By : Ika Puspita
PART 62
*****
"
" Karena aku SITI AISYAH.... SITI AISYAH... " ucap ratu Ruqayah tegas menunjukkan siapa dirinya saat ini, raja menatap heran ratunya yang satu ini, seorang ratu Ruqayah mau berbuat sesuatu untuk orang lain??? Ini sebuah kejutan luar biasa.
" Silahkan Siti Aisyah... " ucap ratu Jodha mempersilahkan, dengan langkah pasti ratu Ruqayah berdiri di depan anak - anak siap untuk memberikan pelajaran berhitung pada mereka, sedang ratu Jodha dan raja duduk disudut ruangan sambil memperhatikan apa yang akan dilakukan oleh ratu Ruqayah.
" Katakan padaku apa masalah mereka dalam perhitungan??? " tanya ratu Ruqayah pada salah seorang guru.
" Mereka kesulitan dalam menjumlahkan angka yang lebih dari 20, karena selama ini mereka selalu menggunakan jari tangan dan jari kaki mereka untuk menghitung penjumlahan." ratu Ruqayah tersenyum sinis mendengar penjelasan guru tersebut, ia telah menemukan cara muda dalam melakukan penghitungan dalam angka yang lebih dari 20. Dengan penuh percaya diri ratu Ruqayah mulai memberikan cara menghitung angka dalam jumlah besar.
" Katakan padaku apa kalian kesulitan menjumlahkan angka yang lebih dari 20??? "
" Yaaaa... " jawab anak - anak itu kompak.
" Maukah aku beri tau cara yang mudah untuk menghitungnya???? "
" Mauuuuuu.... " jawab mereka antusias.
" Tunjukkan soalnya... " pinta ratu Ruqayah, kemudian sang guru menulis di papan kayu soal perhitungan dengan menggunakan arang."
" 20 + 5 =..... Ada yang bisa??? " tanya ratu Ruqayah, semua anak menggelengkan kepala, karena memang selama ini mereka baru bisa berhitung sebatas angka 20 karena metode mereka menggunakan 10 jari tangan dan 20 jari kaki, sehingga untuk hitungan melebihi itu mereka sedikit kesulitan.
" Dengarkan aku baik - baik 20 + 5 =.....
20 dimulut ( ratu Ruqayah sambil menunjuk mulutnya ) 5 ditangan ( ratu Ruqayah menunjukkan 5 jemari tangannya, lalu mulai menyentuh bibirnya lagi) 20, setelah 20, 21,22,23,24,25 ( setiap perhitungan ratu Ruqayah mengatupkan jemarinya, hingga ke 5 jemari itu mengatup semua) jadi 20 + 5 =....??? "" Dua puluh limaaaaaaaa..... " jawab anak - anak itu kompak.
" Betul.... " sontak saja suasana menjadi riuh saat mereka mereka berhasil menemukan jawaban dari perhitungan lebih 20 itu.
" Selanjutnya 15 + 7 =..... Lakukan seperti yang telah ibu ajarkan tadi... " ucap ratu Ruqayah, semua anak melakukan apa yang dicontohkan oleh ratu Ruqayah.
" 15 dimulut 7 ditangan, => 15, ===>16 17,18,19,20,21,22. "
" Jadi 15 + 7 =.... "
" Dua puluh duaaaaaaa.... " suasana semakin riuh, mereka begitu bergembira saat kembali berhasil menyelesaikan soal yang selama ini sulit mereka kerjakan menjadi sangat mudah dikerjakan, ratu Jodha dan rajapun tampak bahagia melihat bagaimana ratu Ruqayah berhasil memecahkan masalah perhitungan ini, bahkan ratu Jodha tampak kagum dengan cara yang dimiliki ratu Ruqayah, metode belajar yang mudah untuk diikuti dan dimengerti oleh anak - anak.
" Kau luar biasa siti Aisyah... aku tak menyangka kau memiliki metode belajar yang sangat bagus, mudah dimengerti dan tidak sulit diikuti." puji ratu Jodha saat proses belajar mengajar telah selesai, ratu Ruqayah hanya tersenyum tipis mendengar pujian ratu Jodha.
" Pandora benar, kau benar - benar cerdas siti Aisyah, aku bangga padamu." puji raja tulus yang seketika membuat ratu Ruqayah tersenyum sumringah.
" Benarkah kau bangga padaku Ja... tuan Umar??? sekarang kau taukan bahwa aku juga bisa melakukan sesuatu seperti DIA ( sambil melirik ratu Jodha ). " raja dan ratu hanya tersenyum melihat sikap ratu Ruqayah, sekarang mereka tau mengapa ratu Ruqayah mau mengajari anak - anak itu, tapi tidak masalah apapun niat ratu Ruqayah, yang terpenting anak - anak telah mendapatkan ilmu baru yang telah menyelesaikan masalah mereka selama ini.
KAMU SEDANG MEMBACA
The Hidden Diamond
Ficción histórica-Jodha Kunwari Hazeb -Jalalludin Babur Khan -Omar Babur Khan perjuangan memperoleh status,kehormatan,penghormatan,kekuasaan,kedudukan yang di bumbuhi oleh intrik2 licik,serta perjuangan menemukan CINTA SEJATI yang tidak mudah dalam lingkaran Cinta...