"Pernikahan itu adalah ibadah, fankihu ma toba lakum nikahilah wanita yang engkau sukai, pasangan antara laki-laki dengan perempuan itu disebutnya digolongkan wa min aayyati tanda-tanda kebesaran Allah artinya pasangan ananda berdua disejajarkan dengan tegapnya langit, terhamparnya bumi, gemuruhnya halilintar, turunnya hujan bahkan penciptaan manusia ini. Hanya diapit dengan dua kata yang sederhana, waktu yang sangat singkat, hanya ijab dan qobul, cuma sebentar tapi disitu terjadi perubahan yang sangat besar. Di dalam Al-Qur'an perjanjian yang agung itu disebutnya mitsaqan ghaliza."
"Astaghfirullahal'adzim...Astaghfirullahal'adzim...."
"Saudara Muhammad Assyraf Perwira bin Wiratmaja Perwira, Ayah nikahkan saudara dengan Aila Naras Dimantoro putri kandung Ayah dengan maskawin logam mulia seberat 75 gram ditambah seperangkat alat shalat dan Surah Ar-Rahman dibayar tunai."
"Saya terima nikahnya Aila Naras Dimantoro binti Dimantoro dengan maskawin tersebut dibayar tunai."
Alhamdulillah. Kedua pasangan yang ditakdirkan Allah tersebut telah sah menjadi suami istri. Rasa gugup yang dialami dokter Assyraf hilang begitu saja setelah ijab qobul terucap.
Aila mencium tangan dokter Assyraf kemudian lelaki yang sudah sah menjadi suaminya itu memegang kepala Aila sambil membacakan sebuah do'a. Lalu dicium lah kening Aila dengan sayang.
Aila tampak begitu cantik dan sangat terlihat aura bahagia nya begitu pun dengan dokter Assyraf yang terlihat begitu tampan. Keduanya mengenakan pakaian adat tradisional Jawa berwarna putih sebagai lambing kesucian saat akad nikah.
Setelah upacara pernikahan terlaksana, kemudian dilanjutkan upacara panggih yakni temu, dalam arti kedua pengantin bertemu sebagai sepasang suami istri. Yang di dalamnya berisi berbagai acara yang akan memantapkan kedua mempelai dalam membina rumah tangga nya. Yakni acara balangan gantal, ngidak tangan/nincak endog, sinduran, bobot timbang, minum rujak degan, kacar kucur, dulangan, dan yang terakhir sungkeman.
***
"Ketika mendengar lantunan ayat suci Al-Qur'an yang begitu indah darimu membuat ku semakin yakin dan mantap. Maha Baik Allah yang telah mengirimkan mu untuk ku, Mas."
"InsyaAllah, aku akan menjalani kewajiban ku sebagai istrimu dengan baik. Semoga cinta kita akan abadi sampai jannah-Nya."
Aila menyuarakan semua yang ada di dalam fikiran nya, hatinya terenyuh, mata nya mulai berkaca-kaca. Ia tak pernah menyangka bahwa skenario Allah begitu tak pernah bisa di duga. Kata-kata apa yang cocok mewakili kedua nya? "Dosenku Suamiku" atau "Mentor Mantanku kini jadi Suamiku". Meski ada perbedaan usia yang cukup jauh yakni 9 tahun, namun hal itu tak menjadi penghalang. Allah telah mengganti sosok Abram dengan seseorang yang tak pernah di duga sebelumnya oleh Aila. Mungkin ini lah yang dinamakan rahasia jodoh.
***
Siapa yang pernah menyangka bahwa mahasiswi saya sendiri telah menjadi istri saya. Sejak pertama bertemu dengannya di acara reuni fakultas kedokteran, ia memang gadis yang mampu menggerakkan hati saya yang biasa nya tak begitu perduli dengan sebuah rasa. Saat itu ia masih bersama Abram, junior saya.
Bertemu kembali, ia menjadi mahasiswi saya di prodi kebidanan saat saya mulai menggantikan dokter Anton. Saya merasa bahwa ini lah takdir Allah untuk saya. Tak pernah saya rencanakan untuk mendekati nya, namun setelah mengetahui ia tidak lagi bersama Abram membuat hati bergerak untuk melakukan sesuatu. Dan skenario Allah selalu ada saja cara untuk mendekati kami.
Kini, saya telah bahagia karena Aila resmi menjadi istri saya. Banyak rekan-rekan sejawat saya yang meledeki karena mendapat daun muda katanya. Ya, perbedaan usia kami yang memang cukup jauh. Namun, saya sangat menikmati itu. Saya bahkan begitu mencintai sikap manja dan kekanakannya. Sangat lucu mempunyai pasangan yang memiliki perbedaan usia jauh.
***
"Happy Wedding Bu Bidan, Pak Dokter. Aduh, MasyaAllah banget sih, dosen gue nikahin temen gue." ucap Mona sahabat Aila yang datang bersama kekasihnya saat memberikan selamat. Aila tersenyum dengan malu-malu sambil mencubit temannya itu.
"Aduh kok dicubit sih." protes Mona sambil meledeki sahabatnya itu.
"Selamat ya Bro, akhirnya perjaka tangguh sold out juga." ucap dokter Aga sejawat dokter Assyraf sekaligus sahabat.
"Sialan lo." ucap dokter Assyraf kemudian tertawa.
"Selamat ya Aila."
"Iya makasih dok." ucap Aila tersenyum pada dokter Aga. Dokter Aga datang bersama istri dan anak nya yang masih berusia satu tahun.
"Selamat ya sayang atas pernikahannya." ucap dokter Lia, sahabat dokter Assyraf sekaligus yang selalu membuat Aila merasa cemburu saat dulu. Namun kini Aila sudah tidak cemburu lagi karena dokter Assyraf telah menjadi suami nya dan dokter Assyraf telah membuktikan bahwa kedua nya hanyalah sahabat sejak awal masuk kuliah kedokteran umum sampai spesialis.
"Makasih dok." ucap Aila tersenyum dan memeluk dokter Lia.
"Duh, cantik banget sih kamu. Pantas saja Assyraf cinta mati. Waktu kamu ngambek karena salah paham sama aku aja dia sampe uring-uringan" ucap dokter Lia terkekeh.
"Sialan lo, Ia." ucap dokter Assyraf tertawa kemudian. Sementara Aila hanya tersenyum malu.
"Tak pernah bosan dan selalu menjadi topik yang menyenangkan adalah perihal jodoh. Mengapa? Karena kata 'Jodoh' itu memang sebuah rahasia yang tak pernah disangka-sangka dan selalu membuat semua orang terkejut."
[The Greatest Husband]
KAMU SEDANG MEMBACA
The Greatest Husband
RomanceSaat pertama kali Abram menatap Aila dengan mencuri-curi kesempatan. Saat Abram mencoba menghidupkan suasana dan renyah tawa untuk mendekati Aila. Di suatu tempat yang akhirnya menjadi tempat favourite untuk mereka. Akan kah mereka terus menyatu dan...