Katanya, kalau lagi kena musibah itu nggak boleh ngeluh. Kalau ngeluh bisa-bisa penderitaan yang lagi kita rasain itu bakal bertambah.
Awalnya, menurut gue nasehat tadi itu cuma omong kosong. Omongan nggak berdasar yang cuma mau nakut-nakutin aja.
Sialnya, itu beneran kejadian ke gue.
Entah berapa kali gue hela napas panjang dari tadi.
Kemarin, gue ngeluh eh bukan, tepatnya menggerutu. Gue kemarin sibuk menggerutu karena kesel sama kelakuan Gesang. Eh sekarang? Nggak ada angin, nggak ada hujan, orang tua gue bilang kalau perkenalan gue sama orang yang mau dideketin sama gue bakal dipercepat.
Alias cobaan buat gue bertambah.
Sebenernya itu bukan hal yang ngagetin, dari dulu gue udah dikasih tahu juga kalau bakal dijodohin. Cuma nih ya rencananya, 'kan, baru bakal dikenalin abis lulus kuliah, eh mendadak malah jadi minggu ini.
Alesannya, sih, supaya bisa lebih kenal deket. Jadi nanti pas lulus kuliah bisa langsung tunangan dan nggak lama nikah.
Yap.
Salah satu alasan yang bikin gue nggak mau punya hubungan sama orang lain; pacaran, adalah karena perjodohan yang udah ditetapin sama gue... bahkan dari gue masih di dalem perut nyokap.
Kedengeran kuno emang, tapi percayalah kawan tradisi perjodohan itu masih ada.
Gue nggak pernah dilarang ini itu sama orang tua gue. Apapun keinginan dan kemauan gue dibolehin, asal satu hal, gue harus mau dijodohin.
Nggak cuma gue, keluarga gue yang lain juga gitu. Pada dijodohin. Salah satunya sepupu gue, kakak sepupu tepatnya. Dia dijodohin dan dikenalin sama jodohnya itu setelah lulus S1.
Apakah sepupu gue nolak? Tentu tidak kawan. Sama kayak gue, dia juga dibebasin apapun mau dan kehendaknya, kecuali satu. Ya soal temen hidup itu.
Setelah dikenalin, nggak pake nunggu lama, enam bulan setelahnya mereka langsung tunangan. Dan sekarang, tinggal nunggu dia selesai S2 baru deh nikah.
"Gue denger-denger orang yang mau dijodohin sama lo itu udah agak tua." Gitu kata Naura, kakak sepupu gue, ke gue pas keluarga dia sama keluarga gue dinner bareng semalem.
Gue langsung lemes dong.
"Yang bener aja????" gitu kata gue pas denger omongan Naura.
"Serius. Anak tunggal kaya raya pewaris perusahaan bokapnya. Nggak tua-tua amat, sih. Paling 30an umurnya. Ya nggak apa-apalah, yang penting kaya. Kalaupun lo nantinya nggak bisa cinta sama dia, seenggaknya lo bisa nikmatin hartanya."
Naura dan pemikiran opportunisnya.
Gue langsung kepikiran setengah mati.
Mau ngeluh, takut ditambah lagi cobaan yang dikasih ke gue. Jadi... ya lebih baik gue diem-diem aja. Diem-diem pasrah.
Ya tahu gue nggak langsung disuruh nikah saat itu juga. Cuma bayangan kalau gue harus suka sama orang yang selama ini nggak gue tahu dan temuin.... Kok rasanya nakutin ya?
Belum lagi kalau misal first impression; baik gue ke dia atau dia ke gue, nggak baik. Nggak sesuai ekspektasi. Aduh ngeri.
Sebelum-sebelumnya gue fine-fine aja, tapi pas udah deket hari H begini, malah jadi deg-degan sendiri. Takut guenya nggak suka. Takut dianya nggak suka. Dan banyak ketakutan di dalem kepala gue.
KAMU SEDANG MEMBACA
gesang; jay enhypen ✔️
RomansaKarena sudah dijodohkan, Lintang tidak pernah berani berpacaran, bahkan meski itu dengan orang yang disukainya. Baginya, percuma berpacaran karena ujung-ujungnya dia akan dinikahkan dengan laki-laki pilihan orang tuanya. Sampai akhirnya Lintang be...