Hari Selasa adalah rangkaian kedua gue di SFR 101. Gue udah lega karena tugasnya udah diselesain lebih dulu daripada deadlinenya. Sampe gue masih kena masalah juga, gue harus cari tau lebih lanjut sih. Kalo sampe ke tahap yang parah mungkin gue bakal lapor kaprodi atau dekan? Hahaha. Gak deng, gue gak seberani itu. Masalah kayak gini harusnya bisa diselesaikan dengan kekeluargaan. Yah... kalo emang bener ini karena Hanif.
Semua masih berjalan lancar-lancar aja di hari Selasa. Hari ini masih workshop tentang pertelevisian. Gue enjoy ikutin rangkaian sampe selesai. Seperti biasa, di penghujung rangkaian selalu ada eval yang mengevaluasi rangkaian hari ini dan juga ngasih tugas baru untuk rangkaian selanjutnya. Gue masih gak ngerti kenapa para eval suka banget berdiri di samping gue seakan mencari-cari celah kesalahan gue padahal barisan gue ada di tengah, bukan di pinggir atau paling depan dan paling belakang.
"Saya apresiasi hari ini rangkaian berjalan lancar. Gak ada yang main hp, gak ada yang ngobrol, dan gak ada yang rusuh. Tapi masih ada beberapa orang dari kalian yang datengnya telat dan gak ada izin sama KP! Ada di antara kalian yang name tag-nya belum dipasang pas masuk barisan! Bahkan ada beberapa yang gak becus ngerjain tugas kemarin! Ada yang menipu kita dengan mengirimkan kurang dari 800 kata! Ada yang telat ngumpulin! Bahkan ada yang ngirim pake email orang! Kalian tuh niat gak sih ikut rangkaian!" Haduhhh, mampus. Semoga gak ada nama gue di antara apa yang mereka bilang.
"Saya mau memberikan tugas selanjutnya kepada kalian untuk rangkaian selanjutnya. Tulis 1 acara televisi favorit kalian dan analisis kenapa acara tersebut bisa menjadi acara favorit kalian. Format sama seperti kemarin, tapi cuma dibuat 500 kata. Untuk nomor SFR yang saya sebutkan, tulis 2 acara televisi favorit kalian dan buat menjadi 800 kata. Nomor SFR 011, 026, 059, 067, dan 082. Silakan catet dan ingatkan temannya masing-masing." HUFFTTTTT!!! BERUNTUNG BANGET GUE GAK DISEBUT! OKE, berarti gue gak boleh nething lagi sama Hanif ataupun keronco-keronconya.
"---khusus nomor SFR 084, karena sudah melakukan kesalahan 2 rangkaian berturut-turut, tulis 3 acara televisi favorit dan buat menjadi 1200 kata. Tidak ada pertanyaan atau pengulangan. Terima kasih. Selamat malam." FUUUUUUUUCCCCCKKKKKKKKKKKK! THAT'S MY NUMBERRRR! ANJING KENAPA SIH INI ASTAGA EMOSI BANGETTTT!
Teh Jasmine dan panitia evalnya kembali ke dalam gedung. Anak acara kembali mencairkan suasana dan meminta para KP memandu anak-anaknya sebelum pulang. Gue mau protes sihhhh sama Teh Fildza. Kenapa gue bisa dapet masalah lagi, tapi gue gak tau masalah apaan! Mana rangkaian selanjutnya hari Kamis! GILA BANGET!
"Vena--"
"TEH FILDZA! KENAPA TIBA-TIBA NOMOR AKU DISEBUT MULU SIH?! AKU TUH UDAH KIRIM EMAIL HARI MINGGU PAGI YA! GAK TELAT! LEBIH DARI 2000 KATA!"
"Sabar, Ven, sabar...." Yang lain ikut tenangin gue, tapi gue gak bisa tenang sebelum gue tau alesannya kenapa!
"Iya, Vena. Nanti aku tanya lagi kalo menurut kamu gak melakukan kesalahan. Udah dicek lagi emailnya bener?" Wait.... Gue ngerjain di laptop Arteri kan ya.... Oh shit, wait....
"Harusnya bener sih, Teh.... Tapi meskipun kalo emailnya bukan email pribadi kita, tapi kan nama file, subjek email, dan lain-lain itu jelas! Aku bener kok nama filenya! Terkirim tulisannya! Kenapa email jadi penting banget? Kan yang penting tugasnya!"
"Nanti aku tanya lagi ya, Ven sama evalnya. Jadi pembelajaran aja buat kamu kalo lain kali pake email sendiri." AH ELAH! GAK PENTING BANGET!! Gue udah bener-bener beteeeeee banget! Masalahnya di kelompok ini cuma gue doang yang bermasalah. Yang lainnya aman-aman aja.
Gue pulang udah bete bangettt! Di kosan gue langsung telpon Arteri dan suruh Arteri cek emailnya. Ternyata bener kemarin gue ngirim pake email Arteri. TAPI HARUSNYA GAK MASALAH GAK SIH?! KOK EMAIL AJA DIPERMASALAHIN DAH! ANEH BANGET! Abis deh malem ini Arteri kena semprot gue padahal dia yang udah nolongin gue. Gue mau minta dia tolongin gue lagi buat tugas selanjutnya, tapi katanya dia lagi sibuk banget. Dia bisa bantuin, tapi gak semua karena besok dia ada rangkaian. AAHHHHH KESELLL!
