5. Itu Luka

745 106 18
                                    

"Ada yang kemarin baru rapat bareng mantan nih, ups." Fitria menggoda Sea yang saat itu sedang waktunya istirahat.

Tak ada respon dan suara dari Sea, dia hanya menatap Fitria sinis lalu pindah tempat untuk makan. Sementara Fitria kembali mengikutinya ke tempat Sea makan,"kalian beneran pernah pacaran?"

Masih tak ada respon dari Sea, dia masih sibuk dengan makanan di tempat bekalnya sambil mencicipi satu persatu lauk disana. Dia tahu, pada akhirnya Fitria akan penasaran seperti ini, "jangan bilang Pak Nukha itu orang yang udah buat Lo kayak gini?"

"Kayak gini gimana sih, Fit?" kali ini Sea menyahut.

"Buat Lo jadi mengidap skizotipal, dokter Lo kemarin chat gue nanya kondisi Lo karena Lo udah gak pernah lagi Konsultasi."

"Gue gak kenapa-kenapa."

"Sea, temen Lo sekarang cuman gue. Lo boleh cerita apapun sama gue," ucap Fitria.

"Terkadang manusia diciptakan harus semandiri itu agar dia tidak butuh terlalu banyak interaksi dengan orang lain." Sea menjawab.

"Lo butuh, dan semua orang butuh saling berinteraksi. Pak Nukha adalah trauma Lo?"

"Gue capek ngomongin masa lalu," jawab Sea.

"Apa yang udah Pak Nukha lakuin sama Lo?" tanya lagi Fitria.

"Nothing, dia cuman berusaha untuk tetap jadi dirinya sendiri." Sea menjawab.

"Ayolah Sea, cerita sama gue." Fitria memohon.

"Fit, tau gak? mungkin kata privasi terbentuk karena harus adanya batasan dalam perbincangan. Gue bukannya gak percaya Lo, tapi gue lebih nyaman jika gue simpen ini sendiri. Karena dengan menceritakannya mungkin akan mencemarkan nama baik Nukha."

"Mencemarkan nama baik? Pak Nukha selingkuh? atau dia cabul?"

"Fit, nggak." Sea merespon.

"Tapi untuk nyembuhin penyakit Lo, Lo harus belajar terbuka dan berinteraksi sama orang."

"Tapi kenapa harus ngomongin masa lalu? interaksi itu bisa ngomongin banyak hal."Sea menyela.

"Karena sumber penyakit Lo ada di Pak Nukha."

Skizotipal adalah suatu gangguan kepribadian yang menyebabkan kesulitan untuk memiliki hubungan dekat dengan orang lain karena kesulitan berinteraksi dengan pola pikir yang tidak dimengerti orang normal, atau lebih singkatnya suatu kepribadian yang memiliki kecemasan sosial. Biasanya penderita lebih suka menyendiri, atau jika dia dalam keramaian pun dia tidak bisa berinteraksi dengan banyak orang meskipun sudah saling mengenal.

Itu yang dialami Lucia Camila Numa semenjak lima tahun lalu, mungkin itu sebabnya juga dia tidak bisa memiliki hubungan dengan pria manapun karena dia selalu beranggapan bahwa pola pikirnya tidak sama dengan orang lain yang menyebabkan juga timbul gangguan paranoid. Bahkan Sea pernah melakukan terapi kejiwaan karena saat awal gejala dia mengalami delusi yang sangat tinggi, dia banyak mengkonsumsi obat-obatan dari dokter psikolog nya. Walaupun hingga akhirnya kini sudah terasa membaik, namun tetap saja terkadang Sea masih enggan berkomunikasi dengan orang lain sehingga menciptakan sifat seperti sombong atau jutek dalam penilaian masyarakat.

*****

"Sea, saya antar pulang ya." Nukha tiba-tiba datang saat Sea sedang berjalan sendiri menuju lift.

"Gak usah, Pak."

"Kenapa?" tanya Nukha.

Sea tidak menjawab, dia langsung menekan tombol lift secepat mungkin. Tapi Nukha mengikutinya karena ia juga sama-sama ingin pulang, "kamu pernah pacaran lagi setelah kita putus?"

Nukha itu Luka (Tamat)✓ #dilirikmedianbooksTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang