CJR SANGAT BERARTI UNTUKKU
MERY ANDANICJR, tiga huruf tapi sangat berarti bagi aku & Comate. CJR, kalian adalah sosok yang sangat berharga buat aku, karena kalian adalah orang-orang hebat yang aku kenal dan sosok inspirasi buat aku. Walaupun awal mula aku kenal kalian, dari hobi aku membaca cerita yang berujung aku mengidolakan kalian.
Awal mula aku mengidolakan kalian adalah di saat aku sedang mencari akun penulis cerita di Facebook (karena waktu itu aku belum punya HP canggih) yang lebih sering muncul adalah cerita tentang CJR. Dikarenakan aku penasaran kenapa yang lebih sering muncul adalah cerita tentang CJR, makanya aku buka dan aku suka sama ceritanya dan di situlah aku merasa kalau kalian seperti ada di samping aku dan selalu memberiku motivasi dalam melakukan segala hal yang kadang bisa membuat aku ragu. Setelah itu aku langsung cari tahu semua yang bersangkutan sama kalian, dari biodata, sampai siapa cewek yang deket sama kalian semua. Aku juga mulai download lagu, video, sama foto kalian sampai-sampai aku tahan nggak jajan di sekolah cuma karena uangnya aku tabung buat beli kuota. Aku tahan begadang cuma karena baca cerita tentang kalian, sampai-sampai aku ketiduran di sekolah karena aku nggak tidur cuma untuk baca cerita tentang kalian. Aku juga tahan nggak jajan cuma buat nge-print foto-foto kalian untuk aku tempelkan di kamarku supaya aku punya motivasi untuk belajar, biar bisa jadi orang sukses dan bisa ketemu kalian. Setiap aku sholat aku selalu berdoa semoga suatu saat nanti aku bisa ketemu sama kalian dan bisa peluk kalian. Semoga doa aku di kabulkan sama Allah yah.
Mengidolakan kalian itu butuh perjuangan yang besar, apalagi di saat teman-teman kita ada yang tidak suka sama kalian dan akhrinya kita (Comate) ada yang di-bully. Contohnya aku yang pernah di-bully cuma karena aku mengidolakan kalian, sedangkan teman-temanku banyak yang mengidolakan orang Korea. Mereka bilang bahwa kalian itu anak-anak alay dan aku nggak suka kalau mereka bilang kalian kayak gitu, karena kalian itu adalah orang yang aku sayang dan orang selalu aku banggakan kepada semua orang. Mengidolakan kalian juga butuh kesabaran, apalagi di saat aku melihat Comate yang lain bisa foto sama kalian dan bisa bertemu langsung sama kalian, sedangkan aku cuma bisa lihat kalian lewat alat elektronik. Terkadang aku nangis kalau dengerin lagu-lagu kalian, karena lagu kalian itu sangat menyentuh hati dan membuat orang yang dengar bisa nangis kalau diresapi. Aku juga kadang nangis lihat MV (Music Video) kalian, apalagi MV kalian yang Cantik Genic. Kapan coba aku bisa seperi mereka yang bisa ketemu langsung sama kalian dan bisa ikut buat MV sama kalian. Semoga nanti aku bisa bertemu dengan kalian yah.
Aku senang bisa mengidolakan kalian, karena aku bisa mempunyai banyak teman dari berbagai daerah walaupun kami cuma kenal lewat socmed, tapi kami saling menyayangi dan menghargai satu sama lain. Karena kalian aku bisa tahu cara menghargai perbedaan pendapat, agama, dan keyakinan.
Saat aku masuk sekolah SMK, di situ aku bisa mengenal Comate yang lain walaupun kebanyakan dari mereka lebih mengidolakan Iqbaal. Namun aku tetap senang bisa bertemu dengan orang yang mengidolakan kalian juga. Kami juga sering bertukar video, lagu, atau foto tentang kalian yang kami punya. Apabila kami bertemu, kami lebih sering membicarakan kalian sampai-sampai teman kami marah-marah karena kami selalu membicarakan tentang kalian. Kami paling heboh tentang berita yang menyangkut kalian, apalagi kalau berita tentang kedekatan kalian dengan seorang cewek.
