Beasiswa Bank Indonesia

15 0 0
                                    

Perkenalkan, nama saya Fityatul Husnah jurusan Akuntansi FEB angkatan 2016 dari Universitas Riau. Teman2 bisa memanggil saya dengan panggilan Fina.

Saya penerima beasiswa Indonesia tahun 2019. Di sini ingin sharing pengalaman saya saat mendaftar di beasiswa Bank Indonesia.

Ngomong-ngomong tentang beasiswa, yang namanya mahasiswa pasti ingin apply beasiswa selama perkuliahan. Beasiswa Bank Indonesia juga merupakan salah satu beasiswa yang banyak diminati. mungkin teman2 sudah ada yang tau mengenai informasi beasiswa ini sebelumnya.

Nah, beasiswa Bank Indonesia ini sendiri buka pendaftaran untuk setiap kantor perwakilan BI setiap daerah berbeda-beda. Teman2 bisa menunggu informasi langsung dari universitasnya masing2.

Untuk apply beasiswa BI ini, tidak semua universitas bisa mendaftar. Ada beberapa universitas yang bekerjasama dengan BI. Untuk di Riau, ada 3 universitas yakni UNRI, UIN Suska Riau, dan UNILAK.

Program beasiswa BI ini tidak seluruh jurusan/prodi yang bisa daftar. Teman2 bisa cek langsung jurusan apa saja yang terdaftar di program BI ini di website BI ataupun di persyaratan bs BI yang masuk ke kampus.

Nah untuk seleksi tahun lalu itu ada beberapa tahapan, yaitu:

1. Seleksi administrasi
2. Seleksi tertulis (kebanksentralan)
3. Membuat artikel
4. Seleksi groupping (kegiatan sosial)
5. Seleksi wawancara

Untuk seleksi administrasi, untuk anak UNRI harus mendaftar secara online di portal masing2. Setelah itu lengkapi semua persyaratan yang sudah ditentukan.

Kalau tahun lalu itu, semua berkas persyaratannya dikumpulkan ke biro fakultas masing-masing. Setelah itu pihak kampus yang akan langsung melanjutkan ke kantor perwakilan BI setiap daerahnya.

Di persyaratan admnya ada membuat motivation letter/personal resume. Nah, di sini teman2 harus membuat semenarik mungkin agar pihak BI dapat tertarik dengan personal resume kita.

Untuk seleksi tertulis (kebanksentralan), teman2 akan dites mengenai seberapa jauh teman2 mengetahui info tentang Bank Indonesia ataupun kebanksentralan.

Untuk seleksi artikel itu baru diadakan tahun kemarin. Tapi kalau untuk tahun ini belum dapat informasi, tahapnya masih sama atau ada perubahan. Teman2 persiapkan saja dari sekarang artikel2 menarik yang sekiranya dapat dipublish. Karena itu akan menjadi point tambahan nantinya.

Bagi teman2 yang lolos menjadi awardee bs BI ini secara langsung akan menjadi bagian dari komunitas GenBI (Generasi Baru Indonesia). Komunitas ini berfokus kepada kegiatan sosial yang langsung menyentuh masyarakat. Maka, dari seleksi groupping (kegiatan sosial)  ini nanti akan dilihat siapa saja yang benar2 serius dan mampu dalam melaksanakan kegiatan sosial dengan masyarakat.

Dan tahap terakhir itu wawancara. Teman2 akan diwawancata langsung oleh pihak BI. Wawancaranya seperti wawancara pada umumnya. Di sini akan dinilai komitmen teman2 sebagai awardee bs BI ini.

Jika teman2 sudah diterima sebagai awardee bs BI. Teman2 akan dilihat juga keseriusannya selama kegiatan. Jika teman2 tidak aktif, maka beasiswa teman2 yang selanjutnya akan dicabut dan digantikan dengan pendaftar yang lainnya.

Beasiswa ini diperuntukkan bagi teman2 yang belum apply beasiswa manapun. Bagi yang sudah aplly bs bidikmisi, bakti negri, dsb maka tidak akan bisa daftar lagi.

Biasanya pihak BI bakalan mengadakan sosialisasi. Teman2 tunggu saja informasi selanjutnya dari kantor perwakilan BI masing2 daerah. Ikuti perkembangan di website, ig, yt, dan semua media sosial BI dan GenBI setiap daerah maupun yg pusat.

Intinya, niatkan semuanya untuk hal2 yang baik. Setelah menjadi penerima bs BI teman2 harus ikut serta aktif dalam seluruh kegiatan dari GenBI. Insyaa Allah seluruh kegaiatnnya bermanfaat dan menambah pengalaman serta pengetahuan kita.

Celengan Pengetahuan 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang