MADING "404 NOT FOUND"

137 14 0
                                    

Yang di atas itu adalah trailer cerita 404 NOT FOUND. Kalau berkenan, bisa di-share ke lebih banyak orang, agar cerita ini makin ramai :)

Oh iya, part ini diberi judul MADING "404 NOT FOUND" dengan maksud untuk menjadi part seru-seruan dengan QnA yang saya rangkum dari beberapa pertanyaan yang masuk melalui DM Wattpad maupun Instagram mengenai cerita ini. Bukan mau sok gaya ya — emang saya siapa — hehe. Cuma untuk senang-senang. Chill aja. Dan kalau ada tambahan, nanti saya update di part ini juga, langsung saya tuliskan di paling bawah dengan keterangan biar nggak kecampur. Mungkin QnA jilid dua, atau entah apalah lihat nanti, hehe.

Q : Apa Anna dan Gema ada di dunia nyata?

A : Orangnya nggak ada, tapi karakter mereka pernah saya temui pada orang yang saya kenal.

Q : Dalam cerita ini tergambar bagaimana cara intelijen bekerja, apa referensi untuk bisa menuliskan itu?

A : Riset mulai dari baca buku, artikel, menyimak film-film dengan bidang terkait. Banyak referensi yang bisa didapatkan.

Q : Apa semua yang digambarkan benar terjadi seperti itu?

A : Benar atau tidaknya, saya merasa tidak berhak membenarkan atau bagaimana, karena kembali lagi, semua itu saya tahu dari referensi-referensi tadi. Jadi jika kenyataannya bukan begitu, saya mohon maaf. Perlu dicatat, saya kan bukan intel beneran, kawan. Jadi kalau kalian terhanyut, saya anggap cerita saya berhasil :)

Q : Referensi tentang apa saja yang dicari untuk menuliskan cerita ini, selain soal bab terorisme?

A : Tentang senjata, kepolisian, intelijen, studi kasus, bisnis ilegal, pemetaan daerah juga untuk menentukan daerah-daerah agar setting meyakinkan. Untuk daerah yang dimaksud di sini, bukan berarti yang terjadi di cerita benar-benar terjadi di daerah sebenarnya alias di kenyataan.

Q : Orang yang punya karakter Gema di dunia nyata, apa dia tahu kalau dia dituliskan?

A : Tahu. Dia juga baca.

Q : Terus yang punya karakter Anna di dunia nyata, dia gimana?

A : Dia senang karena cerita ini bisa terselesaikan.

Q : Apa orang yang punya karakter Gema dan Anna di kenyataan, betulan bersama?

A : Maaf, tapi nggak. Mereka beda haluan. Saya cuma suka sama karakternya, jadi saya tuliskan, saya gabungkan sendiri jadi satu kesatuan untuk mengisi cerita ini.

Sebagai penutup, saya kasih tambahan. Berikut buku-buku referensi saya ya, kawan.

 Berikut buku-buku referensi saya ya, kawan

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
404 NOT FOUND [Complete]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang