30 || Mengikhlaskan

19.1K 1K 99
                                    

بِسْـــــــمِ اللَّهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَللَّهُمَّ صَلِّى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

اَللَّهُمَّ صَلِّى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

***

"Saya, saya yang akan menikahi Qisti."

Deg!

Seorang lelaki berkemeja coksu muncul secara tiba-tiba dan apa yang diucapkannya barusan sudah berhasil membuat semua anggota keluarga memandang ke arahnya.

"Kak Haris?" gumam Arsyi yang juga ikutan tertegun.

"Saya yang akan menikahi Qisti, Tante." Haris mengulang kembali ucapannya agar keluarga Qisti percaya kalau ini bukan sebuah rekayasa.

Haris begitu percaya diri mengatakan hal itu tanpa memikirkan bahwa ada yang terluka dengan perkataannya. Jelas siapa lagi kalau bukan Arsyi, gadis itu sudah terdiam beku dengan matanya yang mulai berkaca-kaca, ingin sekali menyuruh Haris menarik kembali perkataannya, namun belum sempat bertindak, Aishan lebih dulu menahannya, dia mengerti bagaimana sakitnya perasaan Arsyi sekarang, tapi ini bukanlah waktu yang tepat untuk Arsyi meluapkan kesedihannya.

"Siapa kamu?" tanya Papi Haydar.

"Pak Haydar, saya Haris, saya adalah sepupu dari orang yang sudah membuat putri Bapak seperti ini. Kedatangan saya ke sini karena saya ingin melamar putri Bapak menjadi istri saya, saya ingin menebus semua kesalahan saya, mungkin saya telah salah mendidik Varrel hingga dia sampai berbuat sekejam ini kepada Putri Bapak."

"Saya minta maaf karena saya telah lancang melamar putri Bapak, saya memang tidak memiliki apa-apa, penghasilan saya juga tidak seberapa, tapi saya janji, Pak, jika Pak Haydar mengizinkan, saya pastikan kalau Qisti akan kembali tersenyum, saya juga janji bahwa saya akan menjadi imam yang baik untuk putri Bapak."

Semua pasang telinga dibuat takjub dengan penuturan Haris yang begitu tulus diutarakannya. Pria mana yang rela menikahi seorang gadis seperti Qisti sekarang. Tapi Haris, dari sorot matanya, Papi Haydar dan Mami Widya bisa melihat bahwa ada ketulusan dan cinta di sana.

Papi Haydar melangkah mendekati Haris dan memegang pucuk kepalanya. "Mulia sekali hatimu, Nak." satu kalimat pujian yang sepantasnya Haris dapatkan.

"Tapi semuanya tergantung Qisti sendiri, jika Qisti menerimanya, maka restu kami juga ikut serta bersama kalian."

Haris paham dengan maksud Papi Haydar, dengan sedikit keberanian yang tersisa, perlahan Haris mendekati Qisti yang masih menangis dalam pelukan Maminya. Haris berlutut di hadapannya, Qisti sendiri masih belum percaya dengan apa yang sedang berlaku.

Ais & Syi || SEGERA TERBITTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang