Tips & Trik membuat komik:
Pertama, catat dulu mau bikin komik apa, karena kalau di awang-awang kadang hanya jadi ide tidak kunjung dieksekusi, misalkan mau bikin komik tentang ninja, catat saja dulu di list to do kamu.
Kedua, banyakin referensi yaaa, sering-sering cari komik yang menurut kamu bagus. Manfaatkan media sosial, Instagram misalnya. Dengan Instagram kalian bisa tiap hari scroll-scroll sambil ngabisin waktu luang.
Kamu juga bisa mencari referensi di tempat lain seperti Pinterest dan Behance. Jangan lupa save apabila kamu suka dengan komiknya.
Ketiga, pelajari apa saja yang teman2 butuhkan, misal teman2 butuh belajar anatomi tubuh belajar aja dulu pelan-pelan. Siapkan segala sesuatunya, kamu bisa juga menyicil buat mendesain karakternya yang ada di komik.
Keempat, breakdown catatanmu tadi di awal. Kuatkan dalam hal menulis untuk membuat narasi yang dapat diceritakan melalui gambar yang berurutan. Tulis apa saja yang teman2 ketahui. Dalam step ini teman2 bisa menentukan tema dan gaya komik yang menurut kalian nyaman untuk kalian kerjakan dalam waktu kedepan.
Kelima, membuat draf kasar atau naskah. Tuliskan setiap detail dari komik teman2 disini. Teman2 sebagai penentu cerita bagaimana komik itu akan dibuat.
Keenam, membuat sketch kasar, diskripsikan komik teman2 dari draf kasar yang telah dibuat.
Selanjutnya, buat sketsa per frame, buat sketsa setiap detail dari frame, kembangkan dari sketsa kasar tadi. Jangan lupa atur frame yang mudah untuk dibaca alurnya dan juga menarik ya.
Lalu, sisipkan ballon atau gelembung teks yang bermacam-macam seperti gelembung ketika karakter kalian berfikir, berbicara, aspek suara, dll.
Kemudian, setiap teman2 menggambar per frame hajar aja dahulu, setelah jadi kalau sekiranya ada yang perlu dihilangkan tetap hajar aja dulu, ganti dengan frame yang lebih cocok sembari bereksperimen dengan bentuk frame yang bermacam-macam.Nah, kemudian detailkan gambar yang kamu buat sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Semangat yaaa. Lalu, evaluasi komik kalian apabila ada yang diubah. Nah, lanjut posting, kalian bisa posting di web sendiri, sosial media, dll.
Mmm... kalau aplikasi pakai aja yang menurut teman2 itu dapat membuat mood kalian bagus, nyaman memakainya, dan punya keinginan untuk eksplor lebih. Apabila teman2 pakai pen tablet bisa mencoba pakai Photoshop, SAI, Autodesk stechbook, Affinity designer, dll. Apabila pakai handphone kalian bisa pakai adobe draw, kalau tablet bisa pakai procreate. Nah, kebetulan saya pakai procreate karena nyaman aja gitu.
Sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk gambar, cari yang menurut teman2 paling nyaman. Dulu pernah pakai di Adobe draw untuk di android, proses menggambarnya bisa pakai jari, stylus juga bisa yang murmer. Untuk pengguna tablet bisa menggunakan procreate yang paling kami rekomendasiin soalnya tampilannya enggak mengintimidasi dengan banyaknya icon yang ada sehingga nyaman untuk digunakan.
https://www.youtube.com/watch?v=kDU4pVA6vL4
Ini untuk referensi, adobe draw untuk android.
Untuk belajar anatomi tubuh, saya sih biasanya pakai bantuan ini untuk menggambar karakter. Nah ini bisa digunakan untuk referensi gerak ya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Celengan Pengetahuan 2
RandomBerisi catatan materi, tips, info, dsb. -> Lanjutan dari Celengan Pengetahuan Cover © to the rightfull owner, from google