ngomongin soal papa, gue yakin semua orang pasti punya papa. entah itu papa tipe galak, baik, pengertian, humoris, overprotective, kejam, santai, dan juga tipe lainnya.
menurut gue, semua papa itu pahlawan tanpa jasa. meskipun terlihat kejam dan kasar dari luar, mereka menyimpan kesedihan yang dalam dihatinya. marahnya mereka bukan karena benci, tapi karena khawatir.
mereka kadang rela tidur telat walaupun lelah cuma buat nunggu anak perempuannya pulang. mereka rela nahan rasa sakit cuma buat liat senyuman anak sama istrinya.
gue sering ngerasa kesel sama papa. papa gue itu orang yang terlalu over, beliau selalu ngawasin gue. beliau selalu marah kalo gue pulang telat. beliau selalu introgasi gue kalo abis jalan sama cowok. beliau bahkan nyari tau latar belakang temen temen gue. ngeselin banget, kan?
gue juga kadang benci sama papa, tapi kebencian gue gak berarti apa-apa waktu liat papa ketiduran disofa dengan wajah lelahnya cuma buat nunggu gue.
gue nangis, gue minta maaf sambil nunduk. gue takut. tapi namanya juga orang tua, sebesar apapun kesalah gue— papa bakal senyum dan bilang supaya gue gak ngulangin kesalahan yang sama lagi.
gue udah bilang kalo papa gue itu terlalu over dan selalu ngawasin gue, kan? kayak sekarang ini, nih. beliau bahkan rela ke kampus cuma buat ngawasin gue. walaupun ngawasinnya agak jauh dari tempat gue berdiri, sih.
"chaeng, jadi 'kan lo ikut sama kita?" tanya doyeon temen sekelas gue.
papa sering nyuruh gue buat jauhin dia. menurut papa, doyeon bukan orang baik, entah gak baiknya karena apa. papa gak pernah jelasin.
"jadi kemana?"
"karaoke lah sama kita, lagian bokap lo gak bakal marah kali ini. ikut, kan?"
gue lirik papa sekilas. papa udah nunjukin tatapan tajamnya sambil gelengin kepala, tanda gue harus nolak ajakan doyeon.
"gak deh, yeon. gue capek, lain kali aja, ya." tolak gue sehalus mungkin. bisa gue liat perubahan doyeon, dia natap gue gak suka sekarang.
"cupu lo." abis ngomong gitu, doyeon pergi ninggalin gue.
hhh, mungkin ini salah satu alasan kenapa papa nyuruh gue jauhin dia.
"chaeng! chaeng!" yeonjung lari lari nyamperin gue.
"kenapa, jung?"
"lo jangan ikut sama gengnya doyeon! jangan!"
"kenapa?"
"tadi gue liat pacarnya doyeon bawa kondom banyak, katanya mau ngajak temen cowoknya juga. lo tau 'kan pacar doyeon sama temennya bukan orang bener? gue yakin mereka gak cuma karaoke disana!" penjelasan yeonjung bikin gue kaget. doyeon mau ngejebak gue? tapi salah gue apa?
gue lirik papa lagi, kali ini papa senyum sambil nunjukin jempolnya tanda gue udah ngelakuin hal yang bener.
"makasih, pa." kata gue tanpa suara, tapi gue yakin papa tau apa yang gue ucapin.
"hai, hoon. maaf lama." kata gue sedikit basa basi. malam ini jihoon ngajakin ketemuan, katanya, sih, mau ada yang diomongin.
"gapapa, kok. ayo duduk, ce." gue nurut, gue duduk disebelah jihoon.
"mau ngomong apa, hoon?"
ssrrkk! srrkkk!
"suara apa, tuh? kucing?" tanya jihoon penasaran. gue ikut nyari sumber suara, dan tepat seperti dugaan gue, disana ada papa yang nyoba sembunyi buat nguping pembicaraan gue sama jihoon.
"udahlah biarin aja. buruan lo mau ngomong apa? ini udah malem." jam sepuluh lewat lima belas menit udah termasuk malem, kan?
"kalo kemaleman lo nginep dirumah gue aja." jihoon cengengesan, bikin gue ngerasa ada yang aneh sama dia hari ini. "gue suka sama lo. lo mau gak jadi pacar gue?"
"lo bercanda?" pekik gue kaget. gue sama jihoon baru kenal tiga hari yang lalu dan sekarang jihoon nembak gue? itu gak masuk akal.
"gue serius, ce. jadi pacar gue, ya?" jihoon pegang tangan gue. gue diem, jihoon ngomong serius, tapi matanya selalu ngelirik kearah lain, tanda dia bohong.
gue nengok kearah papa, lagi-lagi papa gelengin kepalanya tanda gue harus nolak.
gue ngehela nafas agak berat terus natap jihoon, "gue gak tau apa yang lo sembunyiin, tapi yang jelas— gue gak bisa pacaran sama lo." gue bisa liat jihoon yang mulai emosi. terbukti waktu dia ngelepasin tangan gue agak kasar.
"kenapa?!"
"ya gue gak mau aja."
"sialan. nyesel gue ngajak woojin taruhan buat macarin lo. cih, gara-gara lo duit dua juta gue melayang!" jihoon ngeludah abis itu angkat tangannya, bersiap buat nampar gue.
gue merem, mata gue perih, sakit rasanya digituin sama cowok yang bahkan gak gue kenal dengan baik.
"aw!" gak, itu bukan suara gue, tapi suara jihoon. gue bisa liat kepala jihoon ngeluarin darah.
"anjing! siapa yang ngelempar gue pake batu, hah? ngaku?!" jihoon teriak kesetanan, abis itu dia pergi buat nyari pelaku? mungkin.
gue samar samar denger gelak suara, suara tawa yang gak asing ditelinga gue. itu suara papa, papa lagi ketawa sambil liatin jihoon yang lari sambil teriak. gak salah lagi, itu pasti ulah papa. lagi lagi papa nyelametin gue.
"sekali lagi makasih, papa."
jam sebelas pas, dan gue masih ada dijalan mau pulang sendirian, ah gak sendirian, sih. dibelakang gue ada papa, papa ngikutin gue dari belakang.
kalo kalian nanya kenapa papa gak mau jalan disamping gue—gue juga gak tau jawabannya kenapa. papa yang biasanya sering ngomel sekarang jadi lebih kalem, papa yang biasanya turun langsung buat ngawasin gue sekarang cuma bisa ngawasin dari jauh.
gue udah sering ngajak papa ngomong, tapi selalu papa balas sama senyuman. abis itu papa pergi.
gue sedih. jujur, gue lebih suka papa yang dulu.
"papa sini." gue ngehentiin langkah terus nyuruh papa buat nyamperin. tapi lagi-lagi papa cuma senyum, dan tetap milih buat ngikutin gue dari belakang. gue nyerah, gue mutusin buat biarin papa jagain gue sampe gue nyampe didepan rumah.
"papa ayo masuk!" ajak gue, tapi papa ngegeleng sambil senyum, tanda dia nolak.
"mama pasti kangen sama papa, ayo masuk, pa." ajak gue lagi. papa masih diem ditempatnya, lengkap dengan senyumannya.
gue nangis, "papa! chaeng mohon ayo masuk kerumah. papa jangan pergi lagi." mohon gue sambil berlutut. gue liat papa juga nangis, tapi masih gak mau nyamperin gue.
"papa gak bisa.. kamu jagain mama, ya. maaf papa belum bisa jadi ayah yang baik buat kamu. papa sayang kamu, chaeyoung. jaga diri kamu baik-baik, ya? janji sama papa kamu gak boleh sedih lagi, oke? papa selalu ada disamping kamu, papa janji. malam ini kamu tidur sama mama gih. tadi papa liat mama lagi nangis. papa pergi sekarang. inget pesen papa tadi. dadah anak kesayangannya papa.." abis ngomong gitu papa pergi, papa mengilang bersamaan sama hembusan angin.
gue cuma bisa nangis, gue pengen nyegah papa. andai waktu bisa diputar. andai dulu gue bersikap lebih baik. andai dulu gue bisa ngertiin sifat papa——andai papa masih hidup...
KAMU SEDANG MEMBACA
Symphony; [Son Chaeyoung]
Fanfictionjust a chaeyoung's random story. ©meyuuli, 2018