All About LPDP DN

33 0 0
                                    

Selamat siang semuanya, apa kabar. Aku kenalin diri dulu ya singkat. Silakan panggil saja Chiko.

Aku kebetulan baru banget lulus S2 di bulan Maret 2019. Aku kuliah di jurusan Manajemen Teknologi, ITS, Surabaya. Alhamdulillah aku dapat beasiswa LPDP Dalam Negeri. Mungkin kita bisa cerita2 nih.

Teman2 udah pada familiar dengan LPDP ga ya?

LPDP itu beasiswa dari pemerintah Indonesia, LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). Pengelola utamanya adalah Kementerian Keuangan, tapi ada Kementerian Pendidikan, Risetdikti dan juga Agama yang jadi dewan penasehatnya.

LPDP ini ada yang untuk dalam negeri, ada yang luar negeri. Aku dulu ikut LPDP di tahun 2016. Mungkin mekanismenya banyak perbedaan dengan yang LPDP saat ini, jadwalnya juga berbeda. Jadi teman2 sering2 cek di websitenya aja. Setauku sekitar bulan Juli dan September sih kalau tahun ini. Tapi cek lagi ya di websitenya

Kenapa aku tertarik dengan LPDP? Karena tujuan dari beasiswa LPDP ini sesuai dengan tujuan aku. Syarat paling utama LPDP adalah kita harus mau tinggal di Indonesia sesudah studi untuk mengabdi ke INdonesia. Kebetulan beberapa rencana jangka panjang aku related banget nih sama LPDP hehe. Nanti bisa kita bahas2 lagi lebih jauh ya.

Nah untuk ITS sendiri, gimana sih cara aku dapat LoA nya?

Untuk univ dalam negeri, cara dapat LoA nya beda sama yang luar negeri. Aku dulu dapetinnya dengan ikut tes masuk nya ITS. Mirip seperti SBMPTN. dan aku harus lengkapi beberapa syarat administrasi juga gitu.

Aku kuliah selama 2 tahun (4 semester). Tapi di tengah perkuliahan aku ambil exchange ke Jepang, dan aku selesaikan tesis aku di Jepang.

Kuliah di Indonesia dan Jepang itu seseruuuu itu. Suka dan duka ya pasti~

Aku waktu ke Jepang pakai beasiswa selain LPDP. Bisa kita bahas lebih lanjut tergantung pertanyaan kalian nih.

✓Apa sih kak bedanya tes untuk LPDP luar negeri dengan LPDP dalam negeri? dan gimana sih tips2 lulus LPDP?

Bedanya tes LPDP luar ngeri dan dalam negeri?

Kalau LPDP LN WAJIB jawab semua essay dan wawancara dengan English. Kalau DN itu ga wajib, tapi kalau bisa lebih bagus.

Sama dapetin LoA nya yang beda cara. Sisanya sama semuaaa.

Gimana tips lulus LPDP? PErsiapan essay yang mateng, persiapkan semua dokumen dengan detil. Banyak2 latihan dan pastinya berdoa juga. Intinya JANGAN PERSIAPKAN DALAM WAKTU SINGKAT. Misal mau daftar yang tahun ini, siapin dari bulan Februari ini maksimal. Cicil semua dokumennya.

✓Bagaimana cara mendapatkan beasiswa LPDP?

Gimana cara dapat beasiswa LPDP?

Tentu saja cek informasinya dan daftar, bisa buat akun disini https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/

Tapi sebelumnya, cek infonya disini https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa-unduhan/

Jadi secara garis besar, LPDP itu dibagi jadi beasiswa umum, afirmasi, dan targeted group. Nah beasiswa umum itu ditujukan untuk beasiswa mengerjakan tesis/disertasi (utk kalian yg lagi ngerjain tesis/disertasi dan butuh bantuan biaya), beasiswa untuk jadi dokter spesialis, beasiwa untuk s2/s3 bagi masyarakat umum, dan juga beasiswa pendanaan kerjasama. Mksdnya apa sih pendanaan kerjasama? Nah mksdnya, misal kalian punya uang 100 jt utk kuliah, tp utk ke luar negeri butuh 300 jt. LPDP bisa nyedia in beasiswa utk patungan bareng kalian.

Trs apa sih beasiswa LPDP afirmasi?

Ini untuk kalian dari daerah2 3T (listnya bisa cek di link itu, intinya ini daerah pinggiran dan pelosok Indonesia), ATAU untuk kalian yang berprestasi nasional, ATAU untuk kalian yang S1 nya dapat bidikmisi, ATAU penyandang disabilitas, ATAU kalian yang dari Indonesia Timur ATAU kalian yang merupakan santri pesantren.

Celengan Pengetahuan 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang