Assalaamu'alaikum Warahmatullahi wabarakaatuh. Ikhwahfillah kawan-kawan semua yang Allah Rahmati dan Allah Muliakan. Izinkan saya menyampaikan sedikit apa yang saya ketahui dan mungkin antum semua juga sudah tahu. Namun Qadarullah ana malam ini diminta untuk jadi PEMANTIK diskusi yang Insya Allah akan kita laksanakan sebentar lagi.
Dan di sini ana ingin sampaikan bahwa ana bukanlah Center Of Excellent. Bisa jadi ada diantara antum lebih berkemampuab menyampaikan materi ini dibandingkan saya. Oleh karena itu, kalau ada hal-hal yg salah bisa tolong bantu diluruskan.
Maksudnya adalah, meskipun dalam kondisi terisolasi, kita tetap bisa memaksimalkan kegiatan kita wabilkhusus hal-hal yang bisa mendekatkan diri kita kepada Allah.
Physical Distancing bukanlah alasan buat kita jadi orang yang terkungkung dan terisolasi secara batiniah. Bolehlah fisik kita terisolasi, namun batin, mental, dan spiritual kita akan selalu menyala-nyala. Oleh karena itu, ada beberapa bahasan yang akan kita diskusikan malam ini.
Lingkup materi yang harus dibawakan ialah :
1. Apa itu physical distancing?
2. Apa urgensi dari physical distancing saat ini?
3. Bagaimana pandangan Islam mengenai physical distancing?
4. Hal mudharat/ketidakbermanfaatan apa saja yang dapat terjadi selama physical distancing?
5. Bagaimana caranya agar kita dapat menggunakan waktu selama physical distancing (di rumah) dengan maksimal beribadah, produktif, penuh kebermanfaatan bagi banyak orang walau secara tidak langsung sehingga walau physical distancing, jannah tetap mendekat (Approaching)?
6. Hikmah yang dapat diambil dari physical distancing?
1. Apa Itu Physical Distancing?
Physical Distancing merupakan istilah yang dirilis oleh WHO (Badan Kesehatan Dunia) untuk menggantikan istilah Social Distancing yang sebelumnya dipakai untuk menghimbau masyarakat agar senantiasa secara sadar menjaga jarak dalam rangka menghentikan penyebaran wabah virus Covid-19
- Physical Distancing dipakai dengan maksud masyarakat memahami betul bahwa yang dimaksud "Jaga Jarak Fisik" di sini ialah benar-benar fisiknya yang berjarak. Bukan membatasi hubungan dengan manusia lainnya secara sosial yang khawatir akan disalahartikan oleh masyarakat.
- "Kami mulai dengan istilah 'jarak sosial' [social distancing] dan saya pikir beberapa orang tidak mengerti apa artinya itu, dan mereka khawatir hal itu dapat menyebabkan isolasi sosial," kata Dr. Jeff Kwong, spesialis penyakit menular dan profesor di Departemen Kedokteran Keluarga dan Komunitas di University of Toronto.
"Jadi kami merasa bahwa mungkin kami harus benar-benar menggunakan istilah 'jarak fisik', karena ini benar-benar tentang terpisah secara fisik, dan secara sosial kita perlu tetap bersatu - tetapi hanya dengan cara virtual," ujarnya.- Physical Distancing berfungsi:
> Memutus penyebaran virus agar tidak lebih meluas.> Mengkarantina manusia selama jangka waktu tertentu untuk melihat perkembangan virus apakah menjangkiti tubuh atau tidak dan melihat efeknya pada tubuh.
> Membantu memetakan potensi penyebaran virus dan menganalisis pola penyebaran agar dapat dilakukan tindakan lanjutan.
2. Apa Urgensi Physical Distancing?
Covid19 merupakan suatu wabah atau penyakit menular yang bisa menjangkiti manusia lainnya.
- Penularannya paling banyak lewat droplet (tetesan batuk) dan bisa masuk lewat lubang-lubang yang ada di tubuh manusia (Mulut, Hidung, dan Mata)
KAMU SEDANG MEMBACA
Celengan Pengetahuan 2
De TodoBerisi catatan materi, tips, info, dsb. -> Lanjutan dari Celengan Pengetahuan Cover © to the rightfull owner, from google