belum panas, jadi gue bisa ikutan. Di sana, kita disuruh duduk pake perlengkapan ospek yang disuruh bawa, yaitu kursi goyang. Kursi goyang itu semacam karton putih yang dilapisin kertas mika atau plastik buat kita duduk. Itu yang akan menjadi tempat duduk kita sepanjang Prabu. Di sini berbagai kegiatan dilaksanakan. Gue kenalan sama temen-temen baru dan juga teteh-teteh dan akang-akang fasilitator. Mereka seru-seru semua sih. Gue nyari yang cakep ae HAHA! Ada sih beberapa di kelompok gue yang menarik mata, tapi karena terlalu banyak orang jadi gak tau namanya siapa aja.  Mata gue terfokus ke satu orang, gue gak tau namanya siapa karena dia lumayan jauh dan kayaknya suka menyendiri. Dia pake jaket dan pita merah juga sama kayak gue, artinya kesehatan dia juga lagi gak baik atau memiliki riwayat penyakit. Hmm, penasaran!

Hari pertama berjalan dengan aman dan lancar. Emang sih gue balik ke kosan sekitar jam 4-an, but it's okay. Hari pertama ini kegiatannya asik-asik. Gak kayak apa yang gue bayangin tentang ospek-ospekan haha. Gak ada yang aneh-aneh. Semuanya malah mengedukasi. Gue pulang naik Gojek ke kosan. Untung masih ada mami. Jadi pulang-pulang udah ada makanan. Harus siap-siap nih gue kalo sampe rumah harus masak dan rapih-rapih lagi huhu sedih. Gue cerita sama mami tentang hari ini. Gak lupa juga sama video call sama papi sampe malem. Bener kan dia di rumah Om Anto haha. Dia gak bisa sendirian di rumah meksipun ada ART.

Arteri dan VenaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang