51. Berbeda (Creepy)

196 24 4
                                    


Apa kau pernah merasa seperti apa yang kurasakan saat ini??

Merasa berbeda dari semua orang lainya?

Maksudku bukan sekedar berbeda pandangan hidup, keyakinan, ideologi atau hal-hal semacam itu...

Yang ku maksud adalah, berbeda secara keseluruhan. Seperti kita dan semua hal lainnya di sekitar kita berbeda, jauh...

Aku punya perasaan yang selalu menghantuiku, seolah-olah apa-apa yang telah ku alami sepanjang hidupku ini hanya ada di kepalaku, bukanlah sesuatu yang benar-benar terjadi. Bahwa keluargaku, tetangga, teman-teman, bahkan kekasihku hanyalah hasil dari proyeksi di kepalaku. Sial, aku bahkan tidak yakin tubuh fisik ini benar-benar nyata!

Kau tahu film Matrix kan? Ya mungkin perasaanku mirip-mirip seperti itu. Namun alih-alih mesin mengambil alih kesadaran manusia, teori yang kupikirkan lebih gila lagi!

Aku membayangkan kita ini tidak lebih dari NPC dalam video game. Menjadi hiburan bagi siapapun yang menciptakan kita, atau menawarkan sensasi realitas dalam permainan video game mereka. Dan jika yang kupikirkan ini benar, melihat betapa terbatasnya kemampuan NPC dalam video game dibandingkan kita manusia. Bisa jadi kemampuan kita sangat amat jauh dari siapapun atau apapun yang membuat kita, atau bahkan alam semesta ini ada.

Teori yang lebih gila lagi? Oh, tentu saja aku memiliki lebih dari satu teori, mumpung berteori itu gratis kan?

Bagaimana kalau, setidaknya dalam kasusku, umat manusia memang pernah ada, namun hampir punah karena suatu sebab. Dan aku menjadi satu-satunya atau bahkan salah satu dari manusia yang selamat. Alien atau mahluk apapun yang lebih cerdas dari kita menjadikan kami tes subjek, dan me-reka ulang kehidupan manusia dari sejarah.

Mungkin saja tubuh fisik ku nyata, namun hal-hal lainnya adalah dunia alien yang disamarkan dengan, entah, mungkin chip yang ditanam di otakku atau lensa di mataku. Sehingga apa yang kulihat menjadi lebih bumi. Alien terlihat seperti manusia, monster terlihat seperti binatang, tanaman aneh terlihat seperti pohon rambutan misalnya. Mereka menyediakan tempat khusus untuk mengamatiku dan mungkin subjek-subjek lainnya jika aku tidak sendiri.

Jadi berbeda seperti kasus sebelumnya, di sini semua disekitarku benar-benar "nyata", walaupun sudah melewati pengkondisian...

Berarti keluargaku sebenarnya adalah "aktor" alien yang dibayar untuk memerankan keluargaku. Pun begitu dengan orang-orang disekitarku, mereka "aktor" yang dibayar untuk menjadi, yah, orang-orang disekitarku.

Yang manapun yang terjadi, semua kemungkinan itu tidak ada yang menyenangkan...

Bagaimana? Sudah mulai merasakan sedikit kegelisahan yang ku alami??

Maaf kalau sudah membuat kau kepikiran, he he he...

Oh ya, satu lagi...

Kau yakin semua yang kau alami dan rasakan selama ini nyata??

Bahkan mungkin tulisan ini juga hasil simulasi, bukan kenyataan...

Apakah kau benar-benar yakin...

Bahwa keberadaanmu itu nyata?

~ ~ ~


Kotak MisteriTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang