Baik, perkenalkan nama saya Novitasari Tribuana Tungga Dewi, teman-teman bisa panggil saya Dewi.
Saat ini bekerja sebagai Ahli Gizi di SMC RS Telogorejo.Tujuan saya memilih tema ini karena banyak banget dari teman" berbagai usia yang sering bingung arti dan cara diet itu sendiri.
Terlebih diet yg beredar di masyarakat banyak sekali, mulai dari diet ketogenik, diet mayo, atkins, OCD, paleo, GM, vegetarian dll.
Hayooo kalian sendiri pernah coba yang mana?
Pertama kita pahami dulu arti diet itu sendiri ya.
Supaya teman" lebih paham. Intinya, diet adalah pengaturan pola makan. Pola menyangkut 3J, yaitu jenis jumlah jadwal.
Diet ada berbagai macam:
1. Diet penyakit (diet diabetes, diet ginjal, diet kolesterol).
2. Diet meningkatkan berat badan (biasa dipakai atlet, misal untuk menaikkan massa otot).
3. Diet menurunkan berat badan (biasa dipakai model, aktris, atau seseorang yang berlebihahn berat badan.
Jadi dipahami dulu yah, DIET itu bukan hanya PENURUNAN BERAT BADAN, tapi seperti 3 jenis yang saya sebutkan sebelumya.
Namun malam ini kita fokus membahas diet untuk MENURUNKAN BERAT BADAN saja. Maka diharapkan materi diskusi nanti sesuai teman malam ini ya.
Sebelum diet, kita perlu tau Indeks Massa Tubuh (IMT) kita.
IMT adalah indeks untuk menentukan seseorang mempunyai berat badan normal, berlebih (overweight) atau obesitas.
Yuk hitung dulu guys!
Setelah itu lihat klasifikasi di bawah untuk menentukan kamu masuk golongan mana yaa.
Supaya 1 persepsi, kita pake klasifikasi dari WHO yaaa.Cara Menghitung IMT
Satuan IMT : (Kg/m²)
Artinya :Tinggi Badan Kalian : M² diubah jadi M X M
KAMU SEDANG MEMBACA
Celengan Pengetahuan 2
RandomBerisi catatan materi, tips, info, dsb. -> Lanjutan dari Celengan Pengetahuan Cover © to the rightfull owner, from google