Assalamualaikum teman-teman. Apa kabarnya? Senang sekali diberi kesempatan untuk berbagi disini. Semoga bisa mengambil manfaat ya.
Baiklah, hari yang tentunya sangat teman2 tunggu ya, pasti gak sabar ingin tahu bagaimana sih cara kita mengenali diri sendiri menurut teori NLP? Benar kan? Jujur aja deh, hehe.
Saya pun juga gak sabar ingin berdiskusi sama teman2 yang begitu antusias ketika kita buka seminar ini. Sebelumnya makasih atas partisipasinya.
Sebelumnya saya mau menyampaikan sesuatu.
Imam Syafi'i semoga Allah merahmati beliau mengatakan :
“Ilmu itu bagaikan hewan buruan dan menulis itu pengikatnya. Maka ikatlah hewan buruan Anda dengan tali ikatan yang kuat".
Teman-teman, semua akan percuma jika materi yang akan disampaikan hari ini tinggal di WhatsApp saja karena suatu waktu bisa terhapus dan hilang. Ini juga berlaku ya jika teman-teman ikut kelas2 online lainnya. Percayalah teman-teman akan merasakan perbedaan apabila teman-teman meluangkan waktu untuk menulis kembali. Ilmu itu akan terasa lebih lengket di ingatan.
"Mengenali diri Sendiri".
Ya, kata itu tidak asing lagi bagi kita, mungkin teman2 sering mendengar kata itu.
Apa sih yang pertama kali teman2 pikirkan tentang "Mengenali diri sendiri"?
Pendapa A: mencari tahu bagaimana karakter, jati diri kita.
Pendapat B: Mencari Potensi diri?
Pendapat C: Mengetahui apa keinginan kita dalam hidup.
Pendapat D:
Sesuatu yang harus dilakukan, untuk mengetahui dan memahami agar nantinya jika sedang berinteraksi dengan sekitar tidak merasa takut apalagi canggung.Pendapat E: Aku bisa tau kelemahan diri sendiri dan merubahnya jadi kelebihan. Setidaknya mengurangi kekurangan dr jati diri sendiri.
Oke. Banyak orang yang mereka tidak mengenal dirinya sendiri. Mengenal diri yang saya maksud disini bukan mengenal diri kita dari segi biodata, misalkan nama kita siapa? Kita tinggal dimana? Orang tua kita siapa?
Bukan seperti itu, yang saya maksud disini yaitu bagaimana cara kita memahami diri kita, skill yang kita miliki apa? Dan bagaimana kapasitas diri kita?
Inilah yang saya maksud mengenal diri sendiri, karena di luar sana banyak sekali yang tidak memahami dirinya dan apa kemampuan yang dia miliki, meskipun sebenarnya kemampuan itu sudah ada dalam dirinya.
Sama, saya dulu juga merasakan hal seperti itu. Saya tidak memahami diri saya sendiri. Saya gak mengerti kemampuan saya itu apa? Skill yang saya punya bagaimana? Oleh sebab itu, di sinilah kita belajar bersama-sama.
Dalam teori NLP ada 3 tipe orang:
1. Visual ⏩ menangkap secara optimal menyerap informasi yang dibaca ataupun dilihat.
2. Audiotory ⏩ biasanya adalah orang yang lebih mudah menerima informasi melalui apapun yang dia dengar.
3. Kinestetik ⏩ biasanya adalah orang yang sangat senang dan cepat mengerti bila informasi itu diserap terlebih dahulu atau dicontohkan lebih dahulu atau membayangkan orang lain untuk melakukan hal yang sedang dipelajarinyanya.
Kalau kamu termasuk yang mana nih?
Coba kenali diri kamu sendiri terlebih dahulu dan ketahui cara belajar mana yang paling efektif untuk kamu sehingga kamu bisa menggunakan cara tersebut dengan tepat.
Kenapa sih penting mengenal diri?
Proses mengenal diri adalah hal yang paling basic yang harus kamu lakukan terus menerus dalam hidup.
KAMU SEDANG MEMBACA
Celengan Pengetahuan 2
RandomBerisi catatan materi, tips, info, dsb. -> Lanjutan dari Celengan Pengetahuan Cover © to the rightfull owner, from google