Cowok yang dia kenal sejak sma itu keliatan nahan emosi, tangannya mengepal sedangkan tangan satunya mengusap rambut."jadi selama ini lo simpenan om-om?"
Milan ketawa receh, dia lebih merhatiin hp ketimbang pacarnya yang sebentar lagi bakal ngamuk.
"ya gak simpenan juga sih, toh doi duda, bininya gak ada" balas cewek cantik itu santai.
detik berikutnya hp Milan mendarat di lantai berkat tangan besar Joseph, cowok itu keliatan udah gak bisa lagi nahan emosi. wajah merah padam dan nafasnya memburu.
sementara Milan cuma bisa senyum, perlahan dia melangkah buat mungut hp yang baru dibelinya dua bulan lalu.
"JELASIN!" teriak Joseph lantang, Milan yang tadinya mau pergi balik badan menghadap orang yang baru aja neriakin dia.
lagi-lagi Milan senyum, bikin emosi Joseph semakin naik ke ubun-ubun.
"gausah senyum-senyum, gue gak butuh senyum lo, jelasin sama gue kenapa lo bisa jadi lonte begini?"
ouch!
harusnya sih sakit hati, coba deh, perempuan mana yang gak sakit hati dikatain begitu? tapi sayang, Milan udah ngerasain yang lebih sakit jadi yang segitu gada apa-apanya buat Milan.
Milan bersandar ke dinding, melipat kedua tangannya.
"lo dulu, jelasin cewek-cewek yang lo temuin, lo pake, di belakang gue"
Joseph tentu kaget, rasanya dia udah main rapi. otaknya sibuk mikir darimana pacarnya ini tau kalau dia punya beberapa selingkuhan.
"JELASIN! kenapa? banyak banget ya sampe bingung mau yg mana dulu?"
Milan mengutak-atik hpnya, mengirimkan bukti-bukti perselingkuhan Joseph langsung ke tersangkanya. kalau dibilang gak sedih bohong banget, badan Milan udah mulai getar karna sejak tadi dia cuma tahan tangisannya.
"gue emang sayang sama lo Jo, tapi lo kayaknya lupa kalau gue bukan cewek bodoh. lo pikir gue cuma tau yang kali ini? gue tau semua cewek-cewek yang pernah lo pake, gue tau lo ngapain aja di belakang gue. tapi gue kasih lo kesempatan berkali-kali. dan berkali-kali juga lo hancurin kepercayaan gue"
runtuh udah pertahanan Milan, air matanya mulai tumpah ruah seketika semua kenangannya dengan Joseph berputar bak film acak.
"kita ngelewatin masa-masa sulit bareng, kita sampai di titik ini pake air mata darah. lo gak ingat perjuangan kita gimana? lo gak ingat janji-janji lo buat gue? buat kita? sekali dua kali gue bisa maafin, ini udah yang kesekian kali Jo. perasaan gue gak sebercanda itu"
setelah ngungkapin semua uneg-unegnya Milan buru-buru ninggalin apartemen penuh kenangan itu, apartemen yang dia beli berdua bareng Joseph, apartemen yang nantinya bakal jadi tempat tinggal mereka setelah nikah.
sekarang Milan cuma pengen pergi jauh dari semuanya, kalau bisa malsuin kematian pasti udah dilakuin ama dia terus pindah ke tempat dimana gak ada satu orang pun yang dikenal.
di dalam mobilnya Milan cuma bisa mematung, ngebiarin radio mobil cuap-cuap sendiri.
"kak, jajan dede udah habis tolong kirimin dulu ya mami lagi gak punya uang"
chat dari ibunya malah bikin Milan semakin sakit hati, rasanya dunia lagi ngedorong dia ke tepi jurang.
gak lama setelahnya hp Milan berdering, gak pake liat dulu Milan langsung nerima panggilan.
"kamu dimana? kita jadi ke Lombok?"
mendadak perasaan bersalah menyeruak dihatinya, Milan berusaha senyum sebelum ngasih jawaban.