Upacara kelulusan berlangsung sangat meriah. Setelah acara selesai, para siswa-siswi mulai sibuk berswafoto bersama teman-temannya untuk mengabadikan kenangan bersama.
"Yerin...!" teriak Eunha yang berlari menuju Yerin, lalu mereka berfoto bersama.
"Ayo foto di sana," Yerin menunjuk sebuah bangku, mendapat anggukan oleh Eunha.
Yerin memasang pose mengerucutkan bibirnya, sedangkan Eunha memamerkan jari membentuk huruf V. Berbagai macam gaya mereka lakukan, sampai seseorang ikut bergabung.
"Waaaa," seru Taehyung, memasang gaya dengan mulut terbuka.
"Aishhh... kau ini," Yerin mencubit pinggang Taehyung, kesal karena hasil fotonya terlihat berantakan.
"Eunha, fotokan aku bersama Yerin," pinta Taehyung, sambil menyerahkan ponselnya pada Eunha.
"Aisshh..." Eunha cemberut, namun tetap memfoto sepasang kekasih itu.
"Wah, ternyata kau duluan, Tae..." seru Jungkook heboh, disusul oleh Namjoon, Seokjin, dan Jhope.
"Jhope, fotokan aku bersama Eunha," seru Jungkook yang sudah berpose sambil merangkul Eunha.
Semua tampak bahagia, mengabadikan momen bersama.
"Oh, iya. Mana Sojung?" Jhope menoleh ke kanan dan kiri.
"Sojung sudah pindah," ucap Eunha sedih, sambil mencebikkan bibirnya.
"Pindah?" Jhope terkejut. Tidak hanya Jhope, Seokjin, Namjoon, dan Jungkook juga terkejut, kecuali Taehyung yang sudah diceritakan oleh Yerin.
"Pindah kemana?" tanya Namjoon.
"Ilsan. Perusahaan ayahnya bangkrut. Mereka pindah ke kampung ayahnya, untuk meneruskan perkebunan milik nenek Sojung," jelas Yerin.
"Lalu Sojung tidak kuliah?" tanya Jungkook.
Yerin menggelengkan kepalanya, "tidak ada biaya. Sojung bilang, dia akan bekerja."
Seokjin hanya diam mendengarkan penjelasan Yerin. Ia cukup terkejut, apa yang terjadi pada Sojung. Walau pun Seokjin sering bertengkar, dan tidak perduli pada Sojung, ia seperti ada yang mengganjal di hatinya. Mungkin bagi Sojung tidak penting, tapi sampai saat ini ia masih tak mengerti dengan sikap Sojung yang membuat hubungan mereka berakhir. Seokjin merasa kecewa, di saat akan pergi pun, Sojung tidak memberikan penjelasan tentang masa lalu mereka. Setidak penting itu kah dirinya? Apa sebenarnya dulu Sojung tidak mencintainya?
.
.
Seokjin harus membuka lembaran baru untuk kisah hidupnya. Menjadi mahasiswa baru, dan kehidupan baru tanpa pertengkaran dengan Sojung, bahkan melihat Sojung pun tidak lagi. Sojung sudah merupakan bagian dari masa lalunya.
Pertemanan Seokjin dan yang lainnya tetaplah sama. Walau pun mereka berada di jurusan berbeda, bahkan di kampus yang berbeda juga, mereka tetap akan menghabiskan waktu bersama jika sama-sama memiliki waktu kosong.
"Kenapa, Rin?" tanya Seokjin saat melihat Yerin yang cemberut karena menelepon seseorang.
"Nomor ponsel Sojung tidak aktif. Sudah cukup lama kami tidak berkomunikasi," jelas Yerin.
Sudah hampir tiga bulan, Yerin tak mendapatkan kabar Sojung. Awalnya Yerin memang sibuk mempersiapkan diri untuk ikut masuk perguruan tinggi, lalu dilanjutkan kegiatan yang super sibuk sebagai mahasiswa baru. Tidak hanya Yerin yang merasakannya, setiap mahasiswa baru pasti merasakannya.
"Sebelumnya dapat kabar apa dari Sojung?" tanya Jungkook.
"Sojung bilang, dia bekerja di toko buku. Di sana dia bisa sambil membaca, tanpa harus membeli buku."
KAMU SEDANG MEMBACA
KSJ
Teen FictionDua KSJ yang tak pernah akur, padahal sebelumnya pernah saling mencintai.