Semua orang yang ingin berada di camp pelatihan timnas harus berusaha keras agar mendapatkan tempat mereka. Semenjak para pemain generasi Adam Altarian tersebar ke seluruh penjuru dunia, PSSI dan staff pelatih telah menaikkan standar skuad timnas. Peraturan tidak tertulis, jika pemain ingin mengamankan tempat di timnas Indonesia, mereka harus bermain di liga yang lebih kompetitif dibandingkan Liga 1 Indonesia. Hanya ada dua kemungkinan yang bisa membuat pemain liga lokal bisa bermain di timnas: pemain dari liga luar negeri mengalami cedera atau pemain liga lokal itu harus benar-benar memiliki kemampuan di atas rata-rata.
Semenjak generasi timnas U-20 di World Cup 2032 promosi ke skuad timnas senior, hanya ada tiga nama pemain lokal yang bermain di timnas Indonesia. Kevin Ranggalo dan Dean Jerry Francius yang berposisi sebagai kiper, serta bek muda Freddy Kaisiepo yang dalam 2 tahun ke depan diprediksi akan bermain di klub luar negeri.
Sebenarnya untuk pertandingan persahabatan, pelatih kepala Indonesia, Andi Elvito, masih menyediakan beberapa tempat untuk para pemain Liga 1 Indonesia, untuk memberikan pengalaman serta motivasi kepada mereka. Hanya saja pada pertandingan persahabatan kali ini menghadapi Iran, Andi Elvito ingin mengerahkan kekuatan maksimal timnya. Dia ingin mencari tahu sudah di level mana timnya saat ini. Iran adalah timnas unggulan di Asia dan langganan bermain di Piala Dunia. Walaupun memang pada gelaran Piala Dunia tahun lalu mereka absen, mereka tetap salah satu tim terkuat di Asia. Jika Indonesia bisa menghindari kekalahan melawan mereka, artinya Indonesia sudah bisa mulai menaruh harapan untuk bermain di Piala Dunia.
Hotel tim nasional Iran
"Mereka punya penyerang yang berbahaya. Mereka masih muda dan akan menyulitkan kita. Farel bermain di Stuttgart dan ada Adam dari Volendam. Tim mereka diisi para pemain muda yang tersebar ke seluruh penjuru dunia.
Khusus untuk Adam, kau baru berhadapan dengannya minggu lalu, kan, Alireza? Bagaimana pendapatmu tentang orang itu?" Pelatih timnas Iran, Elias Holm, bertanya kepada Alireza Shirzad.
Malam sebelum pertandingan, timnas Iran mengadakan pembahasan taktik untuk menghadapi timnas Indonesia. Pelatih Elias Holm, selain menonton rekaman video performa pemain Indonesia, dia juga meminta pendapat pemainnya mengenai lawan mereka ketika pernah berhadapan di lapangan secara langsung. Baru beberapa waktu lalu Alireza berhadapan dengan Adam di pertandingan Europe League.
KAMU SEDANG MEMBACA
Wonderkids
FantasyMenceritakan perjalanan karir sepakbola pemain muda Indonesia yang terlahir dalam generasi emas Indonesia. Skuad U-20 Indonesia di tahun 2033 berhasil melaju ke quarterfinal U-20 World Cup, yang merupakan pencapaian tertinggi selama sejarah sepakbol...