Halo semuanyaaa... Perkenalkan, saya Utih Amartiwi, mahasiswi S2 Data Sains di Innopolis University, Rusia.
Alhamdulillah saya penerima beasiswa Innopolis yang saat ini sedang dibuka pendaftarannya hingga 1 April 2020 nanti.Bisa cek selengkapnya di web info pendaftaran kampusnya:
https://apply.innopolis.ru/en/Innopolis University. Kampus ini menawarkan beasiswa khusus di bidang IT & Robotik. Seperti software engineering, data science, robotik, artificial intelligence, cyber security, bioinformatics, dll.
Beasiswa ini mencakup: Bebas SPP + uang saku bulanan yg sangat cukup untuk kebutuhan sehari² (bahkan berlebih).
Uang sakunya :
S1 : 12rb - 36rb rubel
S2 : 18rb - 42rb rubel
S3 : 50rb rubelRata² pengeluaran/bulan : 7rb rubel (2rb untuk asrama, 5rb kebutuhan lainnya), balik lagi tergantung gaya hidup masing².
Sayangnya, dg beasiswa yg cukup besar ini masih sedikit mahasiswa Indonesia yg tau. Saat ini baru ada 3 mahasiswa Indonesia dan S2 saja, kami berharap lebih banyak lagi mahasiswa Indonesia yg disini, khususnya untuk program S1.
Cerita gimana kehidupan sehari² di Innopolis ada di video ini:
https://youtu.be/odZwayHhF8IKenapa Data science?
Kenapa di Rusia?1️⃣ Rusia dan Indonesia sama² negara yang luas
Saat ini data lebih berharga dari minyak dan emas. Dengan luas negara dan jumlah penduduk yang besar Indonesia kaya akan data yang harusnya bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Tapi sayangnya data saintis di Indonesia masih sedikit dan pengelolaan datanya belum rapi. Karena itu saya mau belajar dari negara maju yang juga besar untuk tau gimana mereka mengelola dan memanfaatkan peluang data ini.
2️⃣ Home of famous scientist
Rusia sudah tidak diragukan lagi untuk bidang IT, matematika dan statistik. Disini saya bisa liat penerapan teknologi yg kalo di Indonesia masih teori, misalnya taksi tanpa pengemudi (self driving car).
Di kampus saya, tugas² banyak yg berhubungan dgn masalah industri langsung. Misalnya u/ self driving car, saya dpt tugas untuk membuat program pendeteksi rambu lalu lintas dengan ketepatan yg tinggi agar mobil bisa bergerak sesuai rambu².
3️⃣ Biaya hidup murah dan ramah muslim
Biaya hidup di Rusia relatif murah dibandingkan negara eropa lainnya. Bahkan, secara rata² lebih murah dari biaya sehari² di Jakarta. Untuk kebutuhan muslim pun sangat mudah. Bebas berhijab, sholat, dan makanan halal mudah didapat. Bahkan di asrama kampus saya tersedia kantin khusus halal dan musholla.Mengenai program kampus dan proses aplikasi beasiswa bisa juga baca disini. Ini presentasi saya di webinar PPI Dunia tempo hari.
Tips Lolos Beasiswa
Tips utama saya untuk mendapat beasiswa adalah mendaftar. Pasti mikirnya "yaiyalah..." ya kalo gitu daftar dong. Ok ga usah daftar dulu deh, baca2 syarat beasiswanya dulu (udah belum?) kalo udah siapin berkas sesuai persyaratan dari sekarang sebelum keburu deadline. Bagi yang belum, harap jangan malas membaca & memahami tiap detail persyaratan di web utamanya.
Saya juga nulis di Ig berdasarkan pengalaman saya, silahkan baca²:
1. https://www.instagram.com/p/B6RnefDBhgI/?igshid=1ltnpd6v42t4i
2. https://www.instagram.com/p/B6c0kGQhFuP/?igshid=eflchv7sxz6b
3. https://www.instagram.com/p/B6nu85ohP7-/?igshid=x8glm1znzf5t
Tanya-jawab
Pertanyaan:
Perkuliahan di rusia atau di negara lain (Luar Indonesia) itu kesehariannya seperti apa? Apakah sama seperti di Indonesia? kuliah, pembelajaran, tugas, ekstrakurikuler, semacam itu. Atau ada yang membedakan antara kuliah di luar negeri dengan di Indonesia?Jawab: Sudah saya jelaskan di bagian "Kenapa di Rusia?" dan ada link youtube yg saya share juga mengenai kehidupan sehari² kami disini.
Pertanyaan:
Ada gak sih suka duka kuliah di russia? dan bagaimana cara si pemateri untuk memanajemen waktu belajar?Jawab: Sama ya, bisa tonton di YouTube yg saya share. Kalo manajemen belajar tergantung personalnya, keseringan saya belajarnya tengah malam - subuh.
Pertanyaan: Gimana ceritanya kk, apa waktunya tidak cukup kk?
Jawab: Maksudnya? Kan ditanyain gimana bagi waktu belajarnya, ya saya senangnya tidur cepat, nanti belajarnya dari tengah malam - subuh.
Pertanyaan:
Boleh share project description? Dan boleh share online test dan wawancaranya seperti apa?Jawab: Bisa liat di video Youtubenya ya, dan kalo dah daftar sih di webnya juga lengkap kok apa aja yg perlu dipelajari sebelum tes.
Pertanyaan:
Suka dukanya nih selama belajar di Rusia?Jawab: Ya tadi itu yg sama ceritain "kenapa di Rusia?" Saya bisa liat langsung teknologi yg kalo di Indonesia masih wacana (bahkan mungkin belum dibincangkan), kayak taksi tanpa pengemudi, cctv yg bisa deteksi perorangan, dll. Ngerjain tugas kuliah yg real industry problem, dll. Dukanya ya masalah adaptasi aja sih sama budaya lokal, tp ga sulit.
Sumber: Utih Amartiwi
KAMU SEDANG MEMBACA
Celengan Pengetahuan 2
RandomBerisi catatan materi, tips, info, dsb. -> Lanjutan dari Celengan Pengetahuan Cover © to the rightfull owner, from google