Saki melaju lurus ke depan dengan ekspresi sedikit gugup. Itu bukan mobil kompak biasanya – dia menyewa minivan. Dia telah berlatih dengannya selama beberapa hari, namun mengendarainya masih sedikit menantang dibandingkan dengan mobil biasanya.
“Saki, kamu baik-baik saja?”
"Saya baik-baik saja. Berkat Yuma-sama, saya sudah berlatih, jadi saya sudah terbiasa dengan lebar mobil. Tapi mau tak mau aku khawatir tentang kemungkinan kecelakaan…”
"Jangan khawatir. Saya beruntung.”
“Aku hanya akan memastikan untuk tidak menabrak apa pun…”
Aku melirik ke kursi belakang. Zahi dengan senang hati menyantap camilan bersama Mii-chan, sementara Ryoka dan Charis-san mengobrol riang. Lii-chan tertidur di samping Mii-chan.
Ya, semua orang sepertinya bersenang-senang.
Sudah beberapa hari sejak awal tahun baru, dan ini adalah perjalanan terakhir sebelum anak-anak lahir. Saki sedang berkendara menuju Minamiboso, dan tujuan pertama mereka adalah Kuil Konomatsu.
Iklan
Setelah berkendara di jalan pegunungan yang berkelok-kelok selama beberapa puluh menit, mereka sampai di sebuah kuil dengan suasana yang benar-benar bersejarah.
“Ah, kita sudah sampai…”
Saki menghela nafas dalam-dalam di kursi pengemudi. Mungkin aku harus membeli minuman…
“Luar biasa… Alamnya kaya sekali, energinya melimpah”, seru Zahi gembira sambil melihat sekeliling.
“Oh, tentu saja”, Charis-san menambahkan. “Itu adalah kuil yang sangat besar.”
“Di musim gugur, dedaunannya seharusnya terlihat menakjubkan”, kata Zahi. “Dengan pohon maple dan ginkgo, akan lebih indah lagi jika kita datang lebih awal.”
Zahi memang orang yang mencintai alam. Dia dapat mengidentifikasi spesies pohon hanya dengan melihatnya.
“Baiklah, ayo masuk ke dalam”, kata Charis-san, memimpin, dan semua orang mengikutinya. Saya berjalan di samping Charis-san, menerima berbagai instruksi tentang cara memberi hormat.
“Pertama, membungkuklah dengan tangan rapat di gerbang utama”, kata Charis-san, mendemonstrasikannya dengan melipat tangan di depan dada dan membungkuk sedikit. Aku mengikutinya, membungkuk dengan tangan terkatup.
“Kamu bisa masuk tanpa menginjak ambang pintu. Laki-laki boleh masuk dengan kaki kiri, perempuan dengan kaki kanan, tapi Anda tidak perlu khawatir.”
Yang lain juga meniru Charis-san dan aku, membungkuk dengan tangan rapat dan memasuki gerbang. Sungguh bermanfaat memiliki seseorang yang mengetahui adat istiadat ini.
“Wadah airnya sama seperti di kuil. Cuci tangan kiri, tangan kanan, mulut, tangan kiri, lalu gagang sendok.”
Charis-san melakukan ritual pembersihan dengan gerakan yang mengalir. Saya cukup terkesan. Saya mencoba meniru gerakannya. Saya sadar saya lupa mengeluarkan sapu tangan setelah selesai mencuci.
“Yuma-sama.”
Ryoka dengan cepat memberiku sapu tangan. Saya mengucapkan terima kasih dan menerimanya. Agak memalukan.
“Ini sulit… Airnya dingin…”
Anehnya, Lii-chan kesulitan. Mii-chan menyelesaikannya dengan cepat, jauh lebih efisien dari yang kukira. Dia cukup terampil.
Setelah semua orang selesai membersihkan tangan, kami siap menuju ke aula utama.
“Setelah kamu memberikan persembahanmu, bersujudlah dengan kedua tanganmu rapat, lalu ucapkan permohonanmu, dan bersujudlah lagi. Berbeda dengan di kuil, bertepuk tangan tidak perlu dilakukan.”
KAMU SEDANG MEMBACA
Dunia gender terbalik juga spesies yang berbeda dapat berkembang biak.
FantasyPenerbit: Syosetsu Dunia dimana pandemi yang disebabkan oleh virus yang tidak diketahui pada tahun 1910 membunuh semua pria di dunia. Pada tahun 2023, rasio populasi Jepang adalah dua laki-laki berbanding delapan perempuan - di dunia di mana laki-l...