Akhirnya gue bikin sendiri deh tuh 3 acara televisi favorit 1200 kata! Arteri cuma bantuin tambahin kalimatnya aja biar jadi 1200. Tengah malem kita telponan buat ini doang. Gue ngumpulinnya mentok deadline, tapi gak mentok banget. Gue sampe screenshot semua unsurnya, mulai dari jumlah kata, format penulisan, dan pengiriman email, sampe semuanya lah pokoknya! Awas aja kalo ini sampe jadi masalah lagi!
Di hari Kamis, gue udah menyiapkan mental gue kalo gue kena masalah lagi. Mumpung hari Sabtu Minggu mami papi ke Nangor, jadi gue bisa melampiaskan sama mereka. Hari ini masih tentang televisi, tapi lebih menjurus ke kamera. Jadi selama rangkaian beberapa minggu ke depan, kita bahas tentang pertelevisian dengan berbagai jobdesknya satu-satu, lalu tugas terakhir sebelum pindah ke film adalah membuat acara televisi dari 2 kelompok gabungan.
Hari ini masih baik-baik aja sampe pas panitia eval masuk. Seperti biasa ada aja orang yang berdiri di sebelah gue dengan tatapan mata yang judging dan sinis. Seperti biasa juga mereka mencari celah-celah masalah dari kita. Ketika pembacaan tugas selanjutnya, ini yang paling gue tunggu-tunggu. Tangan gue udah mengenggam gitu saking keselnya meskipun belum diumumin.
"Tugas selanjutnya adalah menganalisis shot type dan camera movement apa saja dalam 1 episode dari acara televisi favorit yang kemarin kalian tulis. Sesuai dengan jumlah acara yang kalian tulis kemarin. Tugas tambahan untuk SFR nomor 003, 007, dan 078 menambah analisis 1 episode lagi dari acara televisi favorit. Dikumpulkan H-1 sebelum rangkaian berikutnya. Format seperti biasa dikirim lewat email." Di situ gak ada nama gue, finally. Tapi apakah maksud mereka sesuai dengan jumlah acara yang ditulis kemarin, artinya gue tetep nulis 1 episode dari 3 acara televisi favorit dong?! KOK GITU?!
Ketika kita kumpul sama para KP, gue protes lagi sama Teh Fildza. Kasian dia gue protes mulu HAHA!
"TEH! Aku mau nanya ya. Ini katanya sesuai dengan jumlah acara kemarin, berarti aku 3 acara dong?! Berarti aku nulis 3 episode dari 3 acara berbeda dong!"
"Kalo kata eval kayak gitu, berarti bener."
"TAPI GAK ADIL DONG! INI AKU SAMA AJA KAYAK DIHUKUM LAGI GAK SIH?! AKU KAN BEBAS DARI HUKUMAN DI RANGKAIAN INI! YANG DIHUKUM RANGKAIAN INI AJA CUMA 2 EPISODE KOK! KOK AKU 3 EPISODE?! ITU EPISODE LOH, TEH! MANTENGIN TV SATU JAM! BERARTI 3 JAM AKU ANALISIS!"
"Sabar, Vena, sabarrr! Jangan marahin Teh Fildza, kan dia juga gak tau."
"Gue gak marahin Teh Fildza anjir! Maksudnya kayak... kok gak adil gitu sih?"
"Kan ada yang nulis 2 acara juga kemarin, Ven."
"IYA ITU DUA ACARA! GUE TIGA! Ih gak adil bangetttt!"
"Ya udah gini aja, Vena. Aku juga gak ikut andil apapun ya dalam pemberian tugas. Kalo menurut kamu itu berat dan gak adil, coba kamu minta keringanan sama eval. Aku temenin." AH ELAHHHHH! MALES BANGETTTT!
"Aku pernah buat masalah apa sih, Teh...." Lemes....
"Eh, enggak kok! Kamu jangan terlalu dipikirin gitu. Ini cuma tugas aja kok. Jangan gitu. Ayo, semangat!"
"Iya, Ven. Yuk bisa yuk!" BISA GILA!
"Ya udah iya aku kerjain aja, Teh." Akhirnya cuma bisa pasrah.
Sama kayak malam kemarin, gue cuma bisa cerita sama Arteri lewat telpon. Kita belum bisa ketemu langsung. Gak papa, ini udah healing banget buat gue. Mendengar suara dan nasehat Arteri buat gue lebih tenang. Gue masih belum bisa menyalahkan siapapun atau berpikiran negatif kepada siapapun ketika ini emang ada kesalahan gue di sana. Yang gue bingung adalah, emang harus gini banget ya? Gue kayak merasa gak adil aja gitu, tapi ya mau gimana lagi? Gak ada yang bisa gue lakuin selain turutin biar masalahnya gak semakin parah.
Untung aja rangkaian selanjutnya hari Senin, jadi gue punya banyak waktu buat ngerjain tugasnya. Sabtu Minggu mami papi jadi ke Nangor. Gue nyuruh mereka buat bantuin gue kerjain tugas ini sebelum jalan-jalan haha. Mereka nanyain kabar dan hubungan gue sama Arteri, gue bilang kita baik-baik aja, tapi kayaknya bakal jarang ketemu karena sibuk ospek. Gue cerita soal kecurigaan sama Hanif, tapi mereka bilang gue gak boleh menuduh siapapun ketika gue juga melakukan kesalahan pada diri gue sendiri. Jadi daripada gue makin overthink nyari bukti ini gara-gara Hanif atau bukan, mendingan gue perbaikin diri gue sendiri dan menuruti apa yang disuruh.
KAMU SEDANG MEMBACA
Arteri dan Vena
RomanceKisah dua sejoli dengan latar belakang yang sangat bertolak belakang, akhirnya dipertemukan meski dalam kerumitan. "I bounded with you like arteries and venas. We have to work together for life." Arteri dan Vena bertugas untuk membawa darah, bukan r...