Sejak era covid-19, work from home, online class, Leo jadi gak punya alasan lagi buat kabur tiap kali disuruh jagain toko. Gak masalah sebenernya, yang masalah itu kenapa mesti dapet waktu pagi? Jam set 7 udah digedor-gedor nyonya besar disuruh buka toko, gak pake cuci muka sikat gigi dulu langsung ditarik keluar.
“Ngantuk mihhh, kan ada koko” rengek Leo suatu pagi, maminya pura-pura budge langsung ngeloyor pergi.
Mami hits itu ada jadwal senam tiap pagi bareng ibu-ibi kompleks lain yang mulai rutin sejak wfh, biasanya baru kelar jam 10an. Senamnya mah Cuma 40 menit paling banter, tapi ibu-ibu kalo udah ngumpul kagak gibah? Bisa gatel lidahnya.
Suatu pagi, Leo baru aja buka toko tapi karna masih pagi banget dan belom ada yang beli dia mutusin buat cuci muka sikat gigi dulu. Setelah itu dia sempetin ngambil susu segelas sama dua lembar roti, rencananya mau nyolong ovaltine toko.
Pas balik ternyata udah ada cewek yang nunggu sambil duduk di salah satu kursi, ngeliat Leo masuk ke toko si cewek langsung berdiri.
“Beli milo dong” kata si cewek sambil ngerogoh kantong baju tidurnya ngeluarin dua lembar uang biru.
“Yang gede?” tanya Leo mastiin, cewek itu ngangguk.
Sementara Leo ngambilin milo cewek itu seliweran nyari jajanan serebuan, sambil nunggu cewek itu milih jajanan Leo sempetin buat makan rotinya.
“Nih, berapa?” si cewek akhirnya balik bawa dua bungkus cuba, coklat payung sama nyam nyam.
Leo ngitung belanjaan sambil dimasukin ke kresek “Semuanya delapan lima”
Cewek itu nyerahin uangnya terus bukain satu coklat payung nunggu kembalian “Makasih” katanya begitu dapat kembalian terus nyodorin satu coklat payung ke Leo bikin anaknya salting.
“E-eh”
“Buat sarapan” jawab si cewek sambil senyum, terus pergi gitu aja.
Begitu si cewek udah agak jauh, Leo buru-buru keluar dari toko “MAKASIHH” teriaknya, si cewek Cuma ngasih tanda oke pake jarinya.
Sejak itu semuanya berubah, Leo jadi semangat tiap kali jagain toko. Dia bahkan selalu bangun duluan sebelum dibangunin maminya.
“Tumbenan lu orang udah bangun”
Leo cemberut dengernya “Dih serba salah” katanya, si mami malah natap Leo curiga.
“Ada maunya ya lu?”
“AMPUN DAH MII, KAGAKK IH”
“Iyadeh iya”
Gak Cuma si mami, kokonya juga pada curiga sama Leo yang tiba-tiba suka duduk di toko sampe malem. Biasanya tengah hari udah ngeluh minta gantian, ini semangat banget ngelayanin pelanggan sampe kadang lupa makan.
“Eh, ada jihan”
Leo langsung sepet denger suara kokonya masuk ke toko, ngambil sebotol kopi di kulkas terus ngeloyor pergi.
“WOI BAYAR ANJIRR”
“ENTARRR”
Cuma Jihan satu-satunya temen Leo yang bisa dibilang seumuran, bukan berarti dia gak punya temen lain. Sore itu Leo lagi ngitungin duit yang dapet hari ini, sedangkan Jihan lagi seliweran di tiktok melihat keuwuan orang pacaran.
“Gue kapan punya pacar ya?” gumam Jihan yang kedengeran ama Leo.
Tiba-tiba dia keinget cewek waktu itu, cewek yang belanja pagi-pagi buta pake baju tidur keropi, cewek yang ngasih dia coklat payung. Cewek yang dia gak pernah liat sebelumnya, tapi udah sebulan ini Leo juga gak pernah ngeliat cewek itu lagi belanja ke tokonya.