ALWAYS SUPPORT CJR
ENA SUNAENAHWaktu aku kelas 5 SD, aku pernah melihat Coboy Junior menyanyi lagu ‘#Eeeaa’ di acara Inbox SCTV. Pada waktu itu aku belum tahu siapa mereka, tapi saat itu aku masih polos banget. Sampai aku ikut-ikutan menyanyi lagu ‘#Eeeaa’, dan entah kenapa aku suka banget sama lagu itu. Setiap hari aku menyanyi lagu itu walaupun menyanyinya cuma asal-asalan. Pertama kali suka CJR itu ketika sekolah. Aku kelas 5 SD dan sekolah aku sudah bebas karena sudah melaksanakan UKK. Pada waktu itu kan ada sinema ‘Hanya Kamu’ di RCTI, nah aku sering banget nonton sinema itu, rasanya tak mau terlewat satu episode pun. Keseringan nonton sinema ‘Hanya Kamu’, aku dan sahabat-sahabatku membentuk grup seperti mereka (semacam RP gitu). Waktu itu aku berperan sebagai Iqbaal, karena memang aku mengidolakan Iqbaal. Pada waktu itu di sekolah lagi zaman-zamannya boy/girlband jadi banyak pedagang-pedagang yang jual poster maupun DVD Coboy Junior. Jadi aku koleksi poster-poster + DVD Coboy Junior itu. Setiap hari aku selalu sisihin uang saku agar bisa membeli poster + DVD Coboy Junior.
Ketika masuk SMP, aku dan teman-teman grup RP Coboy Junior itu berbeda sekolah. Akhirnya kita jarang bertemu dan ketika bertemu mereka bilang sudah tidak nge-fans lagi sama Coboy Junior. Entahlah apa alasannya, dan hal yang membuat aku bingung adalah ketika teman-teman sudah tidak mengidolakan Coboy Junior, tapi aku malah makin suka sama mereka (Coboy Junior). Padahal waktu itu aku cuma iseng-iseng doang nge-fans sama Coboy Junior dan biasanya aku langsung bisa melupakannya. Akan tetapi entah kenapa ketika mengidolakan Coboy Junior, aku susah melupakan mereka. Justru aku semakin tergila-gila dengan mereka. Ketika SMP, aku pun pernah di-bully karena mengidolakan Coboy Junior. Sampai aku pernah dipengaruhi agar tidak suka lagi sama Coboy Junior. Waktu itu ada teman aku di SMP yang nge-fans sama Super 7 dan aku pernah dipengaruhi untuk nge-fans sama Super7. Akhirnya aku sempat goyah, aku nge-fans sama Super7 dan aku tidak suka Coboy Junior. Namun tidak tahu kenapa, walaupun mulut aku bilang kalau aku tidak suka lagi sama Coboy Junior, tapi hati aku tidak mengatakan demikian. Akhirnya beberapa bulan kemudian aku kembali mengidolakan Coboy Junior, memang susah, yah, melupakan Coboy Junior kalau hati kita masih sayang.
Pada waktu aku mengidolakan Coboy Junior, aku gabung di grup-grup Comate yang ada di Facebook dan dari situ aku punya banyak teman-teman Comate dari berbagai daerah. Aku senang karena mereka itu asyik-asyik, dan karena mereka, aku punya keluarga baru. Setiap hari aku selalu chatting-an sama Comate. Waktu itu lagi zaman-zamannya keldum (keluarga dunia maya) gitu kan di Facebook, nah aku pun punya banyak keldum tapi tidak bertahan lama, cuma hanya ada satu yang bertahan lama dan aku senang banget akhirnya aku punya kakak. Terima kasih CJR. Waktu itu HP aku masih jadul, jadi mencari informasi Coboy Junior pun cuma mengandalkan dari Facebook dan banyak banget Comate yang nge-share informasi dari Twitter. Akhirnya aku pengen banget punya Twitter, tapi yah mau bagaimana lagi, HP saja masih jadul jadi tidak bisa membuat akun Twitter. Pada suatu hari aku dengar kabar kalau Bastian keluar dari Coboy Junior. Ada Comate yang memberiku video waktu Bastian keluar dari Coboy Junior. Sumpah, saat nonton video itu aku nangis. Setelah Bastian keluar, nama mereka diganti menjadi CJR. Aku cuma bisa diam, mungkin itu yang terbaik.
Pada waktu kelas 10 SMK, akhirnya CJR datang ke Cirebon. Mungkin CJR memang sering ke Cirebon, tapi karena HP aku masih jadul, jadi aku kudet. Saat kelas 10, HP aku sudah android, jadi aku bisa tahu kalau CJR bakal ke Cirebon untuk promosi film ACDS. Waktu itu adalah waktu terakhir CJR MnG sebelum CJR vakum enam tahun, karena Iqbaal yang akan sekolah di USA. Akhirnya aku berusaha agar bisa datang. Aku mencari teman yang daerahnya lumayan dekat denganku untuk berangkat bareng, karena tempat acaranya jauh dari rumahku, jadi aku tidak berani dan akhirnya aku ada teman untuk datang ke acara itu. Akan tetapi yang jadi masalah adalah acara itu diadakan ketika sekolah tidak libur. Aku meminta izin ke orang tua untuk tidak berangkat sekolah, namun orang tuaku tidak mengizinkan. Akhirnya aku memaksa dan mereka marah, terus mereka tidak mau mengantarku ke daerah temanku yang bakal berangkat bareng itu. Lalu, aku minta tolong sama sahabatku agar mengantarku dan alhamdulillah-nya dia mau mengantar. Namun sial, ketika mau berangkat cuacanya malah hujan. Mungkin benar, ridho Allah adalah ridho orang tua. Orang tuaku tidak mengizinkan, makanya Allah pun juga tidak mengizinkan. Akan tetapi alhamdulillah beberapa menit kemudian hujannya reda dan aku langsung on the way ke daerah temanku. Untuk MCJR yang baca diary ini maaf, yah, aku pernah tidak sekolah dan pernah memaksa untuk ketemu kalian tanpa izin orang tua.
Ketika sampai di acara MnG kita langsung cari tempat. Kita datang lumayan siang, akhirnya kita dapat tempat paling belakang. Setelah menunggu beberapa waktu, akhirnya Aldi dan Caitlin turun dari eskalator karena acara MnG ada di lantai satu. Ketika Aldi & Caitlin lewat, pas banget posisi aku ada di sebelah jalan yang mereka lewati, dan aku berhasil memegang bahu Aldi dan tangan Caitlin. Sumpah di situ aku senang banget, walaupun cuma memegang bahunya Aldi doang. Keadaan rusuh dan pada dorong-dorongan, akhirnya aku ada di tengah kerumunan penonton. Ketika aku lihat panggung, ternyata sudah ada Bang Kiki. Sayangnya aku tidak tahu saat Bang Kiki lewat, jadi tidak bisa memegang Bang Kiki seperti aku bisa memegang Aldi. Iqbaal adalah yag terakhir turun, sumpah Iqbaal ganteng banget. Rasanya pengen meluk dan rasanya tidak sia-sia aku datang ke acara itu. Tetapi sayangnya ketika Iqbaal lewat, aku sudah tidak di sebelah jalan lagi, jadi aku cuma bisa teriak-teriak doang. Ketika mereka selesai membagikan stiker ACDS dan membuat video sama penonton, akhirnya mereka turun panggung dan menuju mobil untuk promosi ke kota lain. Ketika mereka mau turun banyak Comate yang memaksa naik ke panggung sampai dimarahin sama penjaganya. Waktu aku naik ke panggung, HP aku jatuh, untungnya langsung ketemu dan tidak terinjak. Namun sayangnya tongsis patah, padahal tongsisnya baru beli tapi sudah patah karena rusuh banget. Setelah itu aku mengejar mereka karena pengen banget bisa fotbar sama mereka, tapi tak berhasil. Mereka sudah berangkat dan aku cuma bisa foto sama poster mereka doang.
Tiba waktunya Iqbaal berangkat ke USA dan waktunya CJR vakum. Selama CJR vakum, aku sedih dan aku rindu mereka di TV. Selama CJR vakum banyak banget gosip-gosip mereka bubar. Tepat pada 23 Juli 2017 ketika Iqbaal pulang, mereka menyatakan bubar lewat video, tetapi mereka publish video itu beberapa bulan setelah membuat video itu. Pada saat melihat video itu, sumpah nangis dan aku kecewa sama mereka. Tetapi aku bisa apa, mungkin itu yg terbaik. Ternyata MnG ACDS itu adalah pertama dan terakhir kali aku bertemu mereka dalam formasi bertiga dan sayangnya aku belum pernah berhasil fotbar sama mereka dalam formasi bertiga.
Pada tanggal 10 September 2017, akhirnya ada MnG Aldy di Cirebon. Setiap hari aku selalu sisihin uang agar bisa ikut MnG. Aku senang banget akhirnya bisa ketemu MCJR, walaupun aku juga pengen ketemu dan fotbar sama Iqbaal & Bang Kiki.Semoga suatu saat aku bisa ketemu dan fotbar sama kalian bertiga, CJR.
Semua karya-karya CJR itu motivasiku. Jadi aku suka semua karya-karya mereka. Ditunggu karya-karya selanjutnya boys, walaupun kalian sudah berkarier sendiri-sendiri. Aku akan selalu support & merindukan kalian. Mungkin itu saja diary yang bisa aku ceritain, buat MCJR dan Comate yang baca ini. Maaf aku pernah khilaf.Nama Lengkap : Ena Sunaenah
Nama Panggilan : Ena
Tanggal Lahir : 24 Juni 2000
Kota Tinggal : Cirebon
Instagram : ena_an24“Pagi, Siang, Sore, Malam, aku pasti rindu. Ku ingin ketemu kamu”
Demam Unyu-Unyu – Coboy Junior
KAMU SEDANG MEMBACA
Comate's Diary By COMATE.CJR_23
De TodoDiary pertama COMATE.CJR_23 Happy 7th Comate Anniversary. Apapun yang akan terjadi ... Comate selalu ada untuk CJR Sekarang dan selamanya.