[ 3.1 ] Choi Hyun Ji

2.6K 248 5
                                    

"Mungkin aku akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan neurologis untuk mengevaluasi fungsi saraf. Pemeriksaan nya itu dengan cara mengukur kekuatan otot, kemampuan pasien dalam mengontrol pergerakan otot, tingkat keleluasaan pergerakan mata, kemampuan dalam merasakan sensasi, dan sebagainya.

Tingkat kesadaran pasien juga akan dinilai dengan pemeriksaan Glasgow Coma Scale (GCS), melalui penilaian kemampuan pasien untuk mengikuti instruksi atau merespon suatu rangsangan fisik yang diberikan. Nilai GCS normal adalah 15, yang merupakan nilai maksimal untuk pemeriksaan ini. Semakin rendah nilai yang didapat, maka kondisi yang dialami pasien semakin buruk.
Maaf, tapi aku belum tau bagaimana kejadiannya hingga Jeno bisa terluka seperti itu..bisa kalian menceritakannya? Aku akan memantau kondisi pasien dan menyesuaikan hasil diagnosis nya"

Jaemin tidak menjawab dokter dihadapannya, ia fokus melihat pena berwarna biru diatas meja
"Jaemin.."

"Oh? Maaf..maaf aku tidak memperhatikan.."

"Jelaskan kejadiannya pada nya"Jaemin menatap Je Hoon sebentar sebelum kembali menatap pena milik dokter itu
"Seseorang mendorong tubuh nya hingga menabrak lemari dan..."

"Dan?"

"Dan vas bunga itu terjatuh.. tepat mengenai kepala nya"Hyun Ji terdiam mendengar nya
"Aku takut jika lukanya berat, jam berapa Jeno bangun dari pingsannya kemarin?"

"Sekitar...jam setengah dua"Hyun Ji menyandarkan punggungnya pada kursi

"Kemungkinan cedera kepala sedang, tapi takut jika itu  cedera kepala berat
Aku ingin kalian memantau kondisinya selama beberapa hari untuk melihat gejalanya dan kemungkinan aku akan melakukan CT scan nanti"

"Untuk pengobatannya bagaimana?"

"Pengobatan akan disesuaikan dengan tingkat cedera yang dialami pasien,
Salah satunya yaitu dengan obat-obatan

Penderita cedera kepala ringan biasanya tidak memerlukan tindakan medis khusus dikarenakan kondisinya dapat membaik dengan beristirahat. Untuk meredakan rasa nyeri, penderita dianjurkan untuk mengonsumsi paracetamol Disarankan untuk tidak mengonsumsi obat antiinfalamasi, seperti ibuprofen atau aspirin, tanpa instruksi dokter karena dikhawatirkan dapat meningkatkan potensi perdarahan dalam otak.

Jika cedera kepala tergolong sedang atau berat, dokter akan memberikan obat antikejang untuk menekan risiko kejang yang biasa terjadi seminggu setelah trauma, atau diuretik untuk meredakan tekanan dalam otak dengan mengeluarkan cairan dari tubuh.

Dalam kasus yang tergolong parah, seperti kerusakan pada pembuluh darah, dokter mungkin akan memberikan obat penenang yang dapat membuat pasien masuk dalam kondisi koma sementara (induced coma). Hal ini dilakukan untuk meredakan tekanan dan beban kerja otak yang tidak dapat menerima oksigen dan nutrisi seperti biasanya.

Untuk pasien yang mengalami cidera kepala sedang sampai berat, terapi atau rehabilitasi mungkin diperlukan untuk memperbaiki dan mengembalikan kondisi fisik dan fungsi saraf
Ada beberapa serangkaian terapi yang biasanya disarankan

Dan yang terakhir operasi,
Tindakan operasi umumnya disarankan dalam kondisi darurat untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada jaringan otak pasien"

Je Hoon mengusap wajah nya mendengar penjelasan Hyun Ji,
Sekarang ia menyimpan dendam pada pria itu
Sedangkan Jaemin sudah menangis dalam diam, apalagi mengingat jika Jeno sedikit susah jika disuruh minum obat
"Mungkin hanya itu yang aku ingin katakan sekarang, untuk kondisinya aku akan memberitahu kalian setelah melakukan pemeriksaan pada Jeno"

Hey BrotherTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang