28 : berkat Hecate

785 90 4
                                    

Temple of Hecate greece.
didedikasikan untuk dewi Hecate yg sangat penting dalam peradaban Frigia dan Caria kuno, berdiri di wilayah Yatagan di kota Mugla di Turki. Terletak di sebelah Timur tempat itu dan berdiri di arah utara-selatan. Bentuknya setengah lingkaran dan memiliki tiga anak tangga. Terdapat 5 kolom berurutan ionik dalam setengah lingkaran. Ada sebuah pintu besar di tengah dan tiga pintu kecil di sampingnya. Altar, Berdimensi 15,40×20,30m dan berdiri menghadap barat daya-timur laut. Gerbang masuk berada di barat daya dan mengarah ke candi. Yg memiliki dua tingkat dan di tingkat kedua kolom-kolomnya berada dalam urutan Korinth di bagian luar dan urutan Ionik di dalam. Pengorbanan kepada dewi dilakukan di altar ini. Bentuknya U seperti altar Zeus di Pergamon. Dibangun pada masa pemerintahan Kaisar Augustus.
Candi: Terdiri dari satu ruang depan dan satu ruang pemujaan yg terletak di 5 anak tangga. Secara arkeologis ia mempunyai struktur pseudodipteral dengan satu perisytle yg mengelilingi cella. Terdapat 11 stoa di sisi panjang dan 8 stoa di sisi pendek, semuanya dalam urutan Korinth berdiri di atas gundukan ionik. Ketinggian stoa ini bervariasi antara 21 dan 28 meter. Kuil ini dibangun pada akhir abad ke-2 SM dan awal abad ke-1 SM. Kolam Suci, Terdapat sebuah kolam di 300 m bagian tenggara tempat suci. Air kolam berasal dari air mancur 50 m sebelah selatan melalui saluran yang terbuat dari balok marmer. Diameter kolam yg bentuknya hampir melingkar ini bervariasi antara 9,55-10,40 meter.

Hecate adalah dewi chthonic pra-Olimpiade. Hecate adalah Titaness, putri Perses dan Asteria. Asteria berarti "yg berbintang" dan Perses berarti "penghancur". Hecate artinya kemauan, penembak jauh dan keputusan. Dia melambangkan membuat pilihan yg benar dengan bantuan kemauan ketika saatnya tiba. Nama lain Hecate adalah Chthonia (Dewi Dunia Bawah), Crataeis (Yang Perkasa), Enodia (Dewi Jalan), Propylaia (yg ada di depan gerbang), Phosphoros (pembawa cahaya), Soteira (Juruselamat), Trivia (dewi dari tiga jalan), Kleidouchos (Penjaga Kunci), Tricephalus (berkepala tiga). Penggambaran Hecate ditampilkan sebagai tiga orang. Nama Trivia dan Tricephalus dari Hecate yg patungnya ditempatkan dipersimpangan jalan terkait dengan penggambaran rangkap tiga ini. Dia memegang obor, kunci, pisau, dan terkadang ular di tangannya. Obor adalah simbol cahaya yg menerangi kegelapan, sebagaimana orang Yunani mengamankan Hecate dalam perannya sebagai pembawa kebijaksanaan. Dalam berbagai mitos, Hecate menunjukkan jalan kepada para pahlawan dengan obornya. Mengenai namanya Kleidochos, kunci penting dari peran Hecate sebagai penjaga gerbang, menjadi orang yg bisa membuka pintu menuju pengetahuan suci. Nyanyian Orphic menyebutkan dia sebagai "Ratu pembawa kunci seluruh Kosmos."
Dengan pisau di tangannya, dia memotong segala sesuatu yg tidak penting dan tidak benar. Ini melambangkan membuat pilihan yg benar, menghilangkan hal-hal yg tidak perlu dari hidup kita dengan pisau ketika saatnya tiba. Dia menunjukkan bagaimana membedakan mana yg nyata, mana yg permanen dan mana yg tidak dengan pisau. Hecate ditampilkan dengan anjing di sisinya dalam vas kuno. Anjing betina dan serigala betina adalah simbol Hecate. Dikatakan bahwa Hecate mulai berkeliaran di malam hari ketika anjing mulai melolong. Seperti Cerberos, anjing Hades berkepala tiga melindungi dunia bawah, anjing Hecate melindungi misteri. Namanya Chthonia (Dewi Dunia Bawah) menunjukkan bahwa dia terkait dengan misteri yg tidak diketahui. Dewi memasukkan konsep dunia bawah, meskipun itu bukan tempat hukuman. Itu adalah rahim gelap dewi tempat seseorang dimurnikan, disembuhkan, dan dipersiapkan untuk kelahiran kembali.

Sunoo yg harus mendapat berkat dari hacate, sunoo pergi sendirian mengambil berkat itu, sunoo berada disana semalam, memecahkan teka-teki labirin luas tak berujung untuk menemukan sebuah kunci agar sunoo bisa keluar dari labirin itu, dan labirin itu adalah tempat paling gelap yg pernah sunoo datangi, labirin itu juga tempat yg paling dingin yg pernah sunoo datangi, labirin itu seperti kuburan, dan benar saja sunoo harus membunuh banyak tengkorak hidup yg ada di labirin itu juga melawan ular-ular mahluk yg paling sunoo takuti, sunoo itu fobia ular bayangkan saja bagaimana takutnya sunoo didalam sana. bukan hanya itu, labirin itu juga mendatangkan penglihatan-penglihatan paling buruk yg pernah sunoo lihat, juga memperlihatkan ketakutan-ketakutan sunoo. Berada didalam sana sunoo merasa seperti sedang mengalami mimpi buruk. Pada akhirnya dia berhasil menemukan kuncinya, mendapatkan berkat hecate berupa kekuatan api dan sihir, sekarang sunoo punya obor,pisau,kunci, juga bisa mengendalikan sisi gelap bulan, Hecate memberkati sunoo. karena sunoo sudah mengalahkan kegelapan sekarang bukan sunoo lagi yg takut pada gelap tapi kegelapan itu sendiri yg akan takut pada sunoo.

Nightmare | Kim.SunooTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang