Pelajaran Soal Hati

6.9K 1.5K 132
                                    


"Maak! Ada orang minta sumbangan!" jerit Dimas.

Di belakang Dimas, ada cowok jangkung hitam manis mengikutinya masuk ke ruang makan.

"TANTE RARAA, OM BAGAS!" Gilang langsung peluk-peluk emak bapak Dika, dengan tak tahu dirinya.

"Ehhh, anakku yang satu lagi dateng! Buru ambil piring di dapur gih!" Tante Rara langsung menyuruh Gilang self service.

"Siaap!" Gilang berlalu ke dapur sambil cengengesan.

Nanda bengong melihat kelakuan Gilang yang main masuk-masuk saja berasa rumahnya sendiri.

Segini akrabnya ya, Dika sama Gilang ternyata.

Nanda belum tahu saja Dika kalau berkunjung ke rumah Gilang kayak apa kelakuannya; sebelas dua belas.

Sore itu Gilang menyusul kumpul di rumah Dika, setelah dikabari ada makaroni skotel. Tadinya Dika menyuruh Gilang ajak Gita sekalian, tapi Gilang nggak berani, malahan katanya mau curhat soal Gita ke Nanda.

Begitu Gilang duduk di meja makan, Tante Rara menyendokkan makaroni skotelnya banyak-banyak ke piring Gilang.

"Gegem mana, kok gak diajak?"

"Oohh, ada tugas kelompok Tante! Salam aja katanya! Bungkus boleh!"

"Yeuu, maneh kali yang pengin bungkus!" Dika nyorakin.

Gilang pun monyongin bibir, menghadiahi kiss bye jarak jauh untuk Dika. Lalu tersenyum semanis madu untuk Tante Rara.

"Makasih tante cantiiik!" ujar Gilang manja.

"Sama-sama cah baguus!"

"Mak, jangan banyak-banyak dikasihnya, ih! Keenakan!" Dika protes.

"Mak, Dimas mau nambah!" Dimas sodok-sodok piringnya ke arah emaknya.

"Ya ampun Mas Dika, kan masih sepanci gede sono abisin! Gilang 'kan gak cukup kalo dikit, abis ini juga makan nasi lagi, ya to?" Tante Rara bertanya pada Gilang seraya menambahkan skotel ke piring si bungsu.

Gilang yang lagi asyik mengunyah, hampir keselek dengar bakalan dikasih nasi lagi. "Ya boleh kalo masih ada nasi!"

Bapaknya Dika ngakak kencang dengar jawaban jujur Gilang. "Ya ampun Le, nyenengke banget kamu Le urusan maem, dari jaman piyik dulu gak pernah milih-milih! Dika kok angel banget maem jaman cilik yo, Dek?" Om Bagas menoleh pada istrinya, mengingat-ingat masa kecil Dika dulu yang susah makan.

(Ya ampun Nak, kamu menyenangkan sekali urusan makan, dari kecil nggak pernah pilih-pilih! Dika kok dulu susah makan waktu kecil ya, Dek?)

"Iyo Mas, jan angel tenan maem! Saiki wes mendingan lah!" Tante Rara nyengir ke arah anak sulungnya.

(Iya Mas, benar-benar susah makan! Sekarang sudah lebih baik lah)

Ia lalu memerhatikan Nanda yang mematung, belum juga melanjutkan makan.

"Nanda, dimakan sayang! Kok bengong aja? Apa kurang asin skotelnya?" Tante Rara bertanya khawatir pada Nanda.

Nanda langsung menelan ludah. Skotelnya luar biasa enak sebenarnya, cuma Nanda gumon melihat orang tuanya Dika yang unyu banget ngobrolin anak-anaknya dan anak tetangga. Orang tua Nanda jarang di rumah, jadi boro-boro ngobrolin anak tetangga, anak sendiri saja lupa.

"Ya ampun, nggak kok tante ini udah enak banget! Aku cuma kesengsem aja lihat tante cantik banget kalo lagi ketawa!" jawab Nanda.

Jago bener ngalusnya.

Say My NameTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang