40. Masih

43.6K 5.6K 368
                                    

Anye yang sedang menyusun berkas di ruang tengah menoleh saat Ara masuk ke dalam rumah. Remajanya itu berjalan dengan cepat melewatinya, langsung naik menuju kamarnya di lantai atas. Anye mengernyit karena biasanya Ara akan menyapanya dahulu tiap pulang sekolah.

"Ara?"

Panggilan Anye tidak diindahkan sama sekali. Sejenak kemudian, Anye terkesiap karena mendengar suara pintu yang ditutup keras. Segera Anye letakkan berkas-berkas pekerjaannya dan langsung naik ke kamar Ara.

"Kak? Kamu nggak apa-apa? Kak Ara."

Anye mengetuk pintu kamar Ara beberapa kali. Tidak mendengar jawaban dari putrinya membuat Anye sedikit panik.

"Ara?"

Ketukan Anye menjadi lebih keras. Dia kemudian mencoba membuka pintu. Untunglah pintu kamar Ara ternyata tidak dikunci.

"Kak? Kamu kenapa?"

Anye mendekati Ara yang meringkuk di kasur. Ara memeluk bantal yang turut menutup wajahnya. Bahu Ara bergetar pelan.

"Kamu nangis? Kenapa, Kak? Barusan main sama teman-teman kok malah nangis? Berantem?" tanya Anye sambil mengusap pundak Ara pelan.

Ara yang terisak di balik bantal menggeleng.

"Cerita dong sama mama. Siapa tahu mama bisa bantu. Nanti kalau emang ada masalah sama teman Ara biar mama bantu omongin juga."

Ara kembali menggeleng. Dia menyingkirkan bantal dan beranjak duduk. Anye tersenyum tipis melihat wajah Ara yang sudah memerah.

"Siapa yang bikin anak mama nangis? Mama habis ini harus ke kantor. Kalau Ara masih belum cerita nanti mama nggak tenang kerjanya."

Anye merapikan rambut Ara dan mengusap air matanya. Ara yang mulai berhenti terisak balas menatap mamanya nanar.

"Mama tahu?" tanya Ara dengan suara bergetar.

"Tahu apa?"

"Tadi Ara... Papa tuh nikah lagi, ya?"

Anye terdiam. Air mukanya berubah menjadi raut tidak suka.

"Kamu nemuin papa? Kan mama udah bilang..."

"Ara nggak sengaja ketemu! Tadi Ara sama teman-teman ke mall, terus Ara lihat papa di sana. Papa... Papa sama anak perempuan lagi belanja. Mama nggak pernah bilang kalau papa udah nikah lagi dan udah punya anak."

Anye menelan ludah. Arsen sudah punya anak lagi?

"Mama juga nggak tahu, Kak. Mama sama papa kan udah nggak lama nggak kontakan. Kamu juga udah janji kan minta pindah ke sini niatnya buat apa. Udahlah, urusan kayak gitu nggak usah kamu pikirin."

"Kayak gitu? Itu papa aku, Ma! Salah kalau nyariin atau kangen sama papa?"

"Tapi papa kamu aja nggak nyariin kamu, kan? Kak, mama nggak suka kamu sampai nangis gini gara-gara orang yang bahkan nggak mikirin kamu."

Ara memeluk lututnya, meletakkan wajah di lutut dan kembali terisak.

"Mama tahu ini pasti kejadian, makanya dulu mama nolak tawaran kerjaan di sini. Kamu jangan gini, Kak."

Ara melirik Anye kesal.

"Tapi kan papa tetap papanya Ara."

Anye menghela nafas.

"Papa kamu tadi ngomong sesuatu ke kamu?"

Ara menggeleng pelan.

"Papa... Papa manggil Ara, tapi Ara pergi."

"Kenapa kamu pergi gitu aja?"

Ara menggeleng.

"Nggak tahu, Ara takut ganggu papa sama anaknya."

Fam-ilyTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang