STORY COMATE

8 0 0
                                    

STORY COMATE
DEVINA ISTIAZAH

Pertama-tama gue mau cerita tentang awal mula gue suka dengan CJR. Sebenarnya sih gue pertama tuh suka sama Coboy Junior, waktu dulu gue nggak tahu Coboy Junior tuh apa dan siapa. Jujur, Coboy Junior kan lagi booming-nya tahun 2011, nah di tahun itu gue masih kelas 3 SD. Tahulah zaman SD dulu belum ada yang punya smartphone dan pemikirannya masih kayak gitu, seperti gue. *Hihi. Dulu Ibu gue punya lagu-lagu Coboy Junior di smartphone-nya, salah satu yang paling gue suka tuh judulnya ‘Kamu’. Entah kenapa gue suka saja dengan lagu itu, tapi waktu itu gue belum suka sama Coboy Junior. Aneh kan gue. *Wkwk. Dulu tuh gue bilang, “Oh ini lagu Coboy Junior, bagus.”
Nah saat di tahun 2013 kayaknya, waktu itu gue kelas 5 SD. Kan ada tetangga yang baru pindah, semenjak itu kan gue main bareng dia terus. Nah saat beberapa hari kayaknya, dia tuh nanya ke gue, “Dev, lo tahu Coboy Junior enggak?” di situ gue diam saja. Dia bicara lagi, “Keren-keren tahu, apalagi Kak Iqbaal!” Dia kayak setengah jerit, dan gue cuma kayak, “Ooh..” seraya manggut-manggut. Semenjak itu entah kenapa gue mulai kepo dengan Coboy Junior. Waktu itu di TV ada berita selebrity, beritanya tentang Coboy Junior, sudah deh gue tonton saja.
Bulan-bulan betikutnya entah kenapa gue semakin suka dengan Coboy Junior. Gue tuh sedih waktu ada kabar bahwa Bastian memutuskan untuk keluar dari Coboy Junior. Ah rasanyaa.. Kenapa coba harus gitu, tapi nggak apa-apa sih, itu hak dia. Semenjak itu Coboy Junior berganti nama menjadi CJR, nah di situ gue harus tetap support mereka walau tinggal bertiga.
Gue tuh waktu dulu, kalau melihat kabar CJR cuma di TV mulu. Jadi gue sering ketinggalan berita mereka. Soalnya dulu gue belum tahu cara main internet maupun socmed. Paling kalau main HP cuma untuk main game atau sms-an. Intinya gitu, ah sedih.
Sumpah gue bingung mau cerita apalagi. Oh iya, dulu gue tuh pas sudah kenal internet, gue selalu search di Google 'Cerbung Coboy Junior atau CJR'. *Wkwk. Gue kalau baca sampai nggak ingat waktu, apalagi kalau sedang datang tamu (cewek yang mengerti), beuh, makan saja nggak keingat. Habisnya suka saja sama cerita yang pemainnya mereka (Coboy Junior atau CJR).
Kalau ditanya tentang Comate, gue tuh kenal sama mereka bukan karena pernah ikut konser, bukan karena pernah ketemu. Namun, gue kenal mereka dari grup. Gue join grup Comate banyak lho. *Wkwk. Gue join karena gue ingin lebih dekat dengan mereka dari berbagai daerah, kota, maupun luar negeri, ingin lebih tahu hal-hal baru yang menyangkut CJR, dan sebagainya.
Tahu nggak, waktu CJR dikatakan sudah nggak ada? Kan waktu itu gue lagi main Instagram, eh saat ke beranda, tiba-tiba ada posting-an terbaru dari Aldy yang gambarnya #WELOVEYOUCOMATE #DONTLEAVEUSCOMATE terus captionnya yang seperti itu, gue bilang, “Hah yang benar?! Ya ampun Ini beneran ga sih?!” Itu gue berasa kayak lagi mimpi, gue berharap itu bohongan dan cuma candaan, tapi nyatanya itu memang nyata. Sedih? Pasti! Gue buka komenan yang baru beberapa menit sudah ribuan, dan benar, kebanyakan para Comate yang masih nggak percaya dan sedih. Beberapa jam kemudian Iqbaal juga mem-posting foto CJR dan ada caption-nya juga. Gue sempat baca caption-nya, tapi nggak lama kemudian caption-nya dihapus. Eh tapi gue lupa Iqbaal nulis caption-nya apaan. *Haha. Setelah itu Bang Kiki juga ikut mem-posting foto CJR, ah gue kayak masih ngga nyangka saja. Apalagi pas nonton videonya di Youtube CJR Official, yang ternyata mereka bikin videonya tepat di anniv COMATE yang ke-6. Sedih banget saat nonton videonya, gue jadi flashback.
Walaupun CJR sudah tidak bersama lagi, gue dan para Comate lainnya always support mereka kapanpun. Terutama karya-karya mereka. Banyak yang beranggapan bahwa semenjak CJR tidak bersama lagi, Comate sudah bubar. Justru yang berpikir seperti itu sangatlah salah. Buktinya kita tetap kompak, kita tetap mengucapkan Happy Comate Day setiap tanggalnya. Comate akan selalu ada sampai kapanpun itu, titik. Gue saja masih menyimpan foto-foto CJR, membaca-baca e-book CJR, nonton video-video CJR, masih sering menyanyikan dan mendengarkan lagu-lagu CJR yang membuat gue throwback bahkan sampai mengeluarkan air mata. Para Comate juga selalu berharap CJR bakal kembali lagi. Nggak ada yang nggak mungkin, selagi kita tetap berusaha dan tetap kompak. Contohnya kita membuat diary ini, supaya ex-CJR tahu perasaan kita kayak gimana. Iya, itu karena Comate selalu ada.
Terima kasih buat ex-CJR untuk enam tahunnya. Jangan pernah putus untuk meraih mimpi. Gue dan para Comate yang lainnya selalu mendukung kalian, karya-karya kalian, dan sebagainya. Jangan pernah putus semangat. Gue berharap banget kalian bisa satu film lagi walau sudah tidak mengatas namakan CJR. Jangan pernah lupakan Comate. Kalian harus tahu, bahwa Comate selalu ada sampai kapanpun itu. We Love You CJR, Don't Leave Us CJR!

Penulis : Devina Istiazah / Tangerang , Banten/ @devinaa.ist

Comate's Diary By COMATE.CJR_23Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang