Bayu kembali melihat tumpukan uang teronggok dibawah bantal ketika pulang pagi dari berjudi di rumah temannya. Itulah uang hasil selingkuhan Lintang dengan gendruwo.
Tapi Bayu gak terlalu kepikiran apakah itu uang halal atau haram yang penting ia bisa makai gak diomelin Lintang."Duitnya Abang pakai ya dik." kata Bayu ketika mengambil duit itu didepan mata Lintang.
"Ya pakai aja, kan duit Abang. Yang penting kebutuhan saya sama anak udah cukup."
"Puput jadi masuk ke pondok mah?"
"Puput gak mau. Katanya gak mau jauh dari mamanya."Bagaimana Puput mau ke pondok ntar tiap hari ngaji, pasti dia takut dengerin ayat- ayat Allah. Gumam Bayu dalam hati. Ia sudah tak begitu mikir soal Puput tuh mau jadi manusia biasa yang normal atau ikut sama ajaran gendruwo. Toh Bayu sekarang sudah punya gebetan baru yang jauh dari godaan gendruwo.
"Mama mau berangkat ke toko nggak, mumpung papa mau pergi nih sekalian bareng."
"Gak usah lah mas, ntar pakai taxi aja kalau mas Bayu buruan." kata Lintang. Good! Batin Bayu yang paling suka kalau Lintang gak kolokan kek pengantin baru. Usai bawa duit 3 gepok ratusan ribu dimasukin jaket, Bayu ambil kontak mobil trus pergi.
"Saya pergi dulu mah" kata Bayu sambil mencium kening istrinya.
***
Di rumah gebetan Bayu yang jauh lebih cantik dari istrinya tentu saja Bayu disambut kek pangeran. Mana dia Dateng bawa mobil Lexus terbaru dan bawa duit ratusan juta. Duit setan dimakan demit. Pikir Bayu yang suka hura- hura di club' malam dan booking purel ABG yang cuantik banget.
"Ati- ati sama juragan daun pisang!!" teriak Gendon yang ikutan makan steak traktiran Bayu.
"Gak usah bacot kek gitu. Nih duit mah bukan nyolong. Gue minta terus terang sama bini gue" kata Bayu sambil ngunjukin segepok merah yang masih asli, kertas cetakan Peruri.
"Wow!!"
Vina yang lagi sepi main film tv tentu bisa ketawa dideket Bayu yang royal bagi- bagi hadiah.
"Omong- omong rumah loe dimana sih mas, gue jadi kepo nih pengin diselingkuhin gendruwo kaya." kata Vina sambil minum miras klas chevaz.
"Mending diselingkuhin gendruwo kawe yang enih. Gak ada resikonya neng" kata Gendon sambil nyolek kepala Bayu.
Vina dan Esti udah penasaran banget kalo diceritain temannya tentang Bayu yang gak perlu kerja bisa dapet duit dari istrinya sampai ratusan juta tiap bulan. Itu aja bininya bodoh hingga gak ceraiin aja si Bayu, Kalau Vina yang dapet duit dari Gendruwo, wow .. bisa borong brondong pasti.
Bayu udah minum, makan enak dan tidur sama purel ABG Gonta- ganti selama dua Minggu gak dicari bininya. Enak banget si Bayu. Pikir Vina. Purel- purel itu tahunya cuma cari pengasihan dari dukun biar laris di club. Itu juga cari duit recehan buat kredit motor. Orang- orang kampung sih najis mikirin nasib Bayu yang jauh dari Tuhan. Tapi bagi pendosa kek purel sama maling, tentu pada jealous bisa diselingkuhin gendruwo.
Paginya Devina dan Esti pergi ke kampung Bayu pura- pura mau lihat bekas istana kuno itu. Karena yang viral di medsos kan pohon beringin yang tumbuh besar dipinggir Beteng.Siapa tahu ia punya milik bisa ketemu gendruwo pelakor Bayu.
Vina yang biasa kerumah Mbah Sono yang pinter kasih pelet sama pengasihan sudah biasa bawa bekal duit sama minyak nyong2. Naik taxi udah diturunin lokasi yang ternyata rame dikunjungi orang wisata. Tapi dilihat Vina para wisatawan gak ada yang ganteng kek yang di tulis di medsos.Sampai sore udah mondar- mandir di lokasi sampai berasa pipis nyari toilet umum, Vina sama Esti belum ketemu gendruwo. Sialan bener.
Malah pas di toilet diikuti cowok imut pengin kenalan sama Devina."Hai..mbak cantik,"
"Hai juga. Sekolah dimana dik?" tanya Devina.
"Udah gak sekolah kak"
"Kok gini hari main kemari.?"
"Kan Deket rumah."
"Emang rumahnya dimana?" kepo Vina.
"Kenalin dulu dong, saya Jody. Mbak siapa?"
"Gue Devina dari Jogya"
"Ke rumah Jody yuk"
Devina sudah tiap hari liat orang ganteng dan ngerayu sanjung dia cantik dan bla 3X. Tapi entah gimana hari ini ia seperti kena sihir jadi ngikut aja ajakan brondong Jody.Senangnya masuk rumah Jody yang ternyata orang kaya. Rumah besar kek gitu cuma ada di film tv soalnya sewain di komplek perumahan elit.Perabot yang serba mewah terlihat indah dan megah Dimata Devina.
Jody langsung mengajak Devina duduk di ruang tamu nan mewah dan luas itu . Devina jadi minder dan gak enak saja pakai celana jean robek takut ortu Jody orang ningrat kan dianggap gak sopan.
"Kak Vina cantik deh"
"Loe juga ganteng. Nyokap loe pergi ya?"
"Di luar negri."
Wow anak orang kaya nih. Gumam Devina dalam hati. Pastinya ini lebih kakap dari Gendruwo. Tapi Devina merasa tidak enak karena Esti tidak ikut masuk ke dalam rumah.
"Teman gue tadi kemana ya Jod?"
"Masih diluar kali"
"Suruh masuk gih, ntar gue pulang sama siapa?"
"Ntar gue Anyer sampe rumah mbak di Jogya"
"Tapi temen gue takut nyari- nyari. Habis dia pergi juga sama gue."
"Yaudah loe keluar dulu cari teman loe. Ntar malem gue main ke rumah loe ya"