Assalamualaikum semuanya...
Sebelumnya, saya mau terima kasih dulu nih buat waktunya. Terima kasih juga buat moderator yang udah ngundang saya jadi narasumber di sini. Hehe. Tp ternyata beberapa membernya ga asing. Atuh pake saya, kelewat formal ga sih.Untuk tema problem solving kali ini, saya... hm, aku mau membahas tentang kehidupan bersosial yang gak bisa lepas dari kehidupan pribadi kita sendiri.
Yaitu, Cara Asik Menghadapi Mulut Netijen yang Julyd
Nah, Apa sih Julid itu?
Kita pasti udah sering denger kan kata Julid? Apa lagi di sosial media. Ya Julid, ya nyinyir, ya semacamnya lah. Yang intinya mengarah pada komentar pedas netijen berflower.
Hmm, siapa nih yang gak pernah dapat komentar negatif dari orang-orang? Sadar atau ga, baik langsung maupun ga, baik tersirat ataupun tersurat, mau omongan dari belakang ataupun terang-terangan. Pasti kita pernah merasakan yang namanya dijulidin orang-orang. Kebanyakan sih dari orang terdekat. Bener apa betul?
Nah, sebetulnya mau kita orangnya 'mikiran' ataupun 'cuek' dan 'bodo amatan', omongan negatif dari orang-orang tentang kita secara ga sadar pasti masuk dalam otak maupun hati. Yang kalo bahas gaulnya sih jadi 'Baperan' alias Bawa Perasaan.
Ya ga?
Buat kamu-kamu yang emang dasarnya bodo amatan dan ga mikirin apa kata orang, ya enak. Tinggal anggep lalu. Tapi, buat mereka-mereka yang mikiran, itu yang menjadi problemnya. Jadi insecure malah. Kan repot.
Nah, buat kamu-kamu yang sering banget dinyinyirin orang-orang. Baik dari yang sekedar kenal ataupun orang dekat, saya punya cara asik buat naggepin komentar negatif dari netijen julid seperti mereka.
1. Bungkam mereka dengan prestasi maupun karya
Cara paling keren untuk menutup mulut netijen yang nyinyir adalah dengan pembuktian kesuksesan dari kamu. Apa pun itu, mau dalam bentuk prestasi ataupun karya, terserah. Apa lagi jika kamu memiliki hobi yang menghasilkan. Lebih mantul. Yang penting tunjukin tuh ke mereka kalau elu elu semua bisa sukses dari pada mereka yang bisanya cuma nyinyir.
2. Cuekin! Bodo Amatin!
Walaupun rasanya dalam hati bawaanya ingin membalas kejulitan mereka, usahin tetap stay cool dan cuekin aja. Anggep omongan dan cuitan mereka kaya 'anjing menggonggong, khafilah berlalu'.
Biasanya nih, kalau kamu nanggepin nyinyirannya mereka, mereka malah makin seneng buat ngolok-ngolokin kita. Berasa pancingan yang mereka buat, sukses buat ngomporin amarah yang terpendam di dada kita. Ujung-ujungnya kita jadi api yang meledak. Siapa yang jelek? kita sendiri. Jadi keliatan deh tempramennya.
3. Buang semua yang toxic
Kalau 2 list di atas udah kita lakuin, tapi masih juga dinyinyirin, dijulidin sama orang-orang, ya udah terpaksa deh. Mau ga mau, buang semua yang toxic.
Apa lagi jika netijen yang hobinya julyd itu seneng banget ngomentari semua yang kamu posting di sosial media. Bawaanya nyinyiiiiir terus. Bawaanya apa yang kamu update, selalu salah di mata dia. Update traveling, dinyinyirin, update kondangan dijulidin. Kaya yang sering terjadi nih. Basa basi busuk dari netijen. Ya nanya "lu kapan wisuda?", "Mau kapan lu nikah?", "Kapan punya anak?" dan sederet pertanyaan kapan lainnya yang bikin kamu panas hati dan cape buat nanggepinnya.
Udah kalo begini sih tinggal filterin sosial media lu dari mereka-mereka yang berpotensi toxic. Unfriend atau kalau perlu blokir. Kalau gak tega, hidden aja. Privasiin ke close friend yang bener-bener mengerti tentang kamu dan ga peduli sama apa yang kamu posting di sosmed.
Kalau mereka protes, ya siapa mereka? sosmed-sosmed lu. Lu yang punya hak. Niat awal kita bersosmed kan paling cuma buat sekedar hiburan kan? melepas penat dari kehidupan nyata. Kalau di sosmed makin memperparah keadaan, namanya bukan hiburan lagi tapi racun.
4. Keep Positif Thinking dan Jangan diambil hati
Ya walaupun hobi banget dinyinyirin orang, tapi yang paling utama dalam kehidupan bersosial tentunya tetap bersikap baik ke orang. Tapi, tetep difilter juga. Mana nih yang emang kudu dibaikin, mana yang kudu dibodo amatin. Jangan sampe juga kamu terlalu baik sama semua orang. Jatuhnya ntar malah dimanfaatin.
Jangan diambil hati juga sama omongan netijen yang pedesnya kaya cabe setan. Mau gak mau, tetep kudu dibodo amatin dan stay kind aja ke mereka. Tapi Kalau kita sikapnya udah baik masih juga dinyinyirin, ya udah... Tinggal tanamkan aja lagi dalam hati 'mereka cuma iri karena hidup lu jauh lebih baik dari mereka'. Positif thinking aja sama orang-orang yang hobinya dengki kaya gitu. Biar hati lu ga gampang panas dan berapi-api.
Gitu deh. Mungkin itu aja sih tips nanggepin netijen julyd dari saya. Semoga bermanfaat dan mencerahkan cara berpikir buat kamu-kamu yang suka dinyinyirin orang.
Thank you.
Sumber: Rizki Amalia Oktisah
KAMU SEDANG MEMBACA
Celengan Pengetahuan 2
DiversosBerisi catatan materi, tips, info, dsb. -> Lanjutan dari Celengan Pengetahuan Cover © to the rightfull owner, from google