Aku suka banget sama karya-karya yang sudah kalian buat seperti lagu, film, maupun buku. Dari semua lagu kalian, aku paling suka sama lagu kalian yang judulnya ‘Lebih Baik’, lagu yang kalian buat untuk melepas kepergian Bastian dari Coboy Junior. Lagu itu menyentuh banget di hati aku, karena dari lagu itu aku bisa merasakan apa yang kalian rasakan untuk melepas kepergian Bastian yang setiap harinya selalu sama-sama dengan kalian. Sekarang kalian harus terpisah, tapi cuma terpisah dalam pekerjaan tidak dengan persahabatan yang kalian jalin walaupun kalian sudah tidak sama-sama lagi dengan dia. Aku juga suka lagu kalian yang judulnya ‘Damai’, karena dari lagu itu, kalian seperti mengungkapkan rasa sayang kami (Comate) untuk kalian walaupun kami tidak pernah bertemu langsung dengan kalian, tapi kami tetap sayang dan selalu mendukung kalian dalam keadaan apapun. Di lagu itu kalian juga mengungkapkan rasa sayang kalian buat kami (Comate), karena sudah selalu ada dan selalu mendukung kalian. Di lagu itu kalian juga bilang “Lagu ini tercipta untukmu dari hati yang kau buat begitu, lagu ini ungkapan rasaku karna dirimu untuk DAMAIKU”. Namun nggak cuma lagu kalian yang aku suka, aku juga suka sama film-film yang sudah kalian mainkan, apalagi di film “Ada Cinta Di SMA”. Di film itu, kalian benar-benar membuat orang yang menonton akan nangis karena bagaimana besarnya rasa persahabatan yang sudah kalian jalin dan nggak bakalan terpisahkan cuma karena suatu masalah yang bisa membuat tali persahabatan kalian putus. Aku bangga bisa punya idola seperti kalian yang selalu bisa membuat aku bangga.
Tiba lagi saatnya aku dan Comate harus bersedih kembali karena mendengar Iqbaal yang akan mendapatkan beasiswa di UWC USA dan Bang Kiki yang sudah lulus kuliah dan akan melanjutkan kuliahnya di luar negeri sehingga CJR harus vakum selama beberapa tahun. Di situ aku mersa sedih banget karena harus kehilangan kalian, walaupun cuma untuk sementara. Pernah waktu itu aku rela menghabiskan uang cuma buat beli kuota biar bisa nonton video kalian pas di undang di acaranya Rumpi. Di situ Iqbaal membahas tentang dia yang bakalan sekolah di luar negeri dan aku nangis pas nonton itu. Di situ Bang Kiki sama Aldy juga membahas tentang sekolah mereka untuk kedepannya bakalan mau bagaimana. Di situ juga kalian dapat kejutan dengan kedatangannya Bastian, aku senang banget lihatnya karena kalian bisa berkumpul lagi kayak dulu. Kalian dikasih kejutan dengan dilihatkan foto-foto cewek yang dekat sama kalian, dan di situ ekspresi kalian lucu banget sampai-sampai aku nggak bisa buat nggak ketawa lihatnya. Kalian juga membahas tentang film ACDS yang mungkin jadi film terakhir yang kalian mainkan sebelum kalian vakum untuk sementara waktu. Saat hari itu semua Comate pada kompak nge-hastag #rumpiincjrselaludihati dan hastag itu jadi trending topics nomor satu dari jam 11 siang. Di situlah Comate membuktikan seberapa kompaknya kita untuk tetap mendukung kalian walaupun itu pas lagi bulan puasa tapi mereka tetap kompak dan rela datang ke acara rumpi cuma buat lihat kalian dan mendukung kalian biar kalian tetap semangat. Di acara itu semua Comate yang lihat acara kalian di rumpi pada sedih dan nangis karena kalian harus vakum untuk sementara waktu dulu karena Iqbaal yang bakalan melanjutkan sekolahnya di luar negeri. Aku juga ikutan nangis lihatnya, walaupun aku cuma lihat di video kalian, di Youtobe, tapi aku juga merasakan apa yang mereka rasakan saat tahu kabar itu. Walaupun seperti itu, kami tetap mendukung kalian apapun keadaannya.
Tiba juga saatnya buat Iqbaal pergi ke USA untuk melanjutkan sekolahnya di sana. Di hari itu pulang sekolah, aku dengar kabar kalau Iqbaal sudah pergi, saat itu aku langsung buka Instagram dan aku langsung nangis lihatnya. Waktu itu Aldy nggak bisa ikut mengantar Iqbaal karena Aldy nggak tahu kalau Iqbaal berangkatnya hari itu, dan waktu itu Aldy juga lagi pergi untuk mengadakan acara ultahnya Salsha. Pada hari itu juga Aldy mengeluarkan single lagu sekaligus MV-nya untuk melepas kepergian Iqbaal yang berjudul ‘Terimakasih Sahabat’, dan aku langsung nangis waktu melihat MV itu. Di MV itu, Aldy mengungkapkan seberapa besar rasa persahabatan yang sudah kalian jalin selama ini, tapi kalian harus berpisah untuk sementara waktu karena Iqbaal harus melanjutkan pendidikannya di negeri Paman Sam. Walaupun berat, tapi itu harus dijalani demi kebaikan kalian juga untuk kedepannya. Dari MV itu aku bisa melihat seberapa besarnya tali persahabtan yang sudah kalian jalin selama ini dan itu semua membuat aku semakin bangga dengan kalian. Tak lama setelah kepergian Iqbaal, CJR masuk nominasi di acara Inbox Award 2016, dan CJR dapat dua piala untuk penghargaan boy/girl band paling Inbox dan penghargaan artis Inbox paling eksis di socmed 2016. Waktu itu aku nonton sama kakak kelas yang satu kost sama aku, dan dia nge-fans sama Aliando. Saat nominasi fanbase paling Inbox, kita teriak sampai dimarahin sama orang yang punya kost karena kita teriak malam-malam. Di situ aku agak sedih karena bukan Comate yang menang, tapi aku tetap senang karena CJR sudah bawa pulang dua piala. Beberapa kali CJR tampil, tapi itu tidak menyenangkan bagi aku karena kurangnya Iqbaal. Namun aku sudah bersyukur karena kalian masih mau tampil di setiap acara yang mengundang kalian untuk tampil walaupun tanpa adanya Iqbaal bersama kalian.
Hari-hari aku jalani tanpa adanya kalian bertiga untuk tampil, tapi bisa aku lewati hingga tiba saatnya Iqbaal pulang ke Indonesia untuk pertama kalinya dan pada hari itu kita semua nge-hastag #welcometoindonesiaiqbaal dan itu jadi trending topics nomor satu lagi di Indonesia. Kita semua senang Iqbaal pulang, karena yang ada di pikiran kita adalah setelah Iqbaal pulang mungkin kalian bakalan mengadakan MnG, tapi setelah sekian lama kita nunggu, kalian nggak mengadakan acara MnG. Jangankan MnG, untuk kalian kumpul bertiga saja, kalian nggak ada dan di situ aku sempat merasa kecewa sama kalian terutama Iqbaal, karena Iqbaal ada waktu untuk mengadakan konser bareng boyband dia ‘The Second Breaktime’, sedangkan untuk kumpul bertiga saja nggak ada waktu. Namun yang membuat kita senang adalah, akhirnya kalian kumpul juga, apalagi hari itu pas hari #6yearscomate. Hari itu aku senang banget karena kalian akhirnya bisa meet up bertiga sama Kak Pat juga. Nggak lama dari itu, Iqbaal akhirnya pergi lagi ke USA untuk melanjutkan sekolahnya dan hari-hari aku dan Comate kembali seperti semula, sepi tanpa adanya kalian yang biasanya selalu tampil di acara TV.
Suatu hari waktu aku pulang sekolah, ketika aku buka socmed di situ pada heboh kalau CJR itu sudah bubar dan aku langsung nangis saat lihat berita itu. Untungnya ada klarifikasi dari Aldy, Bang Kiki, sama Kak Pat kalau CJR belum bubar dan nanti bakalan ada klarifikasi dari Bang Kiki, tapi setelah Bang Kiki selesai ujian. Waktu itu aku merasa sedikit lega karena CJR belum bisa dinyatakan bubar, karena belum ada klarifikasi.
Tiba saatnya hari yang sangat menyedihkan buat aku, karena setelah aku pulang dari rumah teman, aku buka socmed, dan di situ aku melihat postingan Aldy dengan ucapan terima kasih buat Comate dan di situ aku sudah mulai mau nangis. Aku langsung buka Youtobe dan lihat video klarifikasi dari kalian, kalau CJR sudah bubar dan tepat pada saat
Anniv Comate yang ke-6 tahun. Di mana hari pertama kali kalian kumpul lagi untuk yang pertama kalinya setelah kepulangan Iqbaal. Hari itu aku sedih banget dan merasa nggak terima kalau kalian harus bubar, tapi kita semua juga nggak bisa memaksakan kehendak kita sendiri untuk tetap mempertahankan CJR. Mereka cuma bubar di grub, tapi nggak untuk persahabatan yang sudah lama kalian jalin. Aku bangga bisa punya idola seperti kalian.
Terima kasih untuk enam tahunnya, walaupun masih nggak percaya kalau kalian sudah bubar. Kita semua bakalan tetap jadi Comate, walaupun kalian sudah nggak sama-sama lagi. Kalian harus tetap kompak, walaupun kalian sudah nggak sama-sama lagi. Kita semua bakalan tetap mendukung kalian. Tanpa adanya kalian, kita semua nggak bakalan bisa seperti sekarang ini yang saling menyayangi. Walaupun kita semua belum pernah bertemu secara langsung. Kita semua bakalan mendoakan yang terbaik buat kalian semua. Tetap jadi kebanggaan Comate yah, jangan pernah lupain Comate, karena kita semua sayang sama kalian. Tetaplah sedekat nadi dan sehangat matahari yah. Comate will stay with CJR. We love you CJR. Don’t leave us CJR.
Terima kasih Kak Patrick Effendi, karena Kak Pat CJR ada dan bisa menghibur dan memberi motivasi buat aku dan Comate yang lain. Tanpa adanya Kak Pat, kita semua nggak bakalan bisa kenal dan bisa sedekat sekarang ini. Sekali lagi terima kasih untuk Kak Pat dan semua yang sudah tergabung dalam keluarga besar CJR. Kita semua sayang kalian. Love you CJR.
Nama Lengkap : Mery Andani
Nama panggilan : Mery
Tanggal Lahir : 17 Oktober 2001
Kota Tinggal : Tembilahan, Riau
Instagram : merydhiafakhri01“Hidup akan berwarna jika kita terus berlari. Di antara indahnya warna-warni pelangi”
Pelangi dan Mimpi – Coboy Junior
“Yang menyakitkan itu bukanlah perpisahan, tapi mengingat dari setiap kenangan yang pernah tercipta sebagai cerita”
KAMU SEDANG MEMBACA
Comate's Diary By COMATE.CJR_23
De TodoDiary pertama COMATE.CJR_23 Happy 7th Comate Anniversary. Apapun yang akan terjadi ... Comate selalu ada untuk CJR Sekarang dan selamanya.