Chapter ini bakal aku isi sama beberapa makanan yang debut di bloom yang mungkin banyak yang belum tau. Siapa tau habis selesai baca Bloom kalian ada yang mau icip makanannya yang ternyata di tempat kalian juga ada 😉
1. Ingkung panggang
Ingkung panggang ini cara masaknya hampir sama kaya bakaran lainnya, yang bikin beda ini manggangnya ngga pakai arang, ini manggangnya pure pakai kayu bakar.
Dan cara manggangnya ya cuma di panggang gitu aja tanpa harus dioles bumbu lagi kaya ayam bakar yang bumbunya berlimpah gitu.
Panggangan ini cuma make bumbu sekali ungkep aja, dan rasanya terkesan gurih ngga manis kaya ayam bakar gitu. Dan ini cocok banget di makan sama nasi wiwit.
2. Nasi Wiwit
Nasi Wiwit tuh sama kaya nasi rames, hanya saja biasanya lauknya yang bikin beda.
Ada ayam panggang, urap urap, sambal goreng tahu kentang, oseng pepaya, telur rebus sama mie goreng putih.
Makannya juga harus pakai tangan ya biar beneran kerasa enaknya.
3. Tahu Bakar
Nah untuk tahu bakar disini ternyata belum banyak yang tau ya, sumpah guys ini jenis sate ekonomis yang rasanya ngga kalah enak. Ditempatku biasa di jual 10 tusuk itu cuma 5.000.
Untuk sate tahu ini, tahunya di goreng dulu trus dikasih isian aci yang di campur ayam. Nah habis itu di kukus.
Setelah mateng, baru di iris kecil kecil trus dibakar. Kalau menurutku sate tahu bumbunya lebih kentel dan medok banget. Trus diatasnya di taburi irisan bawang merah sama daun jeruk nipis yang bikin rasanya makin autentik banget.
3. Belut Bakar
Nah belut bakar yang dibakar sama tiga bocah kota yang baru dateng itu.
Kalau belut bakar pasti dimana mana juga sama. Bumbunya juga bumbu pedas manis gitu. Dimakan sama nasi anget udah enak banget.
4. Yuyu Goreng
Yuyu goreng atau baby crab kalau bahasa kerennya sekarang.
Yuyu yang udah dibersihin langsung di gulung gulung di dalam tepung kering dan di goreng. Ada yang pernah nyoba yuyu goreng atau baby crab crispy?
5. Rawon
Ini dia si primadona kita Rawon. Rawon paket komplit dengan isian daging, kecambah, sambal terasi, dan telur asin bener bener paket komplit banget.
Bumbu rempah yang melimpah serta kluweknya yang ngga mau kalah, bikin rawon tuh jadi kecintaan banyak orang, iya ngga sih?
6. Trancam
Trancam ini sempet hadir di chapter penyambutan si adek dan kembali ketemu sama mas Jie.
Trancam ini hampir mirip sama urap urap, yang dikin beda isiannya. Untuk trancam isiannya ada timun, itu bahan utamanya, trus di campur petai cina, kecambah, kacang panjang, daun kemangi. Ada juga yabg dicamlur sama tempe yang di garang atau ngga ada juga yang ditambah sama daun sembukan.
Untuk bumbunya ada kelapa muda yang diparut (kelapa muda di sini bukan kelapa muda yang di huat es ya) lalu dibumbui pakai kencur garam sama bawang. Dan untuk trancam ini sedikit berair karena ulah si timun.
Dan trancam ini cocok banget kalau dimakan sama ayam panggang guys.
~~~~~
Sekian kejelasan aku tentang makanan tradisional yang ikut debut di Bloom, semoga kalian berkenan nyoba ya guys~
Kalau ada yang kurang kalian bisa ngasih tau aku biar aku tambahin, okay?
See you👋
-el 🦒
KAMU SEDANG MEMBACA
Bloom - Jichen ✅
Short StoryChenle yang baru saja memergoki kekasihnya selingkuh langsung memutuskan untuk ikut pamannya untuk berlibur di desa. Ia berharap pilihan liburannya kali ini akan membuatnya lebih mudah melupakan si mantan kekasihnya itu. Dan sepertinya harapannya be...