Assalamualaikum. Selamat malam buat semuanya. Ini dengan Ge. Saya bukan siapa-siapa. Cuma tukang cerita. Nggak terkenal. Jadi salam kenal.
Jadi di sini isinya penulis-penulis nih?
Hm, minder saya jadinya. Pasti kalian lebih hebat dari saya.
Tapi karena ini sesi berbagi ilmu, so, saya bakal share apa aja yang bisa saya kasih ke kalian.
Kebetulan sekretaris saya ngingetin kalau hari ini ada kulwap sama salah satu komunitas nulis dengan tema Cara Menyelesaikan Naskah. Makanya siang tadi saya bikin materinya seadanya aja.
Kalian tahu nggak....
Cerita yang bagus adalah cerita yang selesai. Sekeren apa pun ide kalian, kalau ceritanya mandek di tengah jalan ya jatuhnya jadi nggak keren.
Sebelum memulai materi, saya mau ngingetin ke kalian ....
Jangan nimbun cerita yang nggak kelar di Wattpad. Lebih baik kelarkan satu per satau. Atau. Kalian bisa stok bab/selesaikan cerita itu di komputer, lalu kemudian diunggah bab per bab.
Cara Menyelesaikan Naskah:
1.Komitmen
Kalau penulis yang udah terikat sama penerbit atau seenggaknya naskahnya udah ditungguin editor, biasanya ini bisa jadi komitmen yang kuat untuk namatin naskah. Tapi kalau masih belajar nulis dan baru memulai sebuah karya, itu gimana?Ya, solusinya kita harus berkomitmen pada diri sendiri. Harus ada kesungguhan menyelesaikan naskahnya. Atau coba jadikan pembaca karya kita sebagai alasan untuk terus lanjut. Nggak usah khawatir pembacanya sedikit, yang penting kita niatkan untuk berkarya. Oke?
Komitmen lain juga bisa datang dari diri sendiri. Asal temen-temen tahu, menyelesaikan satu naskah itu rasanya bahagia. Lega. Apa lagi kalau naskah itu selesai sesuai dengan rencana kita pada awalnya.
2.Disiplin
Buatlah jadwal menulis yang rutin. Nggak harus setiap hari. Dua hari sekali pun bisa. Asalkan disiplin dan terus menerus. Coba temukan waktu menulis yang nyaman buat kamu. Misal, saya paling nyaman kalau nulis di atas pukul sebelas malam sampai selesai satu bab. Pantang mandek sebelum kelar satu bab. Nggak apa kalau mau istirahat.3.Persiapkan Cerita Dengan Matang!
Kalau kamu punya ide cerita, jangan langsung digarap! Kumpulin dulu semuanya. Buat coret-coretan. Kira-kira ceritamu harus ada apa aja. Mau bahas apa. Konfliknya bagaimana. Tokoh utamanya siapa aja. Openingnya gimana. Endingnya bagaimana.Kalau ide masih mentah terus kamu buru-buru tulis dan gatel banget langsung diunggah di Wattpad, ya lihat aja, pasti mandek di tengah jalan. Setelah semuanya siap, barulah kalian bikin sinopsis penuh dari awal sampai akhir.
4. Jauhkan Dari Distraksi/Gangguan
Kalau lagi nulis, sebisa mungkin cari situasi yang nyaman dan jauh dari gangguan. Terutama HP. Khusyuk nulis aja dan nggak usah sambil tengak-tengok balas chat. Apalagi sambil bukan Instagram. Ya nggak bakal kelar.5. Fokus Sama Project Karya Kamu
Kadang kalian pasti terganggu sama notifikasi di Wattpad. Atau lihat cerita lain yang udah banyak pembacanya, tapi punya kamu segitu-segitu aja.6. Orisinal
Buatlah karya yang nggak nyamain sama karya orang lain.Nanti mentang2 tren bad boy lagi naik, kalian ikut-ikutan bikin yang gituan biar naik juga. Itu cemen. Nggak cool. Dan kalian bakal cenderung meniru. Terus kalau hasilnya nggak sama, bakal drop kaliannya.
Lebih baik bikin karya yang orisinal. Unik. Buat tren sendiri. Biar orang lain yang ngikutin kamu.
Kalian yang semangat nulisnya. Nggak usah buru-buru pengin viral. Nggak penting. Pengarang sejati nggak perlu viral untuk berkarya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Celengan Pengetahuan 2
DiversosBerisi catatan materi, tips, info, dsb. -> Lanjutan dari Celengan Pengetahuan Cover © to the rightfull owner, from google