Sharing Seputar COVID-19

11 0 0
                                    

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat malam, semoga kita dalam keadaan sehat semua. Salam kenal ya. Sebelumnya terima kasih saya diundang buat sharing seputar Covid19 ini.

Saya harap kita bisa banyak cerita dan berbagi malam ini, semoga yang tadinya panik jadi tidak terlalu khawatir lagi.

Kita mulai aja ya.

Di sini saya akan memberi materi ringkas ttg gambaran umum apa itu Covid19, gejalanya, dan apa yang dilakukan untuk menghadapi pandemi ini.

*File*

Silakan dibaca dulu teman-teman. Ini ringkas saja, karena aslinya pembahasan ini bisa panjang.

Betul, banyak dibutuhkan relawan buat membantu menangani pandemi ini. Beberapa daerah sudah membuka RS khusus Covid kan.

Pertanyaan: Jadi, yang sering terlintas itu, gejala yang hampri serupa dengan flu biasa. Kadang sekarang udah panik gitu. Mungkin nggak si aku terpapar virus itu? Kalo misalnya perjalanan luar negeri, ga pernah. Dekat dengan orang yg sakit Covid juga hampir nggak pernah. Bisakah terpapar, Mba?

Jawab: Kalau tinggal di daerah transmisi lokal, terutama yang redzone, dan pernah keluar rumah selama 14 hari terakhir, makin besar kemungkinan pernah terpapar.

Pertanyaan: Kalau misalkan yg terkena covid katanya paru2 nya rusak dan nyawanya hilang separuh , bener ngga sih?

Jawab: Berdasarkan kasus sembuh yang sudah ada, konon tidak semua mengalami perbaikan total. Beberapa orang (ini masih pakai "beberapa" karena belum ada studi pasti karena pandemi yang masih berlangsung), mengalami fungsi paru-paru yang turun 20-30%. Trendnya, semakin sehat dan semakin cepat Covid ini ditangani, semakin baik juga kesembuhan yng diperoleh.

Pertanyaan:
1. Kabarnya para dokter, perawat dan tenaga medis dari Cina akan datang di Indonesia, untuk membantu menjadi tenaga medis Indonesia. Nah, yang saya tanyakan bagaimana perkembangan covid-19 di Cina? Apakah sudah menurun grafik penyebarannya (mohon diingatkan, kurang paham ini namanya apa) sehingga para tenaga di sana dikirim ke sini.

2. Apakah tes lab yang digunakan untuk covid-19 prosesnya lama? Dan bagaimana sebuah rumah sakit itu mengeluarkan hasil untuk covid-19 ini?

Jawab:
1. Sejak awal Maret, Cina berhasil menekan angka kasus baru corona, menekan kematian, dan grafik infeksi Coronavirus mereka makin membaik. Sejak diberlakukannya lockdown dan social distancing total di China, per awal Maret bisa dilihat jumlah penambahan kasus baru tiap harinya tidak ada penambahan signifikan.

 Sejak diberlakukannya lockdown dan social distancing total di China, per awal Maret bisa dilihat jumlah penambahan kasus baru tiap harinya tidak ada penambahan signifikan

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Bahkan sejak per 7 maret kasus baru yang ditemukan sudah berjumlah <100 per hari. Ini sangat signifikan melihat jumlah penduduk Cina yang padat.

 Ini sangat signifikan melihat jumlah penduduk Cina yang padat

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
Celengan Pengetahuan 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang