SPOILER WARNING!!
Penerbit : Gagasmedia
Tahun terbit : Jakarta, 2009
Tebal buku : 194 hlm; 13x9 cm
ISBN : 979-780-297-3
Genre : Teenlit; Komedi~~~~~~~~~~~~~~~
Boleh dikatakan novel ini adalah yang pertama kali membuka mataku tentang fisik tokoh, karena
Novel ini bercerita tentang Genta (biasa dipanggil Gen) dengan badan sebesar tong (baca: gendut) sebagai protagonis yang memulai kisah baru di dunia musik Hip Hop/ Rap.
Diawali dengan dirinya yang galau dipecat dari Band oleh sahabatnya sendiri, Gen mencoba membalas dendam, membuktikan keberadaan dirinya dengan mengikuti lomba Rap. Karena masih hijau, Gen akan menyibukkan diri untuk belajar tentang Rap, bahkan tidak lupa mempermalukan diri (karena ini genre komedi, geng, jangan lupa!)
Seperti bait awal yang kukatakan, aku menyukai novel ini karena tidak seperti genre romance umumnya, tokoh-tokoh dalam cerita ini tidak ada yang sempurna.
Ada yang gendut, ada yang chubby, ada yang kurus, ada yang hitam, ada yang keriting, dll. Apa hanya karena ini genre komedi? Jika iya, aku harus saranin banyak baca genre komedi supaya pandangan lebih luas, tidak sebatas putih bening tajir saja.Alurnya cukup simple, belajar Rap, nonton Rap Battle, ikut lomba Rap, dan the end dengan happy end. Novel ini bisa panjang sampai 194 halaman karena emang dominan lawak plesetan sehingga jumlah kata jadi banyak.
Untuk porsi komedinya sendiri, hmm it's ok deh. Cukup lucu tapi tidak ngakak apalagi sampai nangis. Kulihat author berusaha buat lawak but kurang kuat. Maybe next time? At least aku cukup menikmati.
Tapi sayang, karena fokus pada lawak, kepenulisan kebanyakan Tell daripada Show, terutama saat menjelaskan Rap. Memang topik ini jarang diangkat pada karya fiksi, tapi daripada memberikan penjelasan umum, akan lebih baik author bisa menjelaskan dengan Show/action apa itu Rap.
Next, chemistry sahabat/teman dapat, tapi cinta ... it's a no. Kecewa deh aku sebagai pecinta genre romance :(( Bahkan mereka terlalu cepat jadiannya (cowok si gendut dan cewek si chubby) tanpa pendekatan yang gimana gitu. Kurang ngerasa deh. Masih sebatas best friend aja.
Klimaks ceritanya seru, ya itu, di bagian Rap Battlenya. Rapnya cukup keren (meskipun ada yang bahasa kotor) but seru. Dan ... berlebihan? I mean, antagonis takut kalah sehingga dia pun suruh bodyguard hajar Gen. Cemen x, padahal lawan pake Rap aja kok takut? Kalah dengan terhormat dong! Sayang karena cerita singkat, author tidak mau ambil pusing mencoba membuat pembaca merasa simpati dengan antagonis karena latar belakangnya (bahkan sepertinya author tidak memikirkannya)
Untuk penokohannya lumayan kuat, karena masing-masing tokoh mempunyai karakter yang berbeda. Ini patut kuacungi jempol karena tokoh terasa hidup, terutama Gen si protagonis gendut yang sangat negative thinking. Meskipun pakai POV3, tapi author fokus pada sudut Gen sehingga kepengecutannya terasa banget. Untunglah perkembangan tokoh berhasil sehingga Gen tidak pengecut lagi pada akhirnya.
Tapi anehnya, pada bagian ending, author serasa memaksa banget keluarin Allian (sahabat Gen yang pada awal cerita mengkhianatinya) untuk berbaikan dengan Gen dan membuat pesan moral. Maksudku, apa gak terlalu pas, ketika semua berakhir si Al baru muncul? Sudah umum sih, tapi ya aku kurang suka aja.
Dan satu lagi. Entah sengaja apa tidak, tapi banyak penulisan terutama penggunaan elipsis (...) yang tidak rapi. Untuk melucukah? Bagaimanapun, itu cukup menganggu.
Overall, ceritanya simple dan enjoy. Bagi yang agak bad mood bolehlah baca ini untuk menghibur diri. Karena tokoh pada berfisik tidak sempurna, tidak usah galau dirimu yang juga tidak sempurna.
Nilai : 🌻🌻🌻
Extra :
Buku novel ini dapat free CD lagu ciptaan author, salah satunya ada lagu yang dilombakan dalam cerita. Opini pribadi, lagunya bagus, sampai aku sudah hapal Reffnya dan ikut nyanyi pas baca ulang. Padahal sudah beberapa tahun yang lalu sejak terakhir aku dengar lagunya.
Entahlah Kak Irawan ini rapper yang menjadi penulis atau sebaliknya, ini adalah salah satu bakat yang patut dibanggakan. 👏
Tertarikkah untuk beli dan membaca? Tapi pemberitahuan, jika ingin cari cetakan baru mungkin sudah gak ada ya (kembali lihat itu tahun berapa cetaknya, bro!)
Tapi di beberapa online shop sepertinya ada yang jual. Monggo dicari 😉
KAMU SEDANG MEMBACA
Novel Review - Mariani Marzz
Random~To be read or must to be read~ Coret-coretan yang berisikan review novel berbagai macam genre (terutama romance) Sebagai pengingat juga cerita apa saja yang sudah pernah dibaca & dikoleksi Silakan singgah untuk baca, mana tahu dapat rekomen bagus